LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Penting! Ini Sebab Anda Wajib Pantau Kondisi Oli Mesin Usai Liburan

Auto2000.co.id – Selain interior, perawatan mobil usai menikmati liburan panjang akhir tahun juga dilakukan dengan mengecek beberapa sektor penting pada mobil.

Salah satu bagian yang penting adalah memeriksa volume dan kekentalan oli atau pelumas mesin.

Meski sebelum perjalanan sudah melakukan perawatan berkala termasuk mengganti oli, tapi hal tersebut bukan jaminan. Apalagi setelah menempuh perjalanan panjang hingga ratusan kilometer serta beragam kondisi jalan.

“Pengecekan oli pada dasarnya tidak harus saat melakukan servis berkala saja, apalagi bila mobil habis digunakan perjalanan jauh,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana.

BACA JUGA : Tidak Naik! Inilah Daftar Harga New Avanza dan New Veloz 2019

“Meskipun baru mengganti oli baru, bukan jaminan kondisinya tetap bagus, karena itu perlu pemantauan dari pemilik kendaraan,” lanjutnya.

Menurut Indah, pengecekan oli dapat dilakukan sendiri melalui alat ukur atau dipstick yang sudah menjadi perangkat standar pada setiap mobil. Alat ini berada di balik kap mesin dan berwarna kuning.

Lepaskan dipstick tersebut lalu tarik keluar, pada bagian ujung terdapat volume takaran berupa dua garis yang berada tepat di pangkal dipstick.

Bila kondisi oli berada di tengah-tengah, berada dalam kondisi normal, atau tidak ada pengurangan. Sementara bila posisi oli sudah berada di garis bawah, menandakan adanya pengurangan.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

“Kenapa perlu dicek, karena tidak jaminan bila kondisi oli itu tetap bagus meski pun baru diganti. Perjalanan jauh otomatis membuat mesin bekerja lebih lama hingga berjam-jam,” urai Indah kembali.

“Begitu juga ketika menghadapi kemacetan, meski mobil diam tapi semua komponen mesin tetap aktif bekerja yang membuat oli terus menjalankan fungsinya untuk melumasi semua bagian,” ucap Indah.

Selain mengecek takaran oli, pemilik mobil juga bisa melihat bagaimana kondisi oli setelah digunakan jalan jauh. Secara warna memang rata-rata akan berwarna gelap atau hitam.

Itu karena meski oli tersebut baru digunakan beberapa kilometer tapi bila sudah masuk ke dalam mesin, otomatis akan bercampur dengan oli sisa yang bisa mengubah warnanya.

BACA JUGA : Amazing! Ini 5 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

Sementara yang perlu diperhatikan adalah mengenai kebersihan oli tersebut. Biasanya oli yang sudah kotor akan terdapat serbuk besi, kondisi ini dilihat saat dipstcik diangkat keluar.

Kalau membingungkan, jangan ragu untuk melakukan booking service ke bengkel resmi Auto2000 untuk mendapatkan panduan profesional.

“Kalau terlihat sudah ada kotoran seperti gram-graman (serbuk besi), baiknya pemilik mobil langsung membawa kendaraan ke bengkel dan mengganti oli,” wanti Indah.

“Gram-graman tersebut merupakan bekas gesekan pada komponen mesin, mungkin juga dikarenakan sistem pelumasan yang kurang baik atau filter oli yang sudah terlalu kotor,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF