Ternyata High Mount Stop Lamp Bukan Sekadar Aksesoris"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ternyata High Mount Stop Lamp Bukan Sekadar Aksesoris


Auto2000.co.id – Kebanyakan mobil baru saat ini sudah dilengkap dengan rear combination lamp yang langsung ditambah dengan high mount stop lamp.
​​​​​​​
Contohnya seperti jajaran produk di keluarga Toyota, mulai dari Fortuner, Rush, Kijang Innova, sampai Avanza dan Agya sebagai entry level sekalipun.

Sesuai namanya, lampu ini terletak di atas pintu bagasi bagian belakang mobil, biasanya dibuat menyatu, satu paket dengan spoiler.

Kehadiran high mount stop lamp memang membuat tampilan mobil menjadi lebih stylish, tak heran bila banyak yang menganggapnya sebagai sebuah aksesori pemanis.

BACA JUGA : Amazing! Ini 4 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

Tapi jangan salah persepsi, high mount stop lamp ini bukan hanya sekadar pajangan atau aksesori, melainkan memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap remeh, yakni untuk keselamatan saat berkendara.

Kehadiran fitur ini adalah sebagai alat komunikasi bagi pengendara lain untuk membantu respons pengereman mereka sehingga mencegah terjadinya tabrakan dari belakang.

“Anggapan aksesori untuk high mount stop lamp itu salah, justru di beberapa negara lain fitur ini diwajibkan karena terbukti sangat membantu menekan angka kecelakaan atau tabrak belakang,” ucap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

“Jadi lebih dari sekadar aksesori tapi sudah menjadi fitur wajib, begitu juga di produk Toyota,” tegasnya.
​​​​
BACA JUGA : Ini Fitur Auto2000 Mobile Yang Dipakai Motivator Terkenal Merry Riana

High mount stop lamp dikenal juga sebagai thrid brake lamp. Posisinya di belakang atas mobil bukan tanpa maksud, melainkan untuk memudahkan pengendara lain melihat dari jauh, apalagi untuk mobil yang posisi sopirnya lebih tinggi.

Dengan demikian, saat pengendara di depan melakukan pengereman, mobil yang ada di belakangnya sudah mendapat informasi atau melihat lebih dulu.

Dengan demikian otomatis pengendara akan memiliki waktu respons pengereman yang lebih baik sehingga bisa menekan terjadinya kecelakaan atau tabrak dari belakang.

BACA JUGA : Ini Sebab Anda Nyaman Berlibur Bersama Auto2000

Suparna menjelaskan dari segi fungsi harusnya high mount stop lamp sudah menjadi perangkat wajib pada tiap mobil, apalagi erat kaitannya dengan masalah keselamatan saat berkendara.

“Hal-hal seperti ini memang masih perlu diedukasi bagi konsumen pengguna mobil di Indonesia, mereka harus tau mana yang sekadar aksesori, mana yang memiliki manfaat,’ urai Suparnya.

“Dengan penggunaan fitur ini pada setiap mobil, pengendara akan lebih responsif untuk mengalihkan kendaraan saat terjadi pengereman mendadak karena sudah terinformasi dari high mount stop lamp tadi,” ujarnya.

Share this article
Tanya Tasia