puncak-arus-mudik.jpg

Informasi Prediksi Puncak Arus Mudik Dan Puncak Arus Balik

Diterbitkan14 Apr 2023

Setiap tahunnya, puncak arus mudik dan arus balik selalu menjadi bagian yang membuat was-was para pemudik dan pengguna jalan lainnya. Pasalnya menjelang hari raya, volume kendaraan di jalan tol serta jalan raya biasa meningkat drastis dan seringkali mengakibatkan kemacetan yang panjang dan waktu tempuh yang lebih lama.

Kemacetan yang tidak berujung tentu memengaruhi pengalaman mudik menjadi kurang menyenangkan. Bahkan AutoFamily mungkin akan merasa lebih lelah saat mengemudi di tengah kemacetan dibandingkan saat arus jalan normal. Sayangnya, setiap tahunnya memang hal ini akan terjadi apalagi beberapa tahun sebelumnya mudik tidak diperbolehkan.

Namun tenang, hal ini bukan berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kemacetan saat mudik lebaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencari waktu mudik yang tepat dan tidak pada saat puncak arus mudik. Jadi, kapan waktu yang tepat? Simak informasinya berikut ini.

Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Tahun 2023

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) telah merilis prediksi mengenai puncak arus mudik dan arus balik pada tahun 2023. Berikut ini merupakan ulasan lengkap tentang prediksi kedua pihak terkait:

1. Prediksi dari Kemenhub

Kemenhubmenyatakan bahwa prediksi puncak arus mudik pada tahun 2023 akan terjadi pada Jumat, 21 April 2023 dan puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 24-25 April 2023 dan 30 April - 2 Mei 2023.

Selain itu, Kemenhub memperkirakan bahwa jumlah kendaraan yang akan melintas di tol sepanjang wilayah Jawa dan Sumatera akan meningkat sekitar 14,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Ditambah lagi adanya peningkatan jumlah penumpang yang akan terus meningkat untuk pengguna transportasi umum seperti kereta api, bus, dan pesawat.

Baca juga:Informasi Cuti Bersama Lebaran Tahun 2023

2. Prediksi dari Korlantas

Sementara itu, Korlantas memprediksi bahwa puncak arus mudik pada tahun 2023 akan terjadi pada tanggal 20-21 April 2023. Korlantas menambahkan, tak menutup kemungkinan ada sebagian masyarakat yang melakukan mudik lebih awal yaitu pada 18 April 2023. Selain itu, Korlantas juga memperkirakan bahwa terjadi peningkatan arus kendaraan di jalan arteri Jakarta dan sekitarnya.

Dari kedua prediksi tersebut, dapat disimpulkan bahwa puncak arus mudik dan arus balik pada tahun 2023 akan terjadi pada akhir April dan awal Mei. Kendati ada perbedaan pada tanggal-tanggal yang diprediksi oleh Kemenhub dan Korlantas, namun keduanya sepakat bahwa volume kendaraan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain mencari informasi tentang jadwal puncak arus mudik, AutoFamily juga harus memastikan bahwa mobil yang akan digunakan dalam kondisi terbaiknya agar perjalanan tetap selamat dan aman. Gunakan paket servis Toyota yang bisa memberikan servis lengkap sesuai kebutuhan mobil Toyota Anda. Dapatkan kupon servis Toyota hanya di Auto2000 Digiroom.

Berbagai Upaya dan Kebijakan untuk Menjaga Lalu Lintas Pada Puncak Arus Mudik

Untuk mengantisipasi kemacetan dan menjaga kelancaran lalu lintas pada puncak arus mudik, pemerintah telah mengambil berbagai upaya dan kebijakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. One Way

Upaya pertama yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem one way. Sistem ini bertujuan untuk mengalihkan arus kendaraan dari jalan satu arah ke arah sebaliknya untuk mempercepat laju kendaraan dan mengurangi kemacetan.

Biasanya sistem one way diterapkan di jalur utama yang menjadi rute mudik atau arus mudik pada saat puncak arus mudik dan arus balik. Selain itu, sistem one way juga diterapkan pada ruas jalan yang menuju bandara atau stasiun kereta api untuk menghindari keterlambatan penumpang.

Bagi AutoFamily yang akan mudik menggunakan mobil, berikut merupakan jadwal one way jalan tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang tol Kalikangkung:

  • Selasa, 18 April 2023 pukul 14.00 - 00.00 WIB

  • Rabu, 19 April 2023 pukul 08.00 - 00.00 WIB

  • Kamis, 20 April 2023 pukul 08.00 - 00.00 WIB

  • Jumat, 21 April 2023 08.00 - 00.00 WIB

2. Contra Flow

Selain one way, kebijakan lain yang diterapkan adalah contra flow. Kebijakan ini bertujuan untuk mengalihkan arus kendaraan dari satu jalur ke jalur lainnya untuk menghindari kemacetan pada jalur utama. Biasanya kebijakan ini diterapkan pada jalur tol dan jalan raya yang padat.

Contra flow akan dilakukan dengan penutupan sebagian jalur tol yang menuju kota-kota besar dan memperlebar jalur sebelahnya untuk arus kendaraan yang datang dari kota-kota kecil atau arah sebaliknya. Hal ini dapat mempercepat laju kendaraan dan mengurangi kemacetan pada jalur utama.

Pada mudik tahun 2023, contra flow dilakukan pada tol Karawang Barat KM 47 hingga Cikampek KM 72 mulai tanggal 18 April 2023 pukul 14.00 hingga 19 April sampai 21 April pukul 08.00 - 00.00 WIB.

Baca juga:Syarat Mudik Tahun 2023: Sudah Harus Booster Vaksin?

3. Ganjil Genap

Kebijakan lain yang diterapkan adalah Ganjil Genap. Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan pada jalur-jalur tertentu dengan membatasi kendaraan yang boleh melintas berdasarkan nomor plat kendaraan ganjil atau genap.

Ganjil Genap biasanya diterapkan pada jalan-jalan arteri utama di kota-kota besar yang menjadi rute mudik dan arus balik. Dengan diterapkannya kebijakan Ganjil Genap, diharapkan volume kendaraan dapat dikurangi sehingga kemacetan dapat teratasi.

Ganjil genap pada arus mudik dilakukan mulai dari jalan tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang tol Kalikangkung dengan jadwal yang sama dengan one way yaitu 18 April 2023 pukul 14.00 hingga 00.00 dan 19 April - 21 April pukul 08.00 hingga 00.00.

4. Penambahan Ruas Jalan

Selain kebijakan di atas, pemerintah juga melakukan penambahan ruas jalan. Peningkatan infrastruktur jalan bertujuan untuk mengakomodasi peningkatan volume kendaraan pada puncak arus mudik dan arus balik.

Selain itu, penambahan ruas jalan juga dapat mengurangi waktu tempuh dan mengurangi kemacetan pada jalur utama. Pemerintah melakukan pembangunan ruas jalan baru, memperbaiki jalan yang rusak, dan memperlebar jalan yang sempit.

Diharapkan dengan penambahan ruas jalan ini dapat mempercepat laju kendaraan dan mengurangi kemacetan pada puncak arus mudik dan arus balik. Salah satu ruas jalan yang ditambah selama momen mudik hari raya adalah jalan tol Cikampek.

Dari berbagai upaya dan kebijakan di atas, diharapkan dapat mengurangi kemacetan pada puncak arus mudik dan arus balik pada tahun 2023. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan mengefektifkan kebijakan yang telah diterapkan untuk menciptakan kelancaran lalu lintas pada saat puncak arus mudik dan arus balik.

Selain itu, diharapkan juga kesadaran dan kerja sama dari pengguna jalan dalam mentaati aturan lalu lintas agar tercipta situasi yang aman dan nyaman dalam perjalanan mudik. AutoFamily, jangan lupa juga untuk melakukan servis berkala agar mobil tetap optimal saat digunakan mudik bersama keluarga.

Baca juga:Info Mudik Lebaran 2023: Syarat, Peraturan, Dan Prediksi Puncak Arus

Auto2000 memiliki layanan bengkel Toyota yang dilengkapi dengan teknisi ahli dan alat lengkap yang siap membantu Anda mengecek seluruh bagian mobil dan memastikannya aman untuk berkendara jarak jauh maupun dekat. Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk booking service dengan mudah dan ciptakan kenyamanan berkendara saat mudik bersama keluarga.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.