LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Rem Tangan Aktif Terlalu Lama Ini Dampak Buruknya

 

Rem tangan, pada mobil memang sangat penting agar mobil bisa tetap berhenti dengan aman ketika diparkir atau saat berada di jalanan yang menanjak. Rem tangan akan membuat rem belakang aktif, sehingga mobil tidak akan meluncur sendiri. Walaupun begitu, rem tangan juga bisa membahayakan jika terlalu lama aktif.

Rem tangan yang terlalu lama aktif bisa membuat kampas rem bisa copot dari pelat atau besi penyangganya. Kampas rem lepas ini biasanya terjadi pada rem belakang jenis tromol, karena memiliki bidang kontak yang lebih panjang daripada rem cakram.

Ketika rem tangan aktif, kampas rem akan menempel dengan tromol. Kalau terlalu lama menempel, kampas rem bisa menjadi lengket pada tromol dan kalau dipaksa untuk melaju, kampas rem ini berisiko lepas.

Risiko kampas rem tangan lepas ini akan makin tinggi jika kondisi terakhir rem kapas masih dalam keadaan basah. Jika memang basah, sangat disarankan mengganjal saja ban mobil kalau akan diparkir dalam waktu yang lama.

Lalu bagaimana Cara Memperlakukan Rem Tangan yang Benar?

Selain tidak mengaktifkan terlalu lama, berikut adalah beberapa cara memperlalukan rem parkir yang benar.

1. Pastikan bunyi klik pada rem tangan adalah 4 sampai 7 klikan ketika ditarik. Jika lebih dari 7 klik segera bawa ke bengkel untuk penyetelan ulang.

2. Usahakan jangan terlalu sering menggunakan rem tangan ketika mobil berhenti, baik di waktu di berhenti lampu merah atau berhenti sesaat.

3. Jika kendaraan diparkir di jalan yang permukaannya miring, tambahkan dengan pengganjal roda kerja rem parkir menjadi lebih ringan.

4. Hindari menginjak atau menarik rem tangan secara berlebih.

5. Lakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota Auto2000 Tabanan untuk melakukan penyetelan rem tangan ketika servis berkala.

Semoga bermanfaat

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF