penyebab-rpm-mobil-karburator-naik-turun.jpg

Ini 5 Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

Diterbitkan21 Okt 2020


Penyebab rpm mobil karburator naik turun harus segera diketahui penyebabnya supaya tidak berlarut-larut dan membuat kenyamanan berkendara terganggu.

Normalnya, putaran mesin mobil saat posisi idle (mesin menyala tapi mobil belum bergerak) harus stabil pada angka 7.500-8.500 rpm.

Namun, ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab rpm mobil karburator naik turun, bahkan bisa mencapai 1000 rpm. Tentu saja kondisi ini tidak dapat Anda biarkan karena akan mengganggu keamanan.

Fokus jadi terganggu karena jarum penunjuk kecepatan putaran mesin yang terus naik turun. Hal ini tentu membahayakan pengemudi yang tidak bisa memonitor putaran mesin. Oleh karena itu, segera ketahui beberapa penyebabnya berikut ini.


Mengapa rpm mobil karburator naik turun, apa penyebabnya?


1. Pilot jet/idle jet kotor


Idle jet adalah saluran output bahan bakar ke intake manifold saat mesin berada dalam rpm rendah, termasuk kondisi idle. Biasanya, saluran ini diatur dengan menggunakan sekrup idle jet.

Akan tetapi, tak jarang muncul masalah seperti sekrup idle jet yang dilonggarkan membuat rpm cenderung naik turun. Sementara, kalau sekrupnya dikencangkan, maka mesin mobil justru akan mati.

Kalau Anda mengalami kondisi tersebut, berarti idle jet kotor dan perlu dibersihkan agar tidak menjadi penyebab rpm mobil karburator naik turun.

Namun, jangan pernah membersihkan sendiri saluran idle jet ini karena banyak sekali sistem tambahan di dalamnya yang kalau tersenggol atau salah sedikit saja bisa menyebabkan masalah baru.


2. Celah pada platina terlalu lebar


Pada jenis kendaraan tipe konvensional, terkadang sistem pengapiannya masih menggunakan platina. Siste ini mengharuskan Anda rutin menyetel atau mengatur celah platinanya.

Jika tidak rajin menyetel, maka celah platina ini bakal menjadi penyebab rpm mobil karburator naik turun. Misalnya, celah yang terlalu lebar akan menyebabkan rpm cenderung naik dengan cepat. Oleh karena itu, lakukan servis berkala untuk memastikan celah platina sudah sesuai dengan standar masing-masing mobil.


3. Selang vakum karburator retak


Pada komponen karburator mobil, terdapat banyak sekali sistem, salah satunya adalah sistem untuk menambah pasokan bahan bakar ke silinder (sistem vakum).

Cara kerjanya adalah dengan menyambungkan selang dari ruang vakum karburator ke intake manifold. Ketika mesin terbebani, maka kevakuman pada intake menjadi rendah dan memicu ruang vakum karburator menambah pasokan bensin.

Akan tetapi, bila selang dalam sistem vakum ini rusak, hal tersebut bakal jadi penyebab rpm mobil karburator naik turun. Kondisi ini dikarenakan sistem vakum yang menambah pasokan bensin ke silinder sehingga rpm naik dan turun tak terkontrol. Solusinya hanya satu, yaitu mengganti selang rusak dengan yang baru.

Baca juga: Penyebab Setelan Angin Karburator Mobil Tidak Berfungsi


3. Baut pengikat intake manifold bocor


Baut pengikat intake manifold bisa jadi penyebab rpm mobil karburator naik turun. Kondisi ini terjadi karena baut bocor atau dol yang menyebabkannya kehilangan daya tekan terhadap intake manifold ke arah kepala silinder.

Akibatnya, udara bisa masuk melalui celah baut yang tidak rapat sehingga sistem vakum karburator dan advancer mengalami eror. Kalau sistem sudah eror, alhasil rpm mobil naik turun, brebet, dan mesin ngempos saat digas.


4. Selang vakum advancer retak


Vakum advancer adalah sistem tambahan pada pengapian platina yang fungsinya memajukan dan memundurkan waktu pemercikan busi sesuai beban yang diterima mesin.

Cara kerjanya adalah memanfaatkan kevakuman di dalam intake manifold. Ketika mesin terbebani, kevakuman di dalam intake manifold akan rendah dan kondisi ini dimanfaatkan vakum advancer untuk memanipulasi posisi platina sehingga keseluruhan waktu pengapian bisa berubah.

Kalau selang vakum advancer rusak, sudah pasti jadi penyebab rpm mesin karburator naik turun karena pengapian akan maju mundur meski mesin tidak terbebani.

Untuk mengatasinya, AutoFamily harus mengecek selang terlebih dahulu dan memastikan kondisinya benar-benar retak. Baru kalau sudah terbukti rusak, Anda bisa menggantinya dengan komponen baru.

Untuk mengatasi berbagai masalah penyebab rpm mobil karburator naik turun, AutoFamily harus membawa mobil Toyota ke cabang bengkel Auto2000.

Biarkan tim bengkel Auto2000 melakukan pemeriksaan sekaligus perbaikan pada komponen yang rusak. Layanan bengkel ini juga dapat Anda nikmati melalui Auto2000 Home Serviceyang datang ke rumah.

Auto2000 Digiroom saat ini menyediakan berbagai hot deals dan penawaran menarik untuk mobil baru Toyota Kijang Innova, Toyota Yaris, Toyota Fortuner 4x2 maupun Toyota Fortuner 4x4, hingga Toyota Sienta, jangan ketinggalan!

Baca juga: Perbedaan SUV dan MPV pada Mobil

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa

promo new yaris promo spontan

promo spontan promo spontan

promo spontan promo spontan

promo spontan
digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.