LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tips Merawat Ban Mobil


Selamat sampai ditujuan adalah tujuan utama setiap orang dalam berkendara di lalu lintas. Bagaimana jadinya jika anda sedang mengemudikan kendaraan anda, tiba-tiba ban mobil yang anda kendarai bocor, pecah atau tergelincir gara – gara ban yang gundul bahkan yang lebih parahnya lagi terjadi lepas ban.

Yang memerlukan perawatan tidak hanya dikhususkan pada perawatan mesin mobil saja tapi ban mobil pun harus diperhatikan karena ban adalah satu-satunya bagian mobil yang menyentuh jalan dan ban pula yang menopang bobot mobil serta menahan guncangan saat melintas di jalur kurang rata atau rusak.

Selain itu ban juga berperan dalam pengereman dan pengendali arah mobil yang diatur dari stir mobil. Jika sudah tau fungsi dari karet bunder berwarna hitam ini, masihkah anda mau meremehkan keadaan ban mobil anda?

Sudah dipastikan ban mobil memiliki peranan penting dan karena peranan pentingnya itu maka di perlukan perawatan khusus dalam merawatnya. Perawatan ban yang harus anda lakukan tidak hanya dengan pergi ke bengkel atau sentra penjualan ban untuk melakukan proses pemasangan ban ke velg, balancing atau spooring saja.

Tapi anda juga harus ikut ambil bagian dalam perawatan ban mobil anda dan anda harus mengetahui cara untuk menjaga performa ban tetap mumpuni serta usia pemakaiannya panjang, dibawah ini adalah tips merawat ban mobil yang mungkin dapat membantu anda. Belum tau cara merawat ban mobil anda? Yuk kita simak bersama – sama tips merawat ban mobil di bawah ini :

1. Selalu Memeriksa Tekanan Angin

Tips yang satu ini sangat penting sekali apalagi jika anda akan bepergian jauh menggunakan mobil anda. Tekanan angin pada ban harus stabil supaya tetap aman jika tidak ban mobil anda akan cepat rusak.

Jika tekanan angin pada ban mobil anda kurang maka akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat karena tarikan mobil akan meningkat. Beda halnya jika tekanan pada ban mobil anda terlalu keras, hal ini juga akan mengakibatkan masalah bagi ban mobil anda.
Masalah yang ditimbulkan karena kelebihan tekanan angin pada ban mobil anda yaitu ban akan mengeras sehingga mengakibatkan permukaan ban akan menjadi halus sehingga sangat membahayakan pengendara dan ban harus cepat diganti.

Pemeriksaan tekanan angin harus dilakukan secara rutin, selain demi keselamatan, juga demi memperpanjang usia ban. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

2. Menggunakan Ban Sesuai Standar

Jenis mobil itu bermacam-macam, dan ban yang digunakan juga bermacam-macam. Ban mobil jenis city car akan berbeda dengan ban untuk jenis MPV karena bobot dan ukuran mobilnya juga berbeda maka bagian bannya juga berbeda. Menggunakan ban yang sesuai standar adalah cara yang bisa anda lakukan untuk merawat ban mobil anda.

3. Merotasi Ban Mobil

Tips merawat ban mobil dengan cara merotasi ban mobil adalah cara yang perlu dilakukan supaya ban mobil anda awet. Caranya yaitu dengan menukar posisi ban mobil secara berkala.

Ban depan akan sering terjadi gesekan rem ekstra saat mobil berbelok, sehingga ban depan akan cepat gundul. Sebelum permukaan ban rata alangkah lebih baik jika ban depan sering ditukar dengan ban belakang karena ban belakang hanya mengalami gesekan ringan hanya mengikuti laju mobil saja.

Tukarlah posisi ban belakang dengan ban depan anda setiap 5000 km sekali, supa ban mobil anda panjang umur dan tidak terlalu sering membeli ban. Baca juga mengenai komponen mesin mobil.

4. Menghindari Lubang Saat Berkendara

Jalanan tidak selamanya mulus, kadang-kadang jalan yang rusak akan ada lubang di beberapa bagian jalan. Disaat melintasi jalanan yang rusak dan berlubang, anda dianjurkan untuk mengurangi kecepatan kendaraan karena bila jalanan yang rusak dihantam saja akan mengakibatkan ban mobil anda cepat rusak.

Jalanan yang rusak dan berlubang tidak hanya merusak ban mobil anda tapi jika anda sembarangan dalam mengendarai mobil anda akan menjadi korbannya juga. Tidak etiskan jika ban anda rusak dan anda babak belur karena kepentok sana sini. Berkendaralah baik dan benar, selain ban mobil anda awet, anda juga akan selamat dari kecelakaan. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil injeksi.

5. Membawa Barang Secukupnya

Tips merawat ban mobil selanjutnya ialah membawa barang sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan. Beban yang berlebihan dapat mengakibatkan ban mobil cepat rusak. Kerusakan ban yang diakibatkan karena mengangkut beban yang berlebihan saat berkendara adalah benang nylon pada lapisan carcas ban bisa putus dan ban bisa pecah, kalo sudah terjadi yang namanya pecah ban biasanya mobil akan kehilangan kendali dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Perhatikan kode pada bagian ban, kode tersebut merupakan keterangan seberapa berat beban yang dapat ban anda tahan. Jangan memaksakan ban mobil anda untuk menahan beban yang berlebih, karena akibatnya tidak hanya pada ban mobil anda tapi pada keselamatan anda juga.

6. Memastikan Bahwa Ban Sudah Tertutup Oleh Tutup Pentil

Sederhana tapi banyak orang yang meremehkan tutup pentil pada ban. Pastikan saat akan berkendara tutup pentil terpasang pada ban karena jika ban mobil anda kehilangan tekanan angin bis-bisa ban mobil anda pun akan cepat rusak. Jangan korbankan mobil anda gara-gara tutup pentil yang lupa dipasang. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil tua.

7. Pemeriksaan Rutin Ke Bengkel

Peralatan yang lengkap dan ruang kerja yang lengkap di bengkel akan memudahkan pengecekan ban mobil anda. Pemeriksaan yang ditangani oleh orang yang berpengalam dan tau cara merawat ban akan membantu anda dalam menyelesaikan masalah. Kunjungi bengkel sesuai jangka waktu yang ditentukan minimal satu bulan sekali, maka ban mobil anda pun akan sesalu dalam keadaan prima.

Bagi anda pelanggan Toyota yang berada di wilayah Purwakarta dan sekitarnya, percayakan service rutin kendaaran Toyota anda di Auto2000 Purwakarta (0264)-212000 kami selalu siap melayani anda.

Hemanita Yanuari 

​​​​​​​Auto2000 Purwakarta

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF