Program Pendidikan Astra 1st Bina 258 Mahasiswa Pilihan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Program Pendidikan Astra 1st Bina 258 Mahasiswa Pilihan

JAKARTA: Program pendidikan Astra 1st (dibaca: Astra First) telah memasuki tahun keempat pelaksanaannya sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2011. Sampai saat ini, melalui Astra 1st, Astra telah memberikan bantuan pendidikan kepada 258 mahasiswa yang tersaring dari puluhan ribu pendaftar.

Hari ini, Rabu, 3 September 2014, diselenggarakan Astra Workshop Program (AWP), yang merupakan kick off dari program Astra 1st. Acara tersebut diselenggarakan di kantor pusat PT Astra International Tbk, dihadiri oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Sebanyak 80 mahasiswa dari 14 Universitas di Pulau Jawa berhasil lolos tes menjadi peserta Astra 1st tahun 2014, dari total pendaftar sebanyak 5.590 mahasiswa. Mereka berasal dari Universitas Atma Jaya Jakarta, Binus University, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Prasetiya Mulya Business School, President University, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran dan Universitas Parahyangan.

Astra 1st adalah suatu program pemberian bantuan pendidikan dan pengembangan diri yang meliputi soft and technical competencies selama satu tahun dari PT Astra International Tbk. Astra 1st diberikan kepada mahasiswa S1 yang masih menjalani perkuliahan di semester tiga sampai tujuh, memiliki IPK minimal 3.00, aktif mengikuti kegiatan organisasi, terdaftar di perguruan tinggi di Pulau Jawa dan tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan/institusi lain.

“Astra memiliki komitmen yang kuat dalam bidang pendidikan, karena Astra meyakini bahwa pendidikan merupakan jembatan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Program pendidikan Astra 1st merupakan salah satu wujud komitmen Astra yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang unggul dan berprestasi untuk mengembangkan diri melalui fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan di Grup Astra,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Social Project sebagai Perpanjangan Tangan

Melalui program Astra 1st, para mahasiswa diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan Astra untuk memberikan kontribusi lebih kepada komunitas serta lingkungan di sekitarnya melalui social & business project dalam rangkaian program.

Social Project tersebut juga merupakan salah satu kegiatan yang mendukung empat pilar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Astra, yakni di bidang pendidikan, lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan kesehatan.

“Dengan menjadi bagian dari program Astra 1st, diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan hard-skill dan soft-skill dan tentu saja memahami dunia kerja, khususnya di Grup Astra,” terang Chief of Corporate Human Capital Development Aloysius Budi Santoso.

“Astra 1st tidak hanya memberikan beasiswa berupa uang tunai saja, tetapi juga memberi pengembangan lewat pelatihan dan project. Dengan menjadi bagian dari Astra 1st, saya bisa mengetahui Astra lebih dalam serta belajar bagaimana mengelola perusahaan besar. Menurut saya, Astra 1st merupakan program pendidikan pilihan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia, baik yang berasal dari universitas negeri maupun swasta,” terang Wimala Puspa E., seorang mahasiswa Teknik Industri Universitas Indonesia penerima Astra 1st.

Rangkaian program Astra 1st akan berlangsung selama setahun dengan kegiatan yang terdiri dari Astra Workshop Program, Social dan Business Project serta Final Review. Selain itu, para mahasiswa penerima Astra 1st juga akan mendapatkan pembekalan berupa:

  1. Individual Development Plan: program pengembangan diri dengan pendampingan mentor dari Grup Astra.
  2. Pengenalan lini bisnis dan nilai-nilai Astra.
  3. Peningkatan kepemimpinan berbasis servant leadership
  4. Pengetahuan dalam pengelolaan proyek, yang meliputi: pengelolaan proyek, melakukan improvement (8 steps and 7 tools) serta komunikasi dan teknik presentasi yang efektif.

Para mahasiswa penerima Astra 1st memiliki keistimewaan yang tidak didapatkan mahasiswa lain yang tidak mengikuti Astra 1st, yaitu kesempatan untuk mendapatkan pembelajaran yang mendalam dan intensif melalui pendampingan (mentorship), pengalaman mengelola proyek (hands-on experience) serta evaluasi dan pemberian umpan balik, karena program ini tidak hanya sekadar memberikan fresh money seperti program beasiswa pada umumnya, melainkan juga memberikan pendampingan.

Saat ini ada banyak alumni Astra 1st yang telah menyelesaikan program studinya dan telah bekerja di Grup Astra, baik melalui program Management Trainee (MT) maupun Non-MT.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.”

Auto2000


 
Share this article
Tanya Tasia