tip cek mobil bekas .webp

9 Tip Cek Mobil Bekas sebelum Membelinya

Diterbitkan21 Mei 2024

Mimpi memiliki mobil pribadi bisa diraih dengan cara yang lebih terjangkau, yaitu dengan membeli mobil bekas. Harganya yang lebih bersahabat dibandingkan mobil baru membuat mobil bekas banyak diminati. Namun, ada beberapa hal mendasar yang perlu AutoFamily perhatikan saat memutuskan membeli mobil bekas.


Jangan sampai Anda terlena dengan harga murah yang ditawarkan, kemudian malah mendapatkan mobil dengan kondisi yang tidak sesuai harapan atau terjebak penipuan. Supaya Anda bisa membawa pulang mobil bekas impian dengan tenang, simak sembilan tip cek mobil bekas sebelum membelinya pada artikel di bawah ini.


Tip Cek Mobil Bekas

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, ada beberapa tip yang dapat membantu untuk membuat keputusan yang tepat. Berikut sembilan tip penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.


1. Tentukan Bujet dan Kebutuhan yang Tepat

Langkah pertama yang krusial adalah menentukan bujet dan kebutuhan Anda. Berapa banyak yang Anda mampu keluarkan untuk membeli mobil? Apakah Anda membutuhkan mobil untuk penggunaan pribadi, keluarga, atau usaha?


Menentukan bujet dan kebutuhan akan membantu Anda dalam mempersempit pilihan mobil yang sesuai. Jangan sampai Anda memaksakan diri membeli mobil yang melebihi bujet, atau memilih mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan.


2. Lakukan Riset Pasar yang Mendalam

Sebelum terjun langsung mencari mobil bekas, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Cari tahu harga pasaran mobil yang diinginkan melalui internet, situs jual beli mobil online, atau bertanya kepada orang yang berpengalaman.


Riset pasar yang mendalam akan membantu dalam menentukan harga yang wajar saat negosiasi dengan penjual. Hindari terburu-buru membeli mobil tanpa mengetahui harga pasarannya, agar Anda tidak tertipu dengan harga yang terlalu mahal.


Baja Juga: YUK, CARI TAHU 6 REKOMENDASI MOBIL BEKAS TERBAIK DARI AUTO2000


3. Periksa Dokumen Kendaraan dengan Saksama

Pastikan semua dokumen kendaraan lengkap dan sah, seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian. Periksa keaslian dokumen dengan teliti, dan bandingkan nomor mesin dan nomor rangka yang tertera di dokumen dengan yang ada di mobil.


Jika Anda menemukan ketidaksesuaian atau kecurigaan dalam dokumen kendaraan, segera bicarakan hal ini dengan penjual. Jangan terburu-buru untuk melakukan pembayaran atau menandatangani kesepakatan sebelum yakin bahwa semua dokumen kendaraan lengkap dan sah. Hal ini penting untuk melindungi Anda dari risiko penipuan atau masalah hukum di kemudian hari.


4. Perhatikan Kondisi Eksterior Secara Menyeluruh

Periksa kondisi eksterior mobil secara menyeluruh, mulai dari cat, bodi, lampu, ban, hingga kaca. Pastikan tidak ada bekas tabrakan, karat, atau kerusakan lainnya. Perhatikan juga kelengkapan aksesoris mobil, seperti spion, wiper, dan handle pintu. Jika menemukan cacat atau kerusakan pada bagian eksterior, jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual tentang penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya.


Baca Juga: DAPAT PENAWARAN MOBIL BEKAS MURAH? WASPADAI 5 HAL INI


5. Cek Kondisi Interior dengan Teliti

Masuki bagian dalam mobil dan periksa kondisi interiornya dengan teliti. Perhatikan jok, dashboard, karpet, dan panel pintu. Pastikan tidak ada sobek, kotoran, atau kerusakan lainnya. Periksa juga fungsi semua fitur interior, seperti AC, power window, dan audio system. Duduklah di kursi pengemudi dan rasakan kenyamanannya. Pastikan kursi tidak terasa kempis dan semua tombol dan tuas berfungsi dengan baik.


6. Dengarkan Suara Mesin dan Perhatikan Performanya

Tip selanjutnya adalah menyalakan mesin mobil dan mendengarkan suaranya. Pastikan mesin tidak mengeluarkan suara aneh, getaran berlebih, atau asap knalpot yang berlebihan. Periksa juga kebocoran oli, air radiator, dan oli power steering. Jika Anda merasa kurang yakin dengan kondisi mesin, jangan ragu untuk meminta izin kepada penjual untuk membawa mobil ke bengkel tepercaya untuk diperiksa oleh mekanik ahli.


TEMUKAN PENAWARAN SERTA PROMO MENARIK DALAM SERVIS DAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA DI AUTO2000 DIGIROOM!

7. Lakukan Test Drive untuk Merasakan Performa Mobil

Test drive menjadi langkah penting untuk mengetahui performa mobil secara langsung. Rasakan bagaimana handling, pengereman, dan akselerasi mobil. Pastikan mobil terasa nyaman dan stabil saat dikendarai.


Perhatikan juga apakah ada suara aneh saat mobil berbelok atau mengerem. Jika Anda menemukan sesuatu yang janggal, jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual atau meminta test drive di jalan yang berbeda.


8. Telusuri Riwayat Servis Mobil

Mintalah kepada penjual untuk menunjukkan riwayat servis mobil. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui kondisi mobil secara keseluruhan dan kapan terakhir kali mobil diservis. Jika memungkinkan, bandingkan riwayat servis dengan buku servis resmi mobil. Pastikan semua servis yang direkomendasikan pabrikan telah dilakukan.


9. Jangan Ragu Membawa Mekanik Ahli

Jika Anda tidak yakin dengan kondisi mobil, bawalah mekanik ahli untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mekanik dapat membantu Mekanik ahli memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai komponen mobil dan dapat mendeteksi masalah atau kerusakan yang mungkin tidak terlihat oleh orang awam.


Dengan pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh, mekanik ahli dapat memberikan Anda informasi yang objektif tentang kondisi mobil tersebut, membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan menghindari potensi masalah pada masa mendatang.


Itulah sembilan tip cek mobil bekas sebelum membelinya. Secara keseluruhan, membeli mobil bekas memang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Namun, dengan mengikuti tip jitu di atas, Anda dapat meminimalisir risiko mendapatkan mobil yang tidak sesuai harapan dan terhindar dari penipuan.

Ingatlah, membeli mobil bekas adalah investasi. Jangan terburu-buru dan lakukan riset yang mendalam sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Ingin memiliki mobil bekas yang terjamin kualitasnya? Kunjungi Auto2000 Digiroom! Di sana, Anda dapat menemukan berbagai rekomendasi pilihan mobil bekas yang telah melalui proses inspeksi yang ketat. Setiap mobil di Auto2000 Digiroom dipastikan memiliki kondisi mesin yang prima, bodi yang mulus, dan dokumen yang lengkap.


Tunggu apalagi, temukan mobil impian Anda hanya di Auto2000 Digiroom!

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.