AC Mobil

Tidak Nyaman! Cari Tahu 6 Penyebab Selang AC Mobil Panas

Diterbitkan13 Feb 2024

Tahukah AutoFamily apa penyebab selang AC mobil panas? Masalah seperti ini jelas tidak boleh dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama. Ingatlah bahwa salah satu komponen yang mengalami aus atau rusak dapat memengaruhi kinerja komponen lainnya. 


Sebab itu penting untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel tepercaya seperti bengkel Auto2000. Didukung oleh teknisi ahli dan suku cadang berkualitas, Auto2000 hanya menyajikan layanan terbaik yang memuaskan setiap pemilik mobil yang datang. Di Auto2000, Anda juga bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai mobil baru Toyota dengan seluruh spesifikasinya. 


Bahkan ada lebih banyak informasi bermanfaat seperti dalam artikel ini yang akan memandu AutoFamily menjaga mobil kesayangan dengan lebih baik lagi. Coba kunjungi Auto2000 Digiroom dan mari lanjutkan pembahasan kita mengenai penyebab selang AC mobil panas berikut ini! 


Mengenal Komponen Selang AC Mobil dan Fungsinya

Selang AC mobil mungkin terdengar seperti komponen yang sederhana, tetapi perannya sangat vital dalam menjaga sistem pendinginan kendaraan tetap berfungsi dengan baik. Selang AC ini terdiri dari material khusus yang tahan terhadap tekanan tinggi dan suhu rendah, serta dirancang untuk menyalurkan refrigeran atau freon ke berbagai komponen utama sistem pendinginan.


Fungsinya terletak pada perannya sebagai penghubung antara komponen-komponen kunci seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan filter receiver-drier. Sebagai saluran utama refrigeran, selang AC memungkinkan perjalanan fluida refrigeran dari satu komponen ke komponen lainnya, menciptakan siklus pendinginan yang menjaga suhu udara di dalam kabin mobil tetap nyaman.


Selang AC mobil juga dirancang untuk menahan tekanan tinggi yang dihasilkan oleh perubahan wujud refrigeran dari gas ke cairan dan sebaliknya. Material khusus pada selang ini memastikan ketahanan terhadap suhu tinggi dan tekanan, sambil tetap mempertahankan fleksibilitas agar dapat menyesuaikan pergerakan komponen-komponen mobil. 


Oleh karena itu pemahaman mengenai fungsi dan peran selang AC menjadi kunci dalam menjaga sistem pendinginan kendaraan agar tetap optimal sekaligus terbebas dari masalah seperti selang AC yang panas.


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG

Penyebab Selang AC Mobil Panas

Berikut beberapa penyebab selang AC mobil panas yang perlu Anda pahami dengan baik. Pastikan Anda memperhatikan penjelasannya dengan saksama! 


1. Kerusakan Selang AC

Penyebab utama selang AC mobil yang terasa panas ialah adanya kerusakan pada selang itu sendiri. Kerusakan dapat terjadi akibat gesekan berulang, usia kendaraan yang sudah tua, atau faktor eksternal seperti batu atau pecahan jalan. Keausan dan robekan pada selang dapat menyebabkan kebocoran refrigeran yang pada gilirannya mengakibatkan suhu selang meningkat.


2. Kondisi Refrigeran Tidak Optimal

Kondisi refrigeran yang tidak sesuai dengan standar atau jumlah refrigeran yang kurang dapat memengaruhi suhu selang AC. Refrigeran yang kurang dapat menyebabkan selang bekerja lebih keras, sedangkan refrigeran yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan dalam selang. Jadi tak heran kalau keduanya dapat menyebabkan pemanasan yang tidak normal.


3. Kipas Radiator yang Tidak Berfungsi

Kipas radiator memiliki peran penting dalam menjaga suhu di bagian kondensor yang terletak di depan radiator. Jika kipas radiator tidak berfungsi dengan baik maka udara yang diperlukan untuk mendinginkan kondensor tidak cukup sehingga menyebabkan selang AC menjadi panas.


Baca juga: Panduan Lengkap Fungsi Tombol AC Mobil: Memahami Setiap Tombol untuk Kenyamanan Berkendara


4. Tekanan Refrigeran yang Tinggi atau Rendah

Tekanan refrigeran yang tidak stabil dapat menjadi penyebab panas pada selang AC. Tekanan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memengaruhi kinerja selang dan mengubah suhu normalnya.


5. Kotoran atau Debu pada Kondensor

Kondensor yang terlalu banyak tertutup oleh kotoran atau debu dapat menghambat aliran udara sehingga menyebabkan suhu selang AC meningkat. Itu sebabnya melakukan pembersihan kondensor secara berkala ke bengkel Auto2000 dapat mencegah akumulasi kotoran yang dapat memengaruhi performa AC secara keseluruhan.


6. Kerusakan pada Komponen Lain dalam Sistem Pendinginan

Selain selang AC, komponen lain dalam sistem pendinginan seperti kompresor, evaporator, atau filter receiver-drier juga dapat mengalami kerusakan. Apabila kerusakan pada komponen ini berlanjut maka suhu pada selang AC juga ikut terpengaruh. 


JADWALKAN KEDATANGAN ANDA DENGAN BOOKING SERVIS TOYOTA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROOM

Cara Mengatasi Selang AC Mobil Panas

Mengatasi selang AC mobil yang panas sebenarnya tidak sulit. Membawa mobil kesayangan ke bengkel Auto2000 jelas akan memastikan performa kendaraan optimal untuk setiap perjalanan. Ketika membawa mobil ke bengkel Auto2000, teknisi berpengalaman akan melakukan beberapa hal berikut:


1. Periksa dan Ganti Selang AC yang Rusak

Teknisi pasti akan langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan akar permasalahan yang sedang terjadi. Jika terdapat kerusakan, seperti kebocoran atau robekan, teknisi pasti akan segera mengganti selang dengan yang baru. Suku cadang yang digunakan oleh teknisi Auto2000 juga orisinal sehingga performa AC mobil Anda akan kembali seperti sediakala. 


2. Periksa dan Isi Refrigeran dengan Benar

Memastikan tingkat refrigeran pada sistem AC berada pada level yang sesuai dengan rekomendasi pabrik merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Jika tingkat refrigeran terlalu rendah maka teknisi akan mengisi refrigeran dengan benar sesuai petunjuk teknis yang ada. Hal ini dapat membantu menjaga tekanan dan suhu selang AC dalam batas yang aman.


Baca juga: Mengapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet? Ini Penyebabnya!


3. Periksa dan Perbaiki Kipas Radiator

Pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik untuk menjaga suhu kondensor tetap stabil. Jika kipas tidak beroperasi, periksa koneksi kabel dan bila perlu, gantilah kipas yang rusak. Kipas radiator yang berfungsi optimal akan membantu mendinginkan selang AC.


4. Periksa dan Atur Tekanan Refrigeran

Teknisi juga akan melakukan pemeriksaan terhadap tekanan refrigeran sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan yang stabil akan membantu selang AC bekerja dengan baik dan menghindari peningkatan suhu yang tidak normal.


5. Bersihkan Kondensor dari Kotoran atau Debu

Kemudian teknisi akan membersihkan kondensor agar semua kotoran atau debu tidak lagi menghambat aliran udara. Teknisi akan memastikan bahwa kondensor tidak terhalang sehingga udara dapat mengalir dengan baik dan mendinginkan selang AC seperti yang seharusnya.


Baca juga: 10 Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak, Mengapa Masalah Ini Muncul?


Pemeriksaan mobil yang menyeluruh tak dapat dimungkiri perlu dilakukan demi menjaga performa mesin saat berkendara. Itu sebabnya pastikan Anda membawa mobil untuk diservis berkala ke bengkel Auto2000 dengan menjadwalkannya di Auto2000 Digiroom. 


Ada baiknya Anda menghindari berbagai kemungkinan masalah yang dapat muncul akibat tidak melakukan perawatan dengan benar. Jadi pastikan Anda melakukan perawatan berkala yang tepat dengan menyerahkannya pada yang berpengalaman, yakni Auto2000 Digiroom. Anda bisa memanfaatkan semua layanan yang tersedia di sini, contohnya seperti kupon servis Toyota, test drive, promosi, body & paint, dan masih banyak lagi. 


Apa lagi yang Anda tunggu? Rasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan servis di Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.