stel_klep_mobil.png

Aturan Dalam Stel Klep Mobil

Diterbitkan7 Mar 2021

Setiap mobil yang bermesin pembakaran dalam alias internal combustion pasti memiliki klep. Komponen berbahan logam ini kerjanya sangat krusial dan memerlukan stel klep mobil dalam waktu tertentu.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan lagi performa mesin. Sebab klep yang kerjanya naik-turun dan bergesekan dengan komponen lain bisa saja berubah posisi dari setelan awal.

Klep sendiri terbagi dalam dua jenis dalam sebuah mesin, yakni klep isap atau in dan klep buang atau ex. Klep, atau kerap juga disebut katup, yang berjenis in memiliki tugas untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke ruang mesin.

Sementara klep ex kebalikannya, klep jenis ini berfungsi untuk mengatur keluarnya gas buang sisa pembakaran dari mesin. Klep yang bentuknya bagaikan payung mengembang memiliki ukuran berbeda antara in dengan ex.

Diameter klep in lebih besar dari pada diameter katup ex. Yang bertujuan untuk memaksimalkan aliran bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Sedangkan klep ex lebih kecil karena gas buang lebih mudah keluar dari mesin karena dorongan piston dalam posisi menuju titik mati atas.

ANDA KELUARGA MASA KINI? YUK PILIH TOYOTA SIENTA


Kenapa stel klep mobil perlu dilakukan?

Pada mekanisme klep terdapat celah katup yang berfungsi membuat katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperatur. Jika kondisi celah katup tidak sesuai maka perlu dilakukan penyetelan.

Ketika mesin mobil dihidupkan maka mekanisme klep akan bergerak bergesekkan dan akan mendapatkan panas serta gaya dari berbagai arah. Kondisi ini lama-kelamaan membuat komponen klep jadi aus.

Keausan tersebut akan membuat penekan klep dan dudukannya berubah posisi sehingga celah klep berubah dari standar. Semakin besar keausan yang terjadi maka akan semakin besar pula kerenggangan klep tersebut.

Jika dibiarkan maka klep tidak akan bekerja optimal. Kondisi dapat diperburuk dengan penggantian oli mesin yang telat dan penggunaan mobil dengan jam terbang yang tinggi.


Aturan Dalam Stel Klep

Klep merupakan komponen yang sangat vital dalam rangkaian mekanisme pembakaran. Namun karena adanya potensi berubah dari stelan standarnya maka perlu dilakukan servis.

Tentu tidak bisa sembarangan untuk melakukan stel klep mobil. Penyetelan difokuskan pada kerenggangan klep. Ingat, pada mesin mobil klep tidak hanya berjumlah sepasang. Namun cukup banyak karena jumlah silinder di mobil Toyota minimal ada 3.

Penyetelan klep mobil tak bisa sembarangan apalagi menggunakan perasaan. Penyetelan dan pengaturan celah klep antara lengkan roker dan batang katup harus menggunakan alat bernama feeler gauge.

AutoFamily tak perlu pusing dan repot untuk melakukan penyetelan tersebut. Cukup bawa mobil Toyota Anda ke bengkel Auto2000 dan klep akan disetel secara baik.

Selalu gunakan aplikasi Auto2000 Digiroom dalam melakukan booking service. Rasakan kemudahan mendapatkan layanan purnajual berkat aplikasi persembahan Auto2000 ini.

Auto2000 Digiroom


Baca Juga: Apa Sebenarnya Servis Berkala itu?

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.