LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mengemudi Balik ke Rumah Setelah Berlibur


Auto2000.co.id – Setelah berlibur bersama seluruh anggota keluarga, sekarang saatnya untuk pulang ke rumah dan kembali beraktivitas. Jangan lupa bawa buah tangan ya.

Meski demikian, mohon untuk tidak langsung berkendara tanpa mempersiapkan segala sesuatu. Baik untuk diri Anda sebagai pengemudi, untuk penumpang, dan untuk mobil Toyota kesayangan.

Sebenarnya yang mesti dipersiapkan tidak banyak berbeda dengan keberangkatan. Namun sebagai pengingat, ini beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama.

BACA JUGA : Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

1. Fisik pengemudi

Anda pasti sudah merasa lelah saat berkendara liburan. Belum lagi jika melakukan silaturahmi atau berwisata dengan keluarga menggunakan mobil.
Pastikan fisik dalam kondisi terbaik saat ingin melakukan perjalanan balik. Apalagi bila Anda hanya mengemudi seorang diri.

Istirahat cukup menjadi kuncinya. Dan istirahat terbaik adalah tidur pulas. So, pastikan Anda bisa tidur nyenyak sebelum berangkat pulang ke rumah.

Jangan paksakan mengemudi kalau kondisi fisik belum sepenuhnya bugar. Kondisi badan yang sudah lelah dan keinginan untuk buru-buru sampai ke rumah kadang memaksa Anda untuk mengemudi melampaui limit.
Dan itu sangat berbahaya!

BACA JUGA : Ini Yang Auto2000 Lakukan Untuk Bantu Korban Tsunami Anyer dan Lampung

Tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman energi, kopi, ataupun minuman bersoda. Memang sejenak Anda akan merasa segar, tapi itu hanya sugesti. Plus kandungan kafein justru memicu jantung untuk bekerja lebih cepat.

Perbanyak minum air putih. Siapkan pula camilan ringan sebagai teman perjalanan. Tapi jangan makanan ‘berat’ karena akan membuat Anda mengantuk.

Fungsikan teman di samping sebagai navigator yang membantu beberapa hal, seperti menyiapkan makanan dan minuman, kartu e-toll, dan teman ngobrol di perjalanan. Ia juga bisa sebagai pengingat bila Anda terlihat lelah.

2. Persiapan mobil

Sama dengan tubuh, mobil juga punya risiko mengalami kelelahan saat dipakai libur. Bedanya, obat mobil Anda bukanlah tidur, melainkan pemeriksaan beberapa aspek teknis guna menghindari risiko masalah di jalan.

BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda

Ban pegang prioritas utama untuk diperiksa. Paling mendasar adalah pengecekan tekanan angin di pagi hari saat kondisi ban masih dingin. Isi sesuai ketentuan termasuk ban cadangan.

Periksa pula kondisi fisik dinding dan telapak ban. Bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak sampai merusak anyaman kawat baja ban. Cek pula kondisi pelek.

Sedikit repot, lakukan pemeriksaan kaki-kaki dan kolong mobil. Lakukan spooring dan balancing bila terdeteksi ketidaknyamanan di sistem kemudi.

Berikutnya pindah ke ruang mesin. Cek ulang cairan-cairan penting seperti oli mesin dan transmisi, minyak rem dan kopling, minyak power steering, air wiper, dan air aki. Tambah bila kurang dan waspadai risiko adanya kebocoran.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Pastikan AC mobil dingin mengingat panasnya cuaca di siang hari. Nyalakan mesin dan perhatikan apakah ada hal aneh terdeteksi. Lihat panel instrumen apakah ada indikator yang nyala.

Perhatikan barang bawaan. Biasanya karena malas, Anda tidak mengaturnya dengan baik dan asal taruh. Ini membuat kabin jadi terlihat penuh dan tidak nyaman. Pun ketambahan oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Buat pemilik Toyota yang mau melakukan pengecekan, dapat mendatangi bengkel resmi Auto2000 terdekat. Gunakan aplikasi Auto2000 Mobile untuk panduan lokasi dan booking
​​​​service di workshop atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service.

3. Rute perjalanan

Pilihan yang paling mudah adalah melalui rute yang sama dengan yang Anda lewati ketika libur kemarin. Perhatikan apakah rute yang akan dilalui kondisinya cukup kondusif atau tidak.

BACA JUGA : Ini Sebab Anda Nyaman Berlibur Bersama Auto2000

Di sini navigator punya peran untuk terus memantau keadaan, termasuk mencari rute alternatif bila terdeteksi macet di depan. Jangan sungkan untuk bertanya pada polisi mengenai rute alternatif yang disarankan.

Usahakan untuk tidak masuk rest area karena merupakan simpul kemacetan. Isi bensin hingga full dan persiapkan logistik makanan yang memadai untuk seluruh penumpang.
Untuk Anda yang menggunakan ruas tol trans Jawa sekarang sudah jauh lebih nyaman lantaran sudah nyaris terhubung sempurna. Pun ada jembatan Kali Kuto yang instagramable itu.

​​​​​​​Satu lagi potensi bottle neck untuk warga Jakarta adalah gerbang tol (GT) Cikarang Utama. Anda bisa keluar di daerah Cikarang Timur untuk kembali masuk setelahnya. Jangan lupa isi kartu e-toll ya.

Atau kalau tidak diburu waktu, Anda bisa coba jalur pantai selatan Jawa (pansela) yang memiliki panorama apik dan bertabur lokasi wisata pantai yang asri dan keren.

Share this article
Tanya Tasia