Tabrakan, Salah Siapa?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tabrakan, Salah Siapa?

Berikut ini informasi lain seputar upaya kita menghindari kecelakaan. Berdasarkan data statistik Road Traffic Accidents (RTAs) yang ditulis situs www.driving.co.uk, kecelakaan bisa terjadi karena berbagai macam penyebab. Bisa karena kendaraan, jalan dan lalulintas yang kurang aman. Mungkin juga karena faktor pengemudi lain.
Kami tentu berharap agar Anda tetap berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan. Begitu juga dengan Anda sendiri. Untuk itu, tak ada salahnya lebih jauh menyimak artikel yang diuraikan situs di atas. Karena, di artikel tersebut diulas tentang penggunaan perangkat-perangkat yang tepat guna, yang bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Penggunaan rem
Perhatikan perangkat yang satu ini. Perannya sangat penting dalam mengendalikan laju kendaraan.

Penggunaan ban
Seperti yang juga pernah kami sampaikan kepada Anda, bahwa ban juga memiliki kadar kekadaluarsaan. Rawatlah dengan selalu membersihkan bagian tapaknya dari lumpur atau kerikil-kerikil yang mungkin saja sewaktu-waktu merobek ban.
Selain itu, ganti ban Anda jika ban sudah menempuh jarak hingga 50.000 mil (angka ini terhitung relatif, namun ini adalah batas ter-aman). Dengan perawatan rutin, kejadian pecah ban saat melaju kencang niscaya bisa terhindarkan.

Jaga agar kaca depan selalu bersih
Kaca depan yang kotor tentu menggangu pandangan Anda pada jalan. Apalagi jika Anda sering berkendara di malam hari. Kotoran seperti lumpur yang menempel terkadang sulit untuk dihilangkan. Jika perlu, gunakan air hangat untuk menghilangkannya. Lapisi kaca depan dengan pelapis kaca. Hal ini untuk menghidari pengemudi dan penumpang bagian depan dari pecahan kaca jika bagian depan mobil mengalami benturan keras.

Jangan abaikan penggunaan sabuk pengaman
Pengemudi yang terpental keluar dari mobil saat terjadi kecelakaan sudah tak terhitung jumlahnya. Untuk itu, hampir di seluruh dunia ditekankan pentingnya perangkat sabuk pengaman. Jangan abaikan juga penggunaan sabuk pengaman untuk si kecil. Sesuaikan ukuran sabuk agar mereka juga aman.

Jalan dan lalulintas
Terkadang rambu-rambu lalulintas kurang terlihat. Mungkin catnya sudah mengelupas atau pudar karena faktor cuaca. Hal itu menjadi fatal ketika rambu-rambu tersebut merupakan tanda bahaya. Yang lebih fatal lagi adalah jalur curam atau tebing yang berkelok namun tidak dilengkapi dengan rambu ‘cat eyes.’ Lokasi seperti itu akan sangat bahaya pada malam hari. Jika rambu yang seolah menyala ketika disorot dengan lampu itu tidak berfungsi dengan baik (mungkin hilang atau mengelupas) tak pelak bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan. Untuk itu Anda harus tetap waspada, dan kurangilah laju jika jarak pandang terasa minim.

Pengemudi lain
Ini juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Anda harus waspada karena pengemudi yang Anda temui di jalan amatlah beragam. Ada yang tenang, namun ada juga yang ugal-ugalan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari. Jika perlu laporkan pada petugas jalan raya setempat.
Selain faktor-faktor di atas, sebagai pengemudi, ada baiknya juga jika Anda terus belajar mengenali kondisi jalan.
​​​​​​​
(AstraWorld)

Share this article
Tanya Tasia