Penyebab cairan pendingin tumpah dari penampungan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Penyebab cairan pendingin tumpah dari penampungan

Ada masalah yang seringkali terjadi pada radiator yang menyebabkan cairan pendingin tumpah dari penampungan ( reservoir ). Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal di bawah ini:

Temperature Mesin Terlalu Tinggi

Pack silinder head atau pack kop yang bocor bisa menyebabkan temperatur mesin terlalu tinggi sehingga pengaliran air dari  radiator ke penampungan tidaklah berjalan dengan lancar. Akibat dari temperatur mesin terlalu tinggi atau bisa disebut overheating juga salah satunya akan menyebabkan komponen mesin menjadi lunak seperti piston yang terbuat dari aluminium. Sehingga, kekuatannya akan menjadi berkurang pada suhu tinggi yaitu 300 derajat celcius

Kerusakan Pada Tutup Radiator

BACA JUGA : Yuk Lebih Mengenal Kaca Spion Kendaraan Auto Family

Apabila tutup radiator rusak, terutama kerusakan yang terjadi pada releif valve. maka terjadinya kerusakan pada penutup tersebut berakibat air dari radiator akan mengalir lebih cepat ke reservoir sehingga menyebabkan penumpukan cairan pendingin di reservoir atau penampungan. Jika memang rusak, Auto Family bisa membeli kembali tutup radiatornya dengan harga yang terjangkau. Apabila tutup yang rusak ini tidak segera diganti, temperatur mesin akan sangat tinggi ( overheating ) dan hal ini yang bisa menyebabkan komponen mesin cepat aus dan lebih fatalnya mesin mati dan harus overhole mesin.

Kipas yang Tidak Bekerja

Kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik makan akan menyebabkan reservoir penuh karena mesin akan terlalu panas sehingga yang terjadi adalah resevoir akan tumpah dan air radioator akan berkurang.

Periksa Pemutar Waterpump

Jika hal tersebut terjadi, perikslah V-belt yang akan memutar water pump. Karena ada kemungkinan putus. Fungsi v-belt adalah memutar water pump mesin agar air bersirkulasi. Water pump berfungsi mengalirkan air radiator ke seluruh sistem pendingin mesin. Jika bagian ini bermasalah maka seluruh sistem pendingin akan bermasalah. Maka yang terjadi sama seperti sebelumnya yaitu overheating mesin mobil.

BACA JUGA : Mengenal Kerusakan Cat mobil dan Cara Memperbaikinya

Apabila sampai terjadi overheat pada mobil sebaiknya Auto Family hentikan nyala mesin dengan segera mobil. Hal ini akan sangat berbahaya jika dikendarai, akan banyak kerusakan yang terjadi seperti : kepala silinder yang melengkung, pendingin yang bocor, material plastik bisa meleleh, dan kerusakan mesin yang akan sangat parah tergantung dari seberapa panas yang terjadi.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000​​​​​​​

Share this article
Tanya Tasia