pindah-gigi-mobil-matic-di-tanjakan.jpg

4 Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan Bagi Pemula

Diterbitkan27 Sep 2022

Apakah AutoFamily sudah mahir mengendarai mobil matic? Jika dibandingkan dengan mobil manual, cara mengendarai mobil transmisi matik memang terlihat lebih sederhana. Bahkan cara pindah gigi mobil matic di tanjakan pun juga lebih mudah.


Pada saat tanjakan, AutoFamily yang menggunakan mobil manual perlu menyeimbangkan gas dan kopling agar mobil tidak "merosot" ke belakang serta mesin tidak mati. Lalu, bagaimana dengan mobil matik? Mari simak cara pindah gigi mobil matic di tanjakan dalam artikel Auto2000 di bawah ini.


Mengenal Arti Kode pada Mobil Transmisi Matic


Mengendarai mobil matic memang terbilang lebih mudah ketimbang dengan mengendarai mobil transmisi manual, terutama karena hanya terdapat pedal rem dan gas. Jadi pengemudi tidak perlu kebingungan saat ingin mengerem atau maju, langsung saja menginjak pedal rem dan pedal gas.


Tetapi, pengendara tetap harus memahami berbagai kode yang terletak pada tuas transmisi matik, yakni P-R-N-D-3-2-L. Memahami setiap tuas yang ada akan memudahkan Anda untuk memindahkan gigi baik di jalanan rata maupun tanjakan.


Oleh karena itu mari pelajari arti dari masing-masing kode gigi pada mobil matic. Berikut ini adalah penjelasannya. Kode dan artinya bisa saja terdapat perbedaan pada beberapa transmisi mobil matic Toyota.


1. P (Parking)


P atau Parking berfungsi untuk mengunci roda mobil. Sesuai namanya kode transmisi P mengunci mobil agar tidak bisa bergerak dengan cara memutuskan hubungan putaran mesin ke roda. Tetapi di gigi P, posisi roda masih bisa disesuaikan.


2. R (Reverse)


R atau Reverse berfungsi untuk memundurkan kendaraan. Anda bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi R saat ingin memarkirkan kendaraan.


3. N (Neutral)


Posisi N atau Neutral sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan posisi P, di mana hubungan mesin dan roda terputus agar mobil diam di tempat. Tetapi, pada posisi N, roda mobil tidak terkunci sehingga masih bisa didorong.


Baca juga: Inilah Fungsi Tombol Persneling Mobil Matic


4. D (Drive)


Gigi D atau Drive biasanya digunakan untuk menggerakkan mobil di jalan yang datar. Posisi D tidak bisa digunakan untuk melewati tanjakan, terutama jika jalanannya membentuk tanjakan curam. Jadi, pastikan untuk memindahkan gigi mobil matic Anda dari gigi D sebelum melalui tanjakan.


5. Angka 2 dan 3


Angka 2 dan 3 pada tuas transmisi otomatis melambangkan kontrol manual kecepatan. Angka 3 atau D3 membatasi mesin untuk tiga gigi saja. Sedangkan 2 memerintahkan transmisi untuk bertahan di gigi 2.


Umumnya, kode 2 digunakan saat mobil melewati tanjakan yang tidak terlalu curam dan membutuhkan engine brake saat melalui jalan menurun.


6. L (Low)


L atau Low diartikan sebagai low speed atau kecepatan rendah. Posisi L memerintahkan mesin mobil untuk menggunakan gigi rendah atau gigi 1 saja.


Transmisi inilah yang sangat tepat digunakan saat hendak melalui tanjakan curam dan panjang. Penggunaan transmisi satu ini sangat penting karena menjaga mesin untuk tidak mudah mengalami loss power saat menanjak.


Baca juga: 3 Perbedaan Veloz dan Avanza, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?


Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan


Setelah memahami berbagai perbedaan kode pada tuas transmisi otomatis, sekarang Anda sudah siap untuk mempelajari cara memindahkan gigi mobil matic di jalan menanjak. Berikut ini adalah penjelasannya.


1. Pindah Posisi Tuas dari Persneling D


Untuk menanjak, kendaraan perlu kekuatan torsi yang lebih tinggi. Jika Anda tidak mendapatkan momentum atau ancang-ancang yang tepat sebelum menanjak maka loss power atau kehilangan daya dapat terjadi. Alih-alih makin melaju ke depan dengan kekuatan yang lebih tinggi, keadaan loss power akan membuat mobil jadi kehilangan tenaga untuk menanjak.


DAPATKAN MOBIL KELUARGA INDONESIA TOYOTA VELOZ DI AUTO2000


Transmisi D membuat mesin berputar secara otomatis sehingga sistemnya membaca bahwa torsi mobil Anda sudah maksimal. Jadi saat ingin menanjak sebaiknya Anda menghindari penggunaan transmisi ini. Gunakanlah transmisi L atau D1 saat mobil matic di tanjakan yang curam. Bisa juga menggunakan D2 untuk tanjakan yang tidak terlalu tajam.


2. Injak Pedal Gas Secara Tepat


Sama halnya dengan transmisi gigi D, menginjak gas tanpa persiapan ketika ingin menanjak hanya akan membuat mobil Anda kehilangan tenaga. Saat menanjak, Anda bisa melakukan kick down atau menginjak pedal gas secara dalam untuk mendapat tenaga yang lebih optimal.

Itu sebabnya sangat penting untuk menyesuaikan perpindahan gigi dengan kondisi kemiringan jalanan yang dilalui.


Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil yang Wajib Diketahui Pemula


3. Sesuaikan Posisi Transmisi dengan Kondisi Jalan


Posisi D1 pada mobil matic sama artinya dengan gigi 1 di mobil manual. Untuk tanjakan yang curam, Anda bisa menggunakan transmisi D1. Tetapi, jika transmisi mobil Anda sudah tidak ada D1, Anda bisa pindah gigi mobil matic ke D2.


4. Tidak Injak Rem Saat Memindahkan Tuas


Saat ingin memindahkan tuas, Anda tidak perlu menginjak rem. Anda hanya perlu melepaskan pedal gas sehingga dapat langsung memindahkan tuas ke posisi gigi yang diperlukan. Perlu diingat bahwa perpindahan transmisi itu pun harus bertahap. Jika dari D, maka Anda bisa memindahkannya ke D1 atau L.


Injak pedal gas kembali saat sudah memindahkan transmisi. Rem hanya perlu digunakan saat ingin berhenti, seperti dalam keadaan macet. Jika ternyata Anda terjebak macet, pindahkan saja tuas ke posisi gigi Netral. Kemudian Anda bisa juga menarik rem tangan jika diperlukan.


Baca juga: 7 Kesalahan Mengendarai Mobil Matic yang Harus Dihindari

Informasi ini disajikan untuk AutoFamily yang membutuhkan panduan cara pindah gigi mobil matic di tanjakan. Tetapi mempelajarinya saja tidak cukup. Anda perlu melakukan latihan secara rutin dengan ahlinya agar mengendarai mobil matic makin mahir.


Hindari mengendarai mobil tanpa keahlian atau tanpa membawa surat-surat resmi, seperti SIM dan STNK. Hal ini bukan semata-mata hanya mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku tetapi demi keselamatan diri Anda sendiri dan penumpang.


Mengendarai mobil matic memang lebih mudah daripada mobil manual, namun bukan berarti AutoFamily menjadi tidak waspada. Justru sikap siap dan tetap berhati-hati perlu selalu ada ketika Anda berkendara di jalanan.


Sering jalan-jalan dengan keluarga tercinta? Jangan sampai mobil lemah di tanjakan yang curam. Yukk, simak rekomendasi jenis mobil keluarga yang kuat di tanjakan dari Auto2000!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.