Tips Merawat Radiator Agar Tidak Over Heating"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tips Merawat Radiator Agar Tidak Over Heating

Auto Family pastinya tahu yah radiator merupakan salah satu hal penting bagi kendaraan agar suhu mesin selalu dalam kondisi optimal. Suhu Optimal bagi mesin adalah kisaran antara 80-90Celcius. Jika suhu mesin terlalu rendah maka dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros karena sensor pada mesin menganggap suhu belum mencapai optimal/suhu kerja yang akhirnya menyuplai bahan bakar lebih banyak. Sebaliknya jika suhu mesin terlalu tinggi akan mengakibatkan mesin menggelitik bahkan dapat menyebabkan Over Heating yang nantinya mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar. Berikut beberapa Tips yang dapat Auto Family lakukan sendiri di rumah untuk merawat Radiator.

BACA JUGA : Radiator Anda Rusak Jika Muncul 5 Tanda Ini

Pakai Air Pendingin dengan Spesifikasi Standar kendaraan

Selalu gunakan Air pendingin sesuai dengan standard kendaraan agar kondisi radiator dan system pendingin berjalan dengan baik. Dalam hal ini untuk kendaraan-kendaraan Toyota sekarang biasanya menggunakan SLLC (Super Long Life Collant) dengan komposisi air murni yang di campur dengan pembersih dengan perbandingan yang sesuai untuk Kendaraan Auto Family.

Periksa Volume Air Pendingin secara rutin

Minimal 1 Bulan Sekali Auto Family diwajibkan untuk memeriksa volume Air Pendingin. Memeriksa Volume air pendingin cukuplah mudah dengan hanya melihat air pendingin yang ada pada reservoir tank. Reservoir tank biasanya terletak di kiri atau kanan dekat radiator itu sendiri. Pastikan air pendingin selalu dalam posisi full sesuai dengan batas maksimum, jika kondisi air pendingin dalam posisi low segera tambahkan air pendingin. Periksa volume air pendingin dalam kondisi mesin mati dan dingin.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengganti Air Radiator Mobil

Periksa kerja Motor fan pendingin

Selanjutnya yang Auto Family lakukan adalah dengan memeriksa kerja dari Motor fan pendingin. Periksa kerja motor dengan cara menghidupkan mesin dan menyalakan ac, lihat apakah kerja motor fan pendingin berputar dengan cepat atau agak tersendat sendat.

Periksa Sistem pendinginan dari kebocoran Air Pendingin

Pemeriksaan terakhir yang dapat Auto Family lakukan adalah dengan meriksa secara visual system pendingin apakah terdapat kebocoran Air pendingin atau tidak. Lakukan pemeriksaan dengan memanaskan mesin dan lihat pada rangkaian system pendingin apakah terdapat kebocoran dan melihat kolong kendaraan apakah terdapat tetesan air pendingin (pastikan tetesan air pendingin bukan air pembuangan kelembaban ac).

BACA JUGA : Cara Mendeteksi Radiator Bocor Halus

Jika Auto Family menemukan masalah terkait pemeriksaan diatas maka segera konsultasikan kepada Auto2000 Pandeglang untuk segera menanganinya agar tidak timbul masalah yang lebih berat dikemudian hari.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000​​​​​​​

Share this article
Tanya Tasia