LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Panduan Mengganti Oli Matik untuk Mobil Toyota

 

Auto2000.co.id – Mobil bertransmisi matik butuh oli matik. Fungsinya untuk melumasi pergerakan komponen transmisi, dan secara periodik harus diganti seperti pelumas pada umumnya.

Terkadang masih banyak yang tidak peduli dengan penggantian oli matik. Atau karena waktunya lebih lama dari mengganti oli mesin, kadang pemilik mobil menjadi lupa.

Padahal sebaiknya jangan sampai lupa, karena akan mempengaruhi kinerja dari transmisi otomatis tersebut.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong mengatakan, penggantian oli matik memang berbeda dari oli mesin. Jika pelumas mesin diganti setiap 10.000 km, oli transmisi matik wajib diganti setiap 80.000 km.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

“Waktu penggantiannya lebih panjang, itu pun jika tidak mengalami masalah di luar, seperti terendam banjir dan lain sebagainya,” tutur Deni belum lama ini di Jakarta.

Deni melanjutkan, jika tidak ada masalah artinya setiap kelipatan 80.000 km pemilik mobil wajib mengganti. Jika lupa atau sampai tidak diganti, maka performa dari matik itu sendiri menjadi tidak maksimal.

Apalagi jenis matik CVT yang membutuhkan pelumasan yang benar-benar bagus. Dan untuk transmisi jenis ini butuh oli matik yang berbeda dari transmisi matik konvensional.

“Efeknya akan merugikan konsumen, jadi sebaiknya rutin mengganti oli matik. Apabila servis berkala di Auto2000, maka akan selalu diingatkan oleh teknisi, sehingga tidak akan lupa dan performa transmisi tetap prima,” tutur Deni.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat

Pemilihan jenis oli matik juga tidak boleh sembarangan, atau harus disesuaikan dengan jenis dan model mobil.

Paling penting direkomendasikan menggunakan oli yang diproduksi oleh produsen otomotif tersebut, karena secara spesifikasi disesuaikan dengan karakter matik yang diproduksi.

“Terkadang kalau pakai oli matik yang lain, ada yang tidak sesuai dengan spesifikasi, kami di Auto2000 memiliki beberapa rekomendasi oli matik untuk konsumen, yang tidak akan merugikan konsumen pemilik mobil Toyota,” ungkap Deni.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia