tempat-wisata-di-binjai.png

Rekomendasi 11 Tempat Wisata Di Binjai

Diterbitkan21 Jul 2023

Meski tak banyak diketahui orang, ternyata ada banyak tempat wisata di Binjai yang bisa AutoFamily kunjungi saat berlibur ke sana. Kota yang disebut sebagai smart city ini menyuguhkan berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari yang edukatif hingga tempat yang sekadar menyajikan hiburan serta pemandangan yang memanjakan mata.

Meskipun lokasinya yang jauh dari ibu kota, tetapi Binjai yang berada di provinsi Sumatra Utara ini nyatanya memiliki pembangunan sektor pariwisata yang baik dan cukup pesat. Tak ada salahnya memilih kota ini menjadi salah destinasi wisata yang harus Anda coba untuk liburan nantinya. Penasaran ke mana saja tempat yang menarik untuk dikunjungi di Binjai? Simak informasinya di artikel ini.

Rekomendasi 11 Tempat Wisata Di Binjai

Binjai merupakan kota kecil yang terletak di provinsi Sumatra Utara. Meskipun tidak terkenal seperti Medan, Binjai memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 11 rekomendasi tempat wisata di Binjai yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan:

1. Pasar Kaget

Pasar Kaget merupakan pasar tradisional yang terletak di Jalan Jamin Ginting, Binjai. Pasar ini dikenal dengan sebutan "Kaget" karena lokasinya yang berada di pinggir jalan pada pukul 6 sore hingga 4 pagi dan terlihat sangat menonjol sehingga pengendara kendaraan yang melintas seringkali kaget melihat keberadaannya.

Pasar Kaget menyajikan berbagai macam produk kuliner mulai dari yang tradisional hingga internasional. Pengunjung juga dapat mencicipi berbagai hidangan khas Binjai seperti mi kocok, soto Medan, nasi goreng, dan lain-lain yang dijual di warung-warung di sekitar pasar.

Pasar Kaget menjadi tempat wisata yang menarik karena AutoFamily dapat merasakan nuansa pasar tradisional yang masih autentik serta mendapatkan pengalaman berbelanja dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan mall atau supermarket modern.

2. Taman Merdeka

Taman Merdeka adalah sebuah taman kota yang terletak di Jalan Sudirman, Binjai. Taman ini dibangun pada tahun 1952 dan menjadi salah satu tempat rekreasi yang populer di Binjai. Taman ini memiliki banyak spot foto yang menarik seperti kolam dengan air mancur, bangku-bangku taman yang dikelilingi oleh pepohonan hijau, dan patung-patung yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Taman Merdeka menjadi tempat wisata yang menarik karena pengunjung dapat menikmati udara segar dan suasana yang tenang di tengah keramaian kota Binjai. Taman ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman karena memiliki fasilitas yang lengkap seperti area bermain anak, jogging track, serta tempat duduk yang nyaman. Selain itu, taman ini sering digunakan sebagai lokasi acara budaya dan kegiatan sosial masyarakat Binjai.

3. Air Terjun

Binjai juga memiliki destinasi wisata alam yang menarik seperti air terjun yang terletak di sekitar kawasan perkebunan kopi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dibatasi oleh tebing-tebing batu yang menambah keindahan pemandangan. Di sekitar air terjun, terdapat kolam yang dalamnya mencapai 1 meter, sehingga Anda dapat berenang dan menikmati segarnya air terjun.

Air terjun di Binjai ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer yang membolehkan Anda menikmati keindahan alam dan suasana yang mengalir dengan tenang serta segar dengan suasana yang asri, hijau dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar area air terjun juga terdapat beberapa spot menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto, seperti jembatan gantung dan area taman yang dikelilingi oleh pepohonan hijau.

4. Pantai Florida

Pantai Florida menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Binjai. Terletak di kawasan Air Tawar, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Uniknya, meski dinamai sebagai pantai, florida justru memiliki bentuk tempat pemandian berupa kolam dengan air terjun.

Hal menakjubkan lainnya yang harus AutoFamily ketahui adalah airnya yang jernih dengan perpaduan warna biru air dan hijau dari bebatuan di bawahnya. AutoFamily bahkan bisa melihat dasar kolam pemandian.

AutoFamily, penting bagi Anda menjaga kondisi mobil agar tetap aman saat digunakan berkendara bersama keluarga. Jadi, pastikan untuk rutin membawa mobil Toyota kesayangan Anda ke layanan bengkel Toyota Auto2000 dan lakukan servis berkala agar seluruh sistem serta komponen mobil berfungsi maksimal. Cek lokasi bengkel Toyota di Auto2000 Digiroom sekarang juga.

Baca juga:8 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Terfavorit Di Tahun 2023

5. Arung Jeram Sungai Bingei

Arung jeram sungai Bingei merupakan wisata olahraga yang seru. Sungai Bingei memiliki aliran yang cukup deras dan cocok bagi para pecinta olahraga air. Selain itu, suasana alam yang masih asri dan alami membuat pengunjung semakin betah berada di sungai ini. Ada beberapa operator lokal yang menyediakan peralatan arung jeram dan panduan yang andal untuk mengarungi sungai ini.

Pengalaman seru saat menelusuri sungai Bingei dengan arung jeram akan memacu adrenalin para pengunjung. Para wisatawan dapat menikmati keindahan sungai dengan melewati jeram yang menantang dan melintasi aliran sungai yang deras.

Selama perjalanan, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan bersih serta menghirup udara segar. Aktivitas arung jeram di sungai Bingei sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati petualangan dan tantangan di tengah alam yang asri.

6. Titik Nol

Titik Nol atau sering juga disebut sebagai Monumen Nol Kilometer merupakan sebuah monumen yang terletak di pusat kota Binjai. Monumen ini memiliki makna yang sangat penting karena merupakan awal titik pengukuran jarak dari kota Medan menuju berbagai kota di Sumatra Utara dan sekitarnya. Selain itu, di area Titik Nol ini juga terdapat patung Sri Sultan Alaiddin Syah yang merupakan raja pertama dari Kesultanan Deli.

Nah, di sini Anda dapat mengetahui sejarah dan pentingnya titik ini dalam pengukuran jarak di Sumatra Utara. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana di sekitar monumen yang cukup nyaman dan asri. Terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh di sekitar monumen yang menjual berbagai makanan khas Sumatra Utara dan cenderamata.

Baca juga:Yuk Cari Tahu Cara Membuat Rute Perjalanan di Google Maps

7. Taman Edukasi

Taman Edukasi Binjai merupakan tempat wisata edukatif yang menyenangkan. Taman ini cocok dikunjungi oleh anak-anak dan keluarga yang ingin belajar sambil bermain. Di dalam taman ini terdapat banyak sekali fasilitas dan wahana pendidikan yang menarik seperti perpustakaan, arena bermain anak, dan museum mini.

AutoFamily dapat belajar tentang berbagai macam hal seperti sejarah Binjai, budaya, dan lingkungan hidup. Taman Edukasi Binjai juga merupakan tempat yang ideal untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama di akhir pekan atau liburan.

8. Masjid Raya

Masjid Raya Binjai memiliki arsitektur yang indah dan menarik dengan kubah-kubah yang megah dan dihiasi ornamen-ornamen islami. Masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti aula serbaguna, tempat wudu, dan taman yang indah.

Sesuai dengan fungsinya, banyak pengunjung yang datang untuk salat, mengaji, atau melakukan aktivitas ibadah lainnya. Namun, tak jarang beberapa di antaranya hanya sekadar datang untuk bersantai menikmati keindahan arsitektur dan beberapa tempat seperti sumur serta sumber air pada masjid ini.

9. Kampung Kuliner

Selain pasar kaget, kampung Kuliner Binjai adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk para pecinta kuliner.Terdapat banyak sekali warung makanan yang menyajikan berbagai macam makanan khas Binjai yang lezat.

Selain itu, ada juga berbagai macam kuliner tradisional yang sudah menjadi ikon kota Binjai seperti durian dan sirsak. Kampung Kuliner Binjai ini sangat ramai dikunjungi terutama pada malam hari karena suasana kampung yang khas dengan lampu-lampu yang indah dan berbagai hiburan seperti musik dan tarian tradisional.

Baca juga:Serunya Berkunjung ke Berbagai Tempat Wisata di Padang dengan Toyota Alphard

10. Taman Selfie

Tempat unik yang disebut dengan taman selfie ini menawarkan berbagai dekorasi yang menarik dan unik untuk berfoto. Di dalam taman terdapat banyak spot foto yang menarik, seperti pagar putih, pohon-pohon yang rindang, kursi berwarna-warni, dan hiasan-hiasan lainnya yang instagramable.

Selain itu, pada beberapa titik, Anda juga bisa menyewa berbagai properti untuk dipakai sebagai aksesoris foto, seperti topi, kacamata, dan pernak-pernik lainnya. Apakah hanya keindahan dan keunikan tempatnya saja yang menarik? Tentu tidak. Taman Selfie juga menawarkan suasana yang sejuk dan nyaman. Jadi kamu bisa datang berfoto dan bersantai menghabiskan akhir pekan.

Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan udara yang segar, tempat ini cocok untuk menjadi tempat yang menyenangkan bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau pasangan. Harga tiket masuk ke taman ini tergolong murah, AutoFamily hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja.

11. Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil

Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil merupakan tempat ibadah yang pada awalnya dibangun untuk keluarga India yang ada di Binjai dan sekitarnya. Namun, selain sebagai tempat ibadah, kuil ini juga menarik untuk dikunjungi agar dapat mengetahui lebih dekat tentang kebudayaan sebab kuil ini menjadi simbol akulturasi.

Kuil ini memiliki arsitektur yang khas dengan dekorasi yang indah dan menarik. Di dalam kuil terdapat patung-patung dewa, altar untuk bersembahyang, dan banyak ornamen lain yang indah. Pengunjung yang datang ke sini bisa mengikuti acara ibadah dan upacara adat, atau hanya sekadar melihat-lihat dan belajar tentang kebudayaan.

Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil juga menawarkan suasana yang tenang dan damai, sehingga cocok untuk menjadi tempat yang menyenangkan bagi siapa saja yang ingin merenung atau meditasi. Tiket masuk ke kuil ini gratis dan pengunjung diharapkan menghormati aturan dan adat istiadat yang berlaku di dalam kuil.

Itulah 11 tempat wisata di Binjai yang bisa AutoFamily kunjungi saat berlibur atau pulang kampung ke kota tersebut. Setiap tempat wisata memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda, sehingga bisa memilih tempat wisata yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Binjai memang belum sepopuler kota-kota wisata lain di Sumatra Utara seperti Medan dan Danau Toba, namun Binjai memiliki daya tarik yang tidak kalah menariknya. Selain itu, Binjai juga memiliki banyak pilihan akomodasi dan transportasi yang memudahkan wisatawan dalam menjelajahi kota ini. Jadi, jika Anda sedang berada di Sumatra Utara, jangan lupa untuk mengunjungi Binjai dan menikmati berbagai macam wisata yang tersedia di sana.

Apakah memungkinkan untuk mengunjungi Binjai menggunakan mobil? Tentu saja! Namun, sebelumnya, pastikan Anda sudah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap mobil. Apalagi, bagi AutoFamily yang berkendara jarak jauh, memastikan mobil dalam kondisi yang optimal adalah sebuah kewajiban agar perjalanan nyaman dan aman.

Rutin lakukan servis berkala supaya mobil dapat berfungsi maksimal di bengkel resmi Auto2000. Manfaatkan paket servis Toyota yang bisa didapatkan di Auto2000 Digiroom untuk memberikan perawatan lengkap dan maksimal pada mobil Toyota kesayangan Anda. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga dan nikmati perjalanan yang lebih menyenangkan!

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.