Perawatan yang dapat dilakukan Sendiri Part 2"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Perawatan yang dapat dilakukan Sendiri Part 2

Perawatan yang dapat dilakukan Sendiri Part 2

Ganti Oli

Jika penggantian oli tidak dilakukan secara rutin, maka viscositas (kekentalan) oli akan berubah sebagai akibat dari penumpukkan kotoran dan lumpur pada mesin dan oli mesin akan berwarna hitam. Akibatnya adalah suara mesin kasar, mesin rusak atau sulit untuk melakukan starter mesin mobil. Dan apabila melakukan penambahan oli mesin tanpa melakukan penggantian, maka akan menyebabkan penurunan kinreja minyak (untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di buku manual).

Penambahan cairan pendingin pada radiator

Pemeriksaan air radiator penting untuk menghindari panas  berlebihan pada mesin (overheating). Pastikan cairan pendingin memadai berada di level antara “FULL” dan “LOW” . Periksa level cairan pendingin dalam kondisi mesin dingin dan kondisi off, jangan membuka tutup radiator pada kondisi panas.

Eksterior baterai (aki)

Pastikan terminal baterai tidak berkarat dan tidak ada sambungan yang lonngar, reta,bocor atau klem yang longgar. Fungsi baterai adalah memasok tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan untuk peangkat listrik. Jika baterai tidak diperiksa maka volume electrolyte akan menurun dan baterai tidak dapat di “charger” secara cukup, kondisi baterai memburuk, pelepasan dan kapasitas pengisian menurun. Pastiksn cairan baterai memadai (air destilasi) antara garis  “UPPER LEVEL” dan “LOWER LEVEL”

Pemeriksaan minyak pelumas

Beberapa cairandan minyak pelumas yang perlu diperiksa secara berkala dan rutin diantaranya adalah power steering, minyak rem, dan air pendingin mesin. Fungsi pelumas yaitu merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap prima. Untuk pemeriksaan oli transmisi dan oli gardanbisa dilakukan pada saat service berkala dibengkel. Perhatikan spesifikasi dari coolant dan oli yang dipergunakan pada kendaraan. (untuk lebih lengkapnya dpat dilihat pada buku manual).

(Detty Septianingrum)

Auto2000​​​​​​​

Share this article
Tanya Tasia