LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Sebelum Berangkat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Cek Kondisi Aki Mobil

Auto2000.co.id – Salah satu langkah yang harus dilakukan pemilik mobil Toyota sebelum pergi mudik Lebaran, yaitu mengecek komponen penting pada mobiil.

Termasuk aki, karena komponen ini memiliki peran yang cukup penting, jika terjadi kerusakan maka mobil Anda bisa mogok.

Oleh sebab itu, disarankan bagi pemilik mobil Toyota untuk mengecek kondisi aki terlebih dulu sebelum pergi ke kampung halaman. Anda juga bisa mengecek sendiri, dengan melihat secara fisik atau menggunakan alat khusus.

“Tetapi jika ragu Anda bisa datang langsung ke bengkel resmi Auto2000, karena ada teknisi yang selalu siap melayani konsumen dengan baik, termasuk pengecekan kondisi aki,” kata Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat.

BACA JUGA : Amazing! Ini 4 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

Sapta melanjutkan, usia ideal pemakaian aki pada mobil itu berbeda-beda, tergantung pemakaian pemilik mobil. Tetapi, jika sudah lebih dari 1,5 tahun sebaiknya dicek kondisi aki, khawatir di tengah jalan justru mengalami masalah.

“Biasanya antara 1,5 tahun hingga 2 tahun umur dari aki tersebut, tetapi setiap mobil berbeda-beda karena melihat dari bagaimana perawatan dan cara pemakaian pemilik mobil tersebut,” ujar Sapta.

Aki sendiri merupakan salah satu bagian vital di kendaraan bermotor, maka aki sangat perlu diperhatikan. Terkadang pemilik mobil suka lupa untuk melakukan perawatan.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Dalam merawat aki sebenarnya gampang-gampang susah. Tetapi wajib diperhatikan dan dilakukan perawatan agar secara fungsi bisa berjalan dengan normal.

Paling utama adalah menjaga voltage aki di 12V dengan cara tidak menambah beban pada aki standar atau bawaan mobil. Setelah itu ketika berhenti parkir, pastikan lampu-lampu kendaraan semuanya dalam keadaan mati.

Selanjutnya, apabila kendaraan lama tidak digunakan, pastikan setiap tiga hari mobil dinyalakan kira-kira 15 menit agar accu/baterai mendapatkan pengisian (charge) dari alternator.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia