plat-f-daerah-mana.jpg

Plat F Daerah Mana? Temukan Jawabannya Di Sini

Diterbitkan3 Apr 2024

Plat nomor kendaraan adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap kendaraan untuk bisa digunakan di jalanan. Plat nomor kendaraan memuat berbagai kode penting yang berguna dalam mengidentifikasi berbagai hal dari sebuah kendaraan. Salah satunya asal daerah mobil tersebut. Salah satunya adalah plat F daerah mana?


Artikel ini akan membahas informasi seputar plat F yang digunakan di Indonesia. Seperti daerah asal dari kendaraan yang menggunakannya. Selanjutnya ada juga informasi mengenai peraturan lalu lintas di Indonesia mengenai plat mobil. Simak informasi ini hanya di Auto2000.


Selain itu, bagi AutoFamily yang berencana membeli mobil juga dapat Anda lakukan di Auto2000. Yuk, baca artikel Auto2000 mengenai tips membeli mobil bekas di sini.


Cara Membaca Kode Plat Nomor Kendaraan

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), atau sering disebut sebagai plat nomor kendaraan di Indonesia, adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas dari sebuah kendaraan bermotor.


Setiap kendaraan bermotor yang ada di Indonesia pasti memiliki kode plat nomor yang unik agar dapat dibedakan dengan jelas. Karena itu, tentu saja penulisan dan penentuan kode plat nomor sebuah kendaraan bermotor tidak boleh sembarangan.


Sebelum mencari tahu asal daerah yang menggunakan kode plat nomor F, mari cari tahu dulu cara membaca plat nomor kendaraan dan arti kodenya.


1. Huruf Awal

Biasanya, terdapat satu atau dua huruf di awal setiap plat nomor kendaraan di Indonesia. Huruf awal ini merupakan kode nama daerah atau provinsi asal kendaran tersebut.

Namun, khusus kendaraan dinas bukan berupa huruf melainkan lambang instansi sesuai asal kendaraan tersebut.


2. Angka Nomor Polisi

Selanjutnya akan ada beberapa angka yang tertera di kode plat nomor kendaraan. Angka-angka ini diberikan pada saat melakukan pendaftaran kendaraan bermotor sesuai urutannya.

Angka ini juga merupakan tanda untuk mengenali jenis kendaraan tersebut.


3. Arti Huruf Setelah Angka Nomor Polisi

Terakhir, akan ada beberapa huruf lagi setelah angka nomor polisi. Huruf-huruf kode plat kendaraan ini mengacu kepada daerah atau wilayah kendaraan tersebut terdaftar. Daerah yang dimaksud di sini lebih spesifik, misalnya kabupaten atau kota.


Apa itu Plat F?

Plat F adalah kode plat nomor kendaraan bermotor yang digunakan di Indonesia. Plat nomor kendaraan memiliki fungsi sebagai identitas kendaraan dan memberikan informasi bahwa kendaraan tersebut telah mendapatkan izin untuk digunakan di jalan raya. Plat F digunakan di daerah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.


Untuk AutoFamily yang ingin membeli mobil baru, maka temukan informasinya di Auto2000 Digiroom. Contohnya seperti Toyota Voxy. Mobil MPV dengan fitur kenyamanan dan nuansa elegan siap menemani perjalanan Anda dengan maksimal.


Daftar Kode Plat Nomor F dengan Daerah Asalnya

Plat nomor kendaraan terdiri dari tiga kode bagian yang berisi informasi kendaraan, yaitu kode huruf depan menunjukkan wilayah, kode angka, dan kode huruf belakang menunjukkan asal kota/kab kendaraan. Berikut adalah penjelasan tentang daerah-daerah yang menggunakan Plat F di Indonesia.


Plat F Bogor

Plat Kota Bogor memiliki ciri-ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “A/B/C/D/E”. Contohnya adalah F 1234 AB.


Baca Juga: Explore Wisata di Bogor Yuk! Ini Rekomendasi Mobilnya


Plat F Sukabumi

Plat Kota Sukabumi memiliki ciri-ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “S/T”. Contohnya adalah F 5678 ST.


Plat F Cianjur

Plat Kabupaten Cianjur memiliki ciri-ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “W/X/Y/Z"”. Contohnya adalah F 9012 WZ.


TEMUKAN LAYANAN SERVIS YANG ANDA BUTUHKAN HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


Plat F Kab. Bogor

Plat Kabupaten Bogor akan menggunakan kode huruf “F” di bagian depan menandakan Provinsinya, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “F/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/R"”. Contohnya adalah F 3456 FR.


Plat F Kab. Sukabumi

Kabupaten Sukabumi adalah daerah yang akan menggunakan plat nomor kendaraan dengan kode huruf “F” di bagian depan menandakan Provinsinya, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “Q/U/V"". Contohnya adalah F 7890 QV.