LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tips agar Mobil Matik Tak Mogok Saat Banjir

VIVAnews – Musim hujan tiba. Jalanan kerap penuh dengan genangan air sehingga menghambat mobil Anda melintas mulus. Mobil sedan yang memiliki bentuk rendah, sering menjadi korban karena mesinnya mudah terendam.

“Jika musim hujan, pengendara harus lebih berhati-hati karena mungkin saja kita terjebak banjir di jalanan. Lebih parah lagi jika mobil yang kita kendarai mogok di tengah genangan air,” kata Kepala bengkel Toyota, Parman Suanda, kepada VIVAnews, Selasa 20 November 2012.

Untuk itu Parman memberikan beberapa tips bagi pemilik mobil bertransmisi otomatis agar kendaraan yang mereka kemudian tidak mati saat melintasi wilayah rawan banjir. Berikut tips-tipsnya:

1. Melihat ketinggian air di area banjir yang akan dilintasi kendaraan.

2. Sebaiknya cari tahu ke mana Anda akan berpergian. Jika akan melewati area rawan banjir, sebaiknya mencari alternatif jalan lain.

3. Jika terpaksa harus melintasi area rawan banjir, maka posisikan tuas transmisi pada “posisi L.”

4. Jika mesin kendaraan tiba-tiba mati, jangan sekali-kali mencoba untuk menghidupkan mesin.

5. Setelah Anda sudah berada di tempat yang aman, maka buka kap mesin dan keringkan bagian-bagian mesin serta kelistrikan.

6. Setelah itu, coba starter kembali mobil Anda dua sampai tiga kali. Tapi jika mesin mobil tetap tak mau hidup juga, maka cabutlah kabel busi dan perhatikan area di sekitar busi. Dikhawatirkan kabel busi atau businya terkena air. Jika memang ada air di situ, maka bukalah tutup distributor, lalu keringkan dan pasang kembali seperti semula.

7. Coba Anda hidupkan kembali mesin mobil. Jika sudah menyala dan bisa jalan kembali, maka coba lakukan pengereman beberapa kali sampai beberapa komponen pada mobil berfungsi kembali.

8. Terakhir, setelah kendaraan Anda sudah bisa hidup, sebaiknya bawa ke bengkel resmi untuk diperiksa seluruh bagian yang terkena banjir, termasuk penggantian oli transmisi matik (sebaiknya dikuras pakai mesin).

 

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF