tempat-wisata-cianjur.jpg

14 Tempat Wisata Cianjur Yang Menarik

Diterbitkan15 Mei 2023

Berbatasan dengan kabupaten Bogor dan Purwakarta, Cianjur bisa menjadi tempat yang asyik untuk AutoFamily menghabiskan waktu bersama keluarga. Pasalnya, terdapat beragam tempat wisata Cianjur mulai dari wisata alam hingga theme park yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Ditambah lagi, sambil berwisata, Anda juga bisa sekaligus mencicipi kuliner khas Cianjur.

Banyaknya pilihan tempat wisata dan kuliner khas yang menggugah selera dengan udara yang sejuk, tak heran jika Cianjur menjadi salah satu kabupaten yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Penasaran dengan tempat wisata Cianjur untuk menghabiskan waktu? Cari tahu informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

14 Tempat Wisata Cianjur yang Menarik

Pulang kampung ke Cianjur atau sekadar bepergian bersama keluarga tentu tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat paling populer yang menarik perhatian wisatawan. Berikut merupakan ulasan lengkap tentang tempat wisata Cianjur yang bisa jadi pilihan liburan Anda dan keluarga:

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti adalah tempat wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi oleh penggemar pantai. Lokasi ini terkenal dengan keindahan lautnya yang sejuk dan cukup sepi dari keramaian. Selain itu, AutoFamily juga bisa bermain air laut yang segar dan pasir pantai yang putih bersih. Perpaduan laut biru dan pasir putih ini memberikan tampilan yang cantik.

Di sekitar Pantai Jayanti, terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti bermain air, berenang, atau menikmati makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi keindahan pantai yang lebih luas.

2. Curug Citambur

Curug Citambur adalah air terjun yang terletak di desa Cijati, Cianjur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Di sini, Anda bisa merasakan dan melihat keindahan air terjun yang menyejukkan dan menenangkan, serta berjalan-jalan di sekitar hutan yang rimbun.

Bagaimana dengan bermain air? Tentu saja bisa. Meski tak bisa berenang sungguhan, AutoFamily tetap bisa menikmati segarnya air dari air terjun ini di pinggiran air terjun. Untuk mencapai Curug Citambur, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 km dari lokasi parkir. Namun, perjalanan menuju air terjun akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga unik dengan hamparan bunga yang tampak cantik. Taman bunga ini terletak di desa Kawungluwuk, Cianjur. Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis bunga yang indah dan menarik. Selain itu, terdapat area yang didesain khusus untuk berfoto bersama susunan bunga-bunga di taman tersebut.

Tak hanya bisa menikmati keindahan bunga, AutoFamily juga dapat melakukan kegiatan seperti berkeliling dengan sepeda atau kereta mini, bersantai di sekitar area air mancur, atau membeli souvenir di toko-toko yang ada di dalam taman.

4. Gunung Gede

Gunung Gede adalah gunung yang terletak di Kabupaten Cianjur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.000 mdpl dan merupakan gunung yang populer di antara pendaki gunung. Jika tidak tertarik dengan kegiatan pendakian, Anda juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar gunung serta melakukan kegiatan hiking atau trekking.

Selain itu, di sekitar Gunung Gede terdapat beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi seperti Curug Bidadari, Curug Cibeureum, dan Curug Cikahuripan. Menariknya lagi, AutoFamily bisa camping di sekitar Gunung Gede dan merasakan ketenangan dan suasana damai.

5. Telaga Biru

Telaga Biru adalah danau buatan yang terletak di Desa Cipanas, Cianjur. Danau ini terkenal dengan keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam danau, serta berjalan-jalan di sekitar danau dan menikmati suasana yang tenang.

Dapat dikatakan bahwa selain Gunung Gede, telaga biru juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi. Jika ingin menikmati telaga dari dekat, Anda juga dapat menyewa perahu untuk menikmati keindahan danau dari atas perahu.

6. Kebun Teh

Cianjur dikenal sebagai daerah penghasil teh yang terkenal di Indonesia. Oleh karena itu, Anda wajib mengunjungi Kebun Teh di Cianjur. Di kebun teh, Anda dapat melihat proses pembuatan teh dari awal hingga akhir, serta menikmati segelas teh yang segar dan lezat.

Selain itu, Anda juga dapat berjalan-jalan di kebun teh yang hijau dan menikmati keindahan pemandangan alam yang menakjubkan. Tempat ini cocok bagi AutoFamily yang membutuhkan ketenangan dan suasana sejuk untuk menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:5 Penyebab Mobil Mogok yang Jarang Diketahui

7. Waterpark

Berlibur bersama anak namun tetap ingin menikmati wisata? Waterpark adalah tempat wisata yang cocok. Di sini, AutoFamily bisa melakukan berbagai aktivitas bermain air yang menyenangkan. Waterpark di Cianjur menawarkan berbagai macam wahana air yang menarik, seperti kolam renang, seluncuran air, dan arena bermain air.

Bahkan tak hanya itu saja, AutoFamily juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti flying fox, TV, paintball, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya. Jadi, tidak hanya menyenangkan anak-anak saja, orang dewasa juga dapat turut merasakan keseruan bermain di dalam tempat wisata waterpark.

8. Pantai Apra

Selain pantai jayanti, pantai apra juga bisa jadi destinasi pantai yang menarik untuk Anda kunjungi. Sebagaimana pantai selatan lainnya, pantai apra menyajikan pemandangan pantai dengan angin yang sejuk dan hamparan pasir hitam yang terasa dingin. Tempat ini bisa jadi pilihan yang cocok bagi AutoFamily yang ingin melihat sunset.

9. Theme Park

Di Cianjur, terdapat theme park yang menyediakan wahana dengan tampilan layaknya tempat di Venice, Italy. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, bahkan Anda juga dapat berfoto di atas kapal yang berada di tengah bangunan khas Italia. Selain itu, theme park ini menawarkan berbagai macam wahana permainan yang menarik seperti roller coaster, kincir raksasa, dan wahana air.

Pengunjung dapat menikmati kegiatan bermain dan menaiki wahana permainan di Theme Park, serta menikmati makanan dan minuman di area makan yang tersedia di dalam Theme Park. Selain itu, Theme Park Cianjur juga menawarkan fasilitas river ride yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Baca juga:4 Rekomendasi Tempat Wisata di Jambi yang Seru dan Menarik

10. Curug Cikondang

Masih dengan jenis wahana air terjun, selanjutnya Cianjur juga memiliki curug Cikondang dengan pesona yang menakjubkan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini berada di tengah hutan dan dikelilingi oleh bebatuan yang tak tersusun rapi namun justru tampak cantik.

Untuk masuk ke curug Cikondang, Anda membayarkan biaya masuk yang cukup terjangkau yaitu sebesar Rp5.000 per orang dan tambahan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraannya.

Apabila AutoFamily berkunjung ke curug ini menggunakan mobil, pastikan bahwa seluruh sistem dan komponennya berfungsi secara maksimal. Jika menemukan masalah pada mobil, langsung bawa ke layanan bengkel Toyota resmi Auto2000 terdekat. Lakukan booking service melalui Auto2000 Digiroom sekarang juga.

11. Pantai Karang Potong

Pantai Karang Potong adalah salah satu pantai dengan air berwarna biru yang cantik dan dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi. Oleh karenanya, Anda bisa menikmati pemandangan pantai ini dari atas melalui tempat yang telah disediakan. Tenang saja, pantai karang potong telah didesain semenarik mungkin.

Jadi, AutoFamily bisa menikmati angin sepoi-sepoi, berfoto di beberapa spot yang tersedia, dan menikmati matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Karang Potong ini sangat memukau dan akan membuat siapa saja terpesona.

12. Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur yang dibangun pada tahun 1933 ini memiliki arsitektur yang unik dan indah. Memadukan tampilan tradisional dengan sentuhan desain timur tengah, masjid agung Cianjur memiliki kapasitas hingga 4.000 jemaah.

Di bagian depan masjid terdapat halaman luas dengan sebuah miniatur al-quran berukuran besar. Sedangkan di dalam masjid, terdapat hiasan-hiasan yang sangat menarik dan menambah keindahan masjid ini.

Baca juga:5 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

13. Wisata Pohon Pinus Haurwangi

Wisata Pohon Pinus Haurwangi adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan Haurwangi, Cianjur. Tempat wisata ini memiliki keunikan karena terdapat ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi dan terhampar di seluruh area wisata.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di antara rimbunnya pohon pinus yang membentuk lorong. Wisata Pohon Pinus Haurwangi juga menyediakan fasilitas seperti tempat duduk dan area piknik yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

14. Tempat Wisata Gunung Hayam

Tempat wisata Gunung Hayam juga bisa jadi destinasi wisata yang pas bagi Anda. Di sini, AutoFamily bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dan udara yang sejuk. Wisata Gunung Hayam memiliki spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang menarik. Berada di atas bukit, jalan menuju lokasi tempat wisata ini tentu memiliki akses yang berkelok dan beberapa ruas jalannya cukup sulit.

Tak hanya Gunung Hayam, sebagian besar tempat wisata Cianjur nyatanya melewati askes jalan berkelok. Hal ini tentu perlu kendaraan yang prima agar perjalanan menjadi aman dan menyenangkan. Sebab itu, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, kunjungi bengkel Toyota Auto2000 untuk melakukan servis berkala.

Auto2000 sebagai bengkel resmi Toyota dilengkapi dengan peralatan yang memadai dan teknisi ahli yang berpengalaman, sehingga seluruh pengerjaannya dipastikan tepat dan servis yang dilakukan pun sesuai dengan kebutuhan mobil. AutoFamily kini bisa lebih mudah melakukan penjadwalan kedatangan ke bengkel melalui Auto2000 Digiroom. Kunjungi sekarang dan ciptakan mobil prima agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.