Sebab Mesin Mobil Mengalami Gejala Ngelitik​​​​​​​ "/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Sebab Mesin Mobil Mengalami Gejala Ngelitik​​​​​​​

"

Auto2000.co.id – Anda pernah mendengar istilah mesin ngelitik atau bahasa teknisnya knocking? Kondisi itu akan mudah ditemukan bila pemilik mobil tidak memperhatikan sistem pembakaran dan bahan bakar yang digunakan.

Mesin ngelitik terjadi karena pembakaran tidak sempurna sehingga menyebabkan sisa uap mesin masih dapat terbakar. Pada akhirnya terbakar dengan sendirinya karena panas dari mesin itu sendiri dan bukan dari percikan api busi.

“Bisa juga disebabkan oleh busi yang sudah tidak normal, atau campuran atau kualitas bahan bakar yang buruk,” kata Agung Sapta Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur.

BACA JUGA : Nomor 4 Sangat Menggoda, Ini Alasan Toyota Rush Cocok Untuk Liburan

Agung menjelaskan, penyebab lainnya juga bisa karena ignition timing yang sengaja diubah. Sebab jika tidak standar lagi dapat menyebabkan mesin mengelitik, karena antara piston yang dikompresi dan percikan busi sudah tidak sinkron lagi.

“Paling sering terjadi karena kadar oktan pada bahan bakar di bawah standar yang direkomendasikan oleh pabrikan. Maka dari itu, harus sesuai dengan apa yang telah direkomendasikan,” ungkap Sapta.

Jika dibiarkan begitu saja, dampak paling parah bisa membuat piston menjadi pecah, connecting rod bengkok, hingga crank shaft bengkok atau pecah.

“Jadi kami sarankan pengguna mobil Toyota untuk selalu memperhatikan kadar oktan BBM agar tidak mengalami mesin mengelitik,” tutup Sapta.

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia