Pantai Santolo.webp

Pesona Pantai Santolo, Banyak Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan!

Diterbitkan25 Jun 2024

Apakah AutoFamily sedang mencari destinasi wisata dengan keindahan pantai yang memikat? Jika iya, berwisata ke Pantai Santolo menjadi solusi cerdas. Terletak di Garut, Jawa Barat, Pantai Santolo memiliki pesona alam yang luar biasa indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.


Pantai Santolo bukan hanya destinasi wisata yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga dan teman, tetapi tempat yang ideal untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Apabila Anda ingin segera mengunjungi Pantai Santolo, mari simak rute perjalanan dan aktivitas seru yang ada di Pantai Santolo melalui artikel ini!


Sejarah Pantai Santolo

Sejarah Pantai Santolo cukup menarik. Dahulu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Cilauteureun. Namun, ketika bangsa Eropa mulai berdatangan, mereka mengalami kesulitan dalam mengeja kata Cilauteureun. Pelafalan ini kemudian diadopsi oleh penduduk setempat dan pada akhirnya, nama Pantai Cilauteureun pun berubah menjadi Pantai Santolo seperti yang dikenal saat ini.


Pada masa lalu, Pantai Santolo merupakan pelabuhan nelayan tradisional yang menjadi pusat aktivitas dermaga untuk mengangkut rempah dan karet menuju kapal besar di tengah laut. Pada awalnya, pantai ini lebih dikenal oleh kalangan nelayan lokal. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya informasi mengenai Pantai Santolo, pantai ini mulai dikenal luas dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Garut. 


Baca juga: 5 Mobil Keluarga Terbaik untuk Liburan dari Toyota


Bagaimana Cara Menuju Pantai Santolo?

Pantai Santolo terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini berada sekitar 90 kilometer dari pusat kota Garut dan dapat ditempuh dalam waktu 3 hingga 4 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pantai Santolo dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk mencapai pantai ini, tergantung dari titik keberangkatan Anda. 


Rute terdekat menuju Pantai Santolo adalah dari Garut Kota. Rute yang bisa ditempuh dari kawasan perkotaan Garut adalah melalui jalur Garut Kota - Bayongbong - Cikajang - Cisompet - Cibalong - Pameungpeuk. Rute ini biasanya menjadi pilihan utama karena lebih efektif dengan kondisi jalan yang cukup baik.


Selain rute utama, terdapat beberapa alternatif jalur lainnya. Rute pertama adalah via Tasikmalaya melalui jalur Cipatujah - Bangbayang - Cibalong. Jalur ini dapat menjadi pilihan jika Anda datang dari arah Tasikmalaya dan sekitarnya. Rute kedua adalah via Cianjur dan Bandung Selatan melalui jalur lintas selatan Cidora - Rancabuaya - Cikelet. Jalur ini menawarkan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan, meski membutuhkan waktu perjalanan lebih lama.


SEGERA TEMUKAN BERBAGAI TIPE DAN VARIAN MOBIL TOYOTA TERBARU DI AUTO2000 DIGIROOM

Jadwal, Harga Tiket, dan Fasilitas Pantai Santolo

Pantai Santolo sendiri terbuka 24 jam untuk para wisatawan menikmati keindahannya. Harga tiketnya juga terbilang terjangkau di angka Rp10.000. Terdapat juga tempat parkir yang cukup luas sehingga AutoFamily tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir. Biaya parkir mobil di Pantai Santolo sendiri adalah Rp5.000.


Terdapat berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata AutoFamily. Fasilitas yang dapat Anda nikmati antara lain toilet, mushola, wahana permainan banana boat, penyewaan perahu, dan warung makan. Untuk wahana banana boat, Anda harus membayar lagi Rp25.000 per orang. Jika Anda ingin menggunakan perahu untuk menikmati keindahan pantai, Anda perlu membayar antara Rp10.000 hingga Rp25.000 per orang tergantung jenis perahu.


Aktivitas Seru di Pantai Santolo

Selain menawarkan keindahan alam, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Santolo. Pantai ini menawarkan berbagai macam kegiatan yang cocok untuk berbagai kalangan dan usia, baik bersama keluarga maupun teman-teman.


Baca juga: 13 Wisata Jabodetabek yang Seru dan Menyenangkan!


1. Menikmati Wisata Kuliner yang Menggiurkan

Salah satu daya tarik utama Pantai Santolo adalah wisata kuliner yang lezat. Setelah melakukan aktivitas di Pantai Santolo, Anda dapat mencicipi berbagai hidangan laut segar yang dimasak dengan bumbu khas Garut, seperti ikan bakar, cumi goreng tepung, hingga udang saus tiram. Selain itu, Anda juga dapat menikmati hidangan khas Sunda lainnya, seperti nasi liwet dan karedok.


2. Menikmati Pemandangan yang Menakjubkan

Pantai Santolo memiliki pasir putih yang halus, air laut biru jernih, tumpukan batu karang, dan pegunungan hijau yang mengelilinginya. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga menawarkan pesona sunset dan sunrise yang memukau dan tidak boleh sampai dilewatkan. Anda dapat duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam yang menyejukkan mata dan jiwa.


3. Berkeliling Menjelajahi Pantai dengan Perahu Nelayan

Salah satu cara terbaik untuk menjelajahi keindahan Pantai Santolo adalah dengan menyewa perahu nelayan. Anda dapat berkeliling di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Perahu nelayan ini juga akan membawa Anda mendekati batu karang dan gugusan pulau kecil yang tersebar di sekitar pantai, memberikan pengalaman eksplorasi yang menarik.


4. Berenang dan Bermain Air

Apakah Anda penggemar aktivitas air? Jika iya, Pantai Santolo menawarkan kesempatan untuk berenang dan bermain air di pinggir pantai. Di sini, Anda bisa berenang di sepanjang kawasan bibir pantai yang dangkal dan tenang atau bermain dengan ombak di tepi pantai. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati dan mengikuti petunjuk keselamatan yang ada saat berenang di kawasan Pantai Santolo.


5. Bermain Banana Boat

Jika Anda mencari sensasi yang lebih menantang, cobalah untuk bermain banana boat di Pantai Santolo. Banana boat sendiri merupakan perahu karet yang ditarik oleh speed boat, memberikan sensasi seru dan menyenangkan saat Anda meluncur di atas air. Anda dapat menikmati sensasi seru menaiki banana boat sambil menikmati keindahan alam Pantai Santolo.


Baca juga: 8 Rekomendasi Wisata Sukabumi yang Menakjubkan


6. Camping di Pinggir Pantai

Untuk pengalaman liburan yang lebih dekat dengan alam, Anda dapat mencoba camping di pinggir Pantai Santolo. Mendirikan tenda di bawah langit malam yang cerah sambil mendengarkan deburan ombak akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun pastikan untuk membawa perlengkapan camping yang cukup dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku agar aktivitas camping berjalan aman.


DAPATKAN PENAWARAN DAN PROMO MOBIL TOYOTA ONLINE TERBARU DI AUTO2000 

Tips Berkunjung ke Pantai Santolo

Liburan ke Pantai Santolo adalah pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan. Namun, agar liburan Anda berjalan lancar dan terasa memuaskan, ada beberapa tip yang perlu Anda perhatikan sebelum berkunjung ke pantai ini.


1. Memperhatikan Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat merencanakan kunjungan ke Pantai Santolo adalah waktu terbaik untuk berlibur di Pantai Santolo. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Santolo adalah pada musim kemarau atau saat cuaca cerah. Pada pagi atau sore hari adalah waktu yang ideal untuk menikmati suasana pantai yang tenang, serta pemandangan matahari terbit atau terbenam yang memukau.


2. Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan Pribadi

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan dan peralatan pribadi yang dibutuhkan selama berada di Pantai Santolo. Adapun beberapa perlengkapan yang sebaiknya dibawa, seperti pakaian ganti, topi atau payung, sunblock, kacamata hitam, serta peralatan. Jika Anda berencana untuk beraktivitas di air, jangan lupa membawa perlengkapan renang dan perlengkapan keselamatan seperti pelampung.


3. Membawa Uang Tunai

Meskipun terdapat beberapa warung dan tempat makan di sekitar Pantai Santolo, tetapi fasilitas ATM mungkin tidak tersedia di area pantai. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk membeli berbagai kebutuhan selama berlibur di pantai ini. Uang tunai ini juga dapat digunakan untuk membayar biaya parkir atau biaya masuk.


4. Menjaga Kebersihan Pantai

Hal penting lainnya yang harus dilakukan saat mengunjungi Pantai Santolo adalah menjaga kebersihan pantai. Hindari membuang sampah sembarangan dan selalu cari tempat sampah yang tersedia untuk membuang sampah. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membawa kantong plastik atau kantong sampah sendiri untuk memudahkan dalam membuang sampah.


5. Menggunakan Kendaraan yang Andal

Saat melakukan perjalanan menuju Pantai Santolo, penting untuk menggunakan kendaraan yang andal dan sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan roda empat, pastikan kondisi mesin, ban, rem, dan komponen penting lainnya dalam kondisi baik dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Selain itu, siapkan juga perlengkapan darurat, seperti ban cadangan, berbagai alat perbaikan, dan segitiga pengaman.


Baca juga: 5 Pilihan Rute Wisata Bali Dengan Mobil Pribadi


Dengan demikian, Pantai Santolo menjadi destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa sekaligus berbagai aktivitas seru yang cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan teman. Terletak di Garut, Jawa Barat, Pantai Santolo mudah diakses dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Pastikan Pantai Santolo masuk dalam daftar perjalanan liburan Anda selanjutnya. 


Apabila sedang merencanakan liburan ke pantai, pertimbangkan untuk memilih kendaraan terbaik dengan ground clearance yang tinggi dan sistem pengereman yang andal untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan di berbagai kondisi jalan. Pasalnya, jalan menuju pantai bisa bervariasi, dari jalan tol yang mulus hingga medan yang sulit sehingga Anda memerlukan kendaraan yang cocok di berbagai medan dan jarak jauh.


Tak perlu bingung untuk mencari kendaraan andal untuk bepergian karena Anda bisa mendapatkan berbagai rekomendasi mobil touring terbaik Toyota melalui Auto2000. Mulai dari Toyota Vellfire hingga Fortuner, mobil touring ini sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh karena interior yang akomodatif dan fitur keselamatan yang lengkap. Selain itu, mobil touring ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang baik tanpa perlu khawatir kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. 


Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk melihat koleksi lengkap mobil touring Toyota!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi. 

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.