Pemeriksaan Awal Yang Bisa Dilakukan Jika Mesin Tidak Menyala"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pemeriksaan Awal Yang Bisa Dilakukan Jika Mesin Tidak Menyala

Saat hendak bepergian dengan mobil, saat di starter mesin tidak mau menyala. Wah, berabe gak sih. Sudah tampil rapi tapi mobil yang mau dipakai mesinnya tidak mau menyala. Perlu diketahui mobil tidak mau menyala karena berbagai sebab.

Periksa buku manual mobil Anda, dan bawa ke bengkel Toyota terdekat bila mungkin. Jika Anda benar-benar harus berangkat dan tidak ada mekanik di sekitar Anda, Anda bisa memeriksanya sendiri dengan cara ini.

1.      Pelajari bagaimana cara menstarter mobil dalam cuaca amat dingin. Jika mesin tidak mau hidup dan suhu di luar amat dingin, Anda perlu memompa gas sedikit, untuk menambahkan aliran bahan bakar ke dalam mesin. Tidak masalah jika mobil Anda menggunakan karburator atau injeksi.

2.      Jika motor starter tidak mau berputar saat kunci diputar, coba menjumper aki atau menggantinya. Aki yang soak adalah penyebab utama mobil tidak mau distarter. Agar mau distarter, Anda harus menjumper aki atau menggantinya dengan yang baru.

3.      Jika Anda mendengar bunyi klik-klik namun mesin tidak menyala, coba ganti alternator. Anda atau mekanik bisa melakukan ujicoba untuk menentukan apakah alternator perlu diganti.

4.      Jika aki dan altenator dalam kondisi baik, mungkin Anda perlu mengganti motor starter. Ini adalah perbaikan yang sebaiknya dilakukan oleh mekanik di Bengkel Resmi Toyota Auto2000 terdekat.

Yang perlu diperhatikan juga jika mesin tidak mau menyala, jangan terus menerus menstarternya. Jangan menstarter mesin lebih dari 1 menit dalam jangka waktu 5 menit. Motor starter perlu pendinginan sebelum mulai bekerja kembali. Jika Anda melanggarnya, motor starter akan terbakar. Motor starter adalah mesin kecil yang tugasnya memutar mesin untuk pertama kali untuk menyalakannya.

Begitu motor starter rusak, satu-satunya cara adalah menggantinya, dan ini cukup mahal. Jika mesin tidak mau menyala setelah percobaan selama 1 menit, maka segeralah hubungi Bengkel Resmi Toyota terdekat atau untuk anda yang ada di seputaran Tabanan silahkan datang ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali. Hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk informasi lebih lanjut.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia