LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tak Ada Ruginya Ketahui Cara Kerja Sistem AC Mobil Toyota Anda

 

AC telah menjadi kebutuhan paling utama pengemudi dan penumpang yang ada di dalam kabin mobil anda, karena AC lah yang membuat kabin anda terasa dingin apalagi sewaktu kena macet di jalan. Tapi tahukah anda cara kerja AC mobil seperti apa? Tak ada ruginya untuk tahu, yuk disimak

Kompresor di gerakkan oleh mesin mobil, memompa dan mensirkulasikan media pendingin atau freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu. Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke kondensor, di kondensor freon didinginkan dengan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip kondensor.

Dikarenakan temperaturnya menurun maka media pendingin yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjaddi media pendingin berbentuk cair.

Selanjutnya media pendingin tersebut dialirkan ke filter atau dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang ikut beredar di dalam sistem.

Freon yang sudah difilter, di alirkan ke katup expansi untuk menurunkan tekanan freon, karena tekanan turun maka otomatis temperatur juga turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.

Freon yang sudah turun tekanannya dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin. Udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperatur udara tersebut menjadi turun. Udara yang sudah turun temperaturnya dialirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk.

Sementara itu di dalam evaporator terjadi perubahan bentuk pada freon, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator. Media pendingin yang sudah dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan ke dalam sistem.

Nah, sedikit tidaknya anda sudah tahukan sekarang cara kerja AC mobil Toyota anda. Jangan lupa rutin lakukan perawatan AC anda secara berkala ya.

Percayakan pada Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia