LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pernah Alami Kebocoran Oli Pada Kendaraan Anda Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kebocoran oli merupakan salah satu masalah yang bisa saja terjadi kepada Anda dan jikalau itu terjadi, mungkin itu merupakan hari yang kurang beruntung bagi Anda.  Bagaimana tidak, saat Anda yang sedang melakukan perjalanan ke tujuan tiba-tiba harus mengalami kebocoran oli pada mesin kendaraan, atau yang biasanya dibilang sebagai oli merembes. Oli bocor juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika dibiarkan bisa saja akan menimbulkan resiko munculnya kebakaran pada mesin.

Kebocoran atau oli yang merembes memang menyebalkan karena titik kebocoran oli yang ada dikendaraan Anda biasanya muncul bukan hanya di satu tempat di mesin mobil. Dari satu titik kecil kemudian secara perlahan bertambah banyak dan bisa menjadi masalah besar bagi kendaraan Anda. Karena oli yang merembes tersebut akan membuat volume oli menjadi habis dan tentu saja kendaraan  tidak akan bisa bekerja tanpa oli. Lalu, penyebab oli bocor?

  • Kerusakan atau aus pada filter oli

Filter oli yang tidak diganti pada waktu yang lama dapat menjadi kotor, bergeser dan bahkan rusak. Hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan kebocoran oli. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel bersamaan dengan servis rutin. Tanyakan pada mekanik bengkel Toyota untuk melakukan pemeriksaan pada filter oli.

  • Tutup oli pada mesin yang tidak rapat atau hilang

Jika Anda kurang teliti dan teledor pada saat mengganti oli, bisa saja kap atau tutup filler oli yang menjadi penyebab bocornya oli. Ketika kap atau tutup filler oli tidak tertutup dengan rapat atau bahkan hilang, oli bisa saja keluar setiap mobil Anda melewati polisi tidur atau lobang di jalan. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu ingat untuk mengecek apabila kap atau tutup filler oli sudah tertutup dengan rapat dan tidak hilang, setiap Anda melakukan penggantian oli.

  • Baut oli yang longgar, geser atau rusak

Oli adalah cairan. Dan seperti yang Anda ketahui cairan bisa keluar dari lubang sekecil apapun, sehingga jika ada kelonggaran pada baut sedikit saja bisa jadi penyebab kebocoran oli. Baut oli yang sudah termakan usia memang bisa bergeser dan menjadi longgar, jadi Anda perlu perhatikan untuk selalu mengecek dan mengganti baut oli secara berkala untuk mencegah kebocoran pada oli.

  • Bak oli yang rusak

Bak oli bisa saja rusak jika terkena batu atau benda lainnya yang mengakibatkan bengkok pada bak oli. Bengkoknya bak oli dapat membuat penutupnya menjadi longgar bahkan rusak, sehingga kebocoran oli mungkin saja terjadi. Untuk mencegahnya, Anda bisa lebih bijak dalam memilih perjalanan Anda untuk tidak melewati tempat-tempat dengan jalan atau aspal dengan kerikil dan bebatuan yang bisa merusak bak oli mobil Anda.

  • Silinder head/gasket rusak

Silinder head atau gasket yang terdapat pada mobil lama yang sudah dipakai dapat rusak dan menyebabkan bocor karena oli yang ada mengental dan menciptakan lumpur. Hal ini biasanya merupakan penyebab oli bocor yang paling umum. Kerusakan yang diciptakan bisa menyebabkan bocor kecil dan jika dibiarkan terus menerus, dapat menjadi lebih besar.

Untuk mengatasi agar tidak terjadi demikian, yang perlu Anda lakukan sebenarnya sederhana, Anda hanya cukup melakukan pengecekan dan maintenance mobil Toyota Anda secara berkala tentunya di Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia