Punya Mobil Dengan Sunroof, Jangan Lupa Perawatan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Punya Mobil Dengan Sunroof, Jangan Lupa Perawatan


Auto2000.co.id – Kehadiran fitur sunroof di mobil memang memberikan suasana berbeda, apalagi untuk mobil bergenre multi purpose vehicle (MPV) layaknya Toyota Voxy atau Alphard.
​​​​​​​
Selain menambah kemewahan, suasana di dalam kabin mobil pun akan terasa lapang berkat visibilitas yang lebih dibandingkan mobil beratap konvensional.

Tidak hanya itu, saat bertamasya bersama keluarga ke daerah pegunungan, pemilik bisa menikmati udara segar dan kesejukan alami di dalam kabin hanya dengan membuka kaca sunroof tersebut.

Nah, agar bisa memanfaatkan fitur tersebut setiap saat, pemilik juga harus mengetahui bila mobil beratap sunroof ada perawatannya.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Seperti halnya komponen lain, bila malas merawat maka berisiko menimbulkan kerusakan dan berujung pada pengeluaran untuk perbaikan.

Menurut Kepala Bengkel Auto200 Cikarang Indah Yuliana, hal yang harus diperhatikan dari sunroof adalah kondisi karetnya karena merupakan elemen yang penting untuk mencegah kebocoran pada sunroof.

“Paling penting pada sunroof jangan sampai lengah dalam perawatan karetnya pada sekeliling kaca. Pastikan kondisinya apakah masih lentur atau keras,” terang indah.

“Biasanya akibat penggunaan dan kerap terjemur di matahari menyebabkan terjadinya perubahan pada karet, ini harus diwaspadai karena karet tersebut membuat kabin kedap serta mencegah bocor saat hujan,” kata Indah.

BACA JUGA : Ini 5 Alasan Motivator Terkenal Merry Riana Beli Toyota Alphard di Auto2000

Untuk perawatan, baiknya pemilik mobil menyiapkan cairan silikon sebagai pelembab. Menurut Indah, cairan ini bisa didapat di toko yang menjual perlengkapan perawatan mobil, atau bisa memesannya di bengkel resmi Auto2000.

Selain itu jangan lupakan juga kebersihan di area karet, bila ada kotoran yang menempel, jangan ditunda untuk dibersihkan. Begitu juga pada rel penggerak buka tutup sunroof yang dioperasikan menggunakan motor elektrik.

Pemilik kendaraan bisa membersihkan sendiri jalur rel tersebut dari debu atau kotoran lainnya tanpa harus repot pergi ke bengkel spesialis.

BACA JUGA : Viral! Ada Petani Beli Toyota Rush Pakai Uang Logam Receh Rp 40 Juta

Menurut Indah, kondisi rel perlu diperhatikan terutama bagi pemilik mobil yang jarang memanfaatkan atau membuka sunroof.

Dikhawatirkan bila terlalu lama didiamkan bisa membuat motor penggerak menjadi macet saat digunakan, belum lagi ditambah dengan adanya penumpukan debu pada rel dan karet.

“Seperti pintu sliding door, sektor rel ini perlu diperhatikan karena pengerjaannya secara elektronik. Untuk karet, baiknya selain dibersihkan pemilik juga sering memberikan silicon spray untuk menjaga kelenturannya,” tutupnya.

Share this article
Tanya Tasia