pengemudi-selama-puasa.jpg

5 Hal Penting Dilakukan Pengemudi Selama Puasa Ramadhan

Diterbitkan5 Apr 2022

Puasa di bulan suci Ramadhan tentu jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif. Salah satu aktifitas yang tetap harus berjalan sambil menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah mengemudi mobil. Yuk perhatikan 5 hal ini agar puasa 2022 selama bulan Ramadhan ini berjalan lancar walau sambil aktif mengemudi.

Apa saja 5 hal tersebut? Yuk kita bahas satu per satu, simak sampai habs, ya.

1. Tahan emosi

Sudah tertuang dalam aturannya bahwa selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan wajib untuk selalu menahan hawa nafsu, termasuk emosi. Tentu godaan dan berbagai kondisi di jalan selama mengemudi bisa menguji emosi kita.

Untuk itu tahan dan kendalikan emosi Anda selama mengemudi sambil di puasa 2022 Ramadhan ini. Jika ada manuver atau tindakan pengemudi lain yang memancing amarah, coba tarik nafas dalam-dalam dan buang perlahan lewat mulut. Lakukan sebanyak 3 kali sampai Anda merasa tenang. Gunanya, supaya suplai oksigen ke otak tetap baik jadi bisa berpikir jernih dan Anda tidak terpancing untuk melakukan tindakan balasan.

Baca juga:4 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil yang Wajib Diketahui Pemula

2. Makanan bergizi

Tentu akan sangat tidak menyenangkan dan tak nyaman jika mengemudi sambil menahan sakit perut hanya karena salah makan. Untuk itu dalam menjalankan ibadah puasa penting bagi AutoFamily dalam mengonsumsi makanan bergizi dan sehat.

Hindari makan terlalu banyak, apalagi yang pedas atau asam, ketika buka puasa kemudian setelah itu harus mengemudi. Pilih makanan yang cukup gizi dan seratnya.

3. Jaga kondisi mobil

Siapa yang mau mendapati mobil bermasalah atau bahkan mogok di siang hari yang panas dan dalam kondisi berpuasa? Tentu tidak ada yang mau. Untuk itu kondisi mobil perlu selalu dijaga agar selalu prima.

Rutinlah untuk servis berkala di bengkel Auto2000 demi memastikan mobil selalu dalam kondisi prima dan terhindar dari potensi masalah yang merepotkan. Biasanya jelang Lebaran beban bengkel Auto2000 akan tinggi, makanya segera booking servis berkala lewat Auto2000 Digiroom yang memiliki banyak promo aftersales memikat.

4. Kenali rute

Sejumlah ruas jalan terpantau mulai padat dan kerap macet di sejumlah kota. Untuk itu kenali dan pantau rute yang hendak dilalui. Anda bisa manfaatkan aplikasi digital maupun informasi berbasis sosial media untuk mendapatkan update terkini kepadatan rute yang hendak dilalui.

Jika rute tersebut terpantau macet maka Anda bisa melakukan antisipasi dengan memilih jalur-jalur alternatif. Jangan lupa terapkan selalu gaya mengemudi hemat bahan bakar dan safety driving.

5. Tetap jaga prokes

Ingat, pandemi covid-19 belumlah berakhir. Maka dalam mengemudi di kondisi puasa 2022 terapkan selalu protokol kesehatan atau yang disingkat prokes.

Kenakan selalu masker ketika keluar dari mobil, bawa selalu handsanitizer dan pastikan AutoFamily sekeluarga telah mendapatkan vaksin covid-19. Hindari lokasi yang ramai kerumunan untuk menghindari penularan virus corona.

Baca juga:7 Cara Mengendarai Mobil Manual di Belokan dengan Tepat

Itulah 5 hal yang harus diketahui dan diterapkan oleh pengemudi yang sambil menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2022. Ingat juga untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi AutoFamily yang menjalankan.

Auto2000 Digiroom

MILIKI CALYA DENGAN MUDAH DI SINI

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.