TAM Terima Penghargaan THE Best E-Corp 2010"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

TAM Terima Penghargaan THE Best E-Corp 2010

Jakarta – PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menerima penghargaan The Best E-Corp 2010 dari majalah SWA atas keberhasilannya menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu faktor penting penggerak bisnis perusahaan. Penghargaan diterima langsung Direktur Finance and Administration Support Benny Redjo Setyawan pada acara penghargaan The Best E-Corp and CIO 2010 yang berlangsung di Hotel Shangrila Jakarta hari kamis 22 Januari 2010.

TAM sebagai satu-satunya perusahaan otomotif di Indonesia yang masuk dalam 10 besar daftar perusahaan yang dinilai piawai dalam melakukan strategi-strategi cerdas dalam pemanfaatan teknologi informasi atau E-Corp oleh majalah SWA. Penilaian tersebut didasarkan pada keberhasilan perusahaan untuk menempatkan Teknologi Informasi sebagai penggerak bisnis secara nyata.

Bersandar kepada komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dengan menerapkan The Best Total Ownership Experience atau pengalaman terbaik secara menyeluruh kepada setiap pelanggan, Toyota terus berusaha memperbaiki layanannya. Salah satu dari strategi tersebut adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian penting untuk menunjang tercapainya tujuan.

Strategi pengalaman terbaik secara total kepada pelanggan ini antara lain dengan selalu berusaha membantu setiap kebutuhan konsumen sejak awal mencari informasi, melakukan transaksi pembelian bahkan hingga perawatan kendaraan, sehingga para konsumen tidak mengalami kesulitan dalam proses kepemilikan dan perawatan kendaraan.

Pemanfaatan Teknologi Informasi sendiri di Toyota telah banyak dilakukan, baik dari segi penyebaran informasi yang bersifat external seperti pemanfaatan media-media baru seperti website, mobile gadget dan jaringan sosial sebagai penyebaran informasi hingga penggunaan sistem yang didesain khusus untuk membantu peningkatan kinerja di dalam perusahaan.

Secara internal Toyota telah mendesain sebuah sistem bernama warehouse issuing system yang ditujukan untuk menghadapi peningkatan suku cadang dan menangani akurasi proses pengeluaran barang dari gudang. Sistem ini meliputi proses logistik hingga keuangan – pemrosesan pesanan, pengepakan pengiriman, penagihan dan pembukuan. Proses pencatatan dan konfirmasi data ke sistem dilakukan dengan barcode reader. Pencetakan dokumen dilakukan secara otomatis oleh sistem, sehingga semua proses berjalan cepat dan akurat. Tak mengherankan, TAM berhasil meningkatkan produktifitasnya tahun 2007 dan 2008 masing-masing sebesar 12,87% dan 8,45%, dengan total efisiensi sebesar 864 juta/tahun dan penurunan tingkat kesalahan pengiriman lebih dari 30%

”Sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan dukungan penuh dalam upaya pemberian pelayanan yang terbaik kepada pelanggan melalui pengalaman kepemilikan kendaraan terbaik secara menyeluruh kepada pelanggan Toyota, dan melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi, kami dapat terus memperbaiki kinerja dari pelayanan tersebut” ujar Benny Redjo Setyono.

Sementara untuk penggunaan teknologi informasi dengan keterkaitan sebagai media komunikasi, semenjak tahun lalu Toyota telah meluncurkan toyota mobile website (http://m.toyota.astra.co.id) untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen yang sudah semakin individu dan mobile melengkapi layanan web toyota dan M-Toyota *898#.

Keterangan foto:

Director Finance and Administration Suppport PT TAM Benny Redjo Setyono (kanan), menerima penghargaan The Best e-Corp 2010 dari  Ketua Tim JuriBest e-Corp, Kosala (tengah).

Auto2000


 
Share this article
Tanya Tasia