LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pahami Perbedaan Transmisi Matik Biasa dengan CVT

 

Auto2000.co.id – Transmisi otomatis pada mobil terdiri dari dua jenis, yaitu matik biasa atau konvensional, dan continous variable transmission (CVT). Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Kali ini, yang akan dibahas mengenai perbedaan antara matik konvesional dengan CVT. Terutama dari sistem atau mekanikal kerja.

Menurut Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, dari komponen kurang lebih sama antara matik konvesional dengan CVT. Tetapi jika dilihat dari cara kerja antar keduanya jelas memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

BACA JUGA : Demi Kenyamanan, Mohon Tidak Melakukan 6 Hal Ini di Cabang Auto2000

Deni menjelaskan apabila pada matik konvensional perpindahan transmisi digerakkan oleh seperangkat planetary gear set yang menghasilkan rasio gigi yang berbeda.

Sementara pada CVT, proses perpindahan transmisi dihasilkan oleh perubahan diameter puli karena gaya sentrifugal.

“Perbedaan yang paling mendasar mengenai cara kerja dari keduanya saja. Sudah bisa dibedakan mana yang matik konvesional dan CVT,” kata Deni belum lama ini di Jakarta.

Selanjutnya, untuk transmisi jenis CVT dijelaskan oleh Deni, digerakkan oleh dua buah puli yang terhubung oleh sabuk baja atau belt. Keberadaan sabuk baja ini yang membuat akselerasi pada matic CVT terasa halus dan tanpa entakan.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

“Sebenarnya kalau untuk hasil dan perawatan plus-minus. Tetapi sekarang ini lebih banyak mobil matik yang sudah menggunakan atau mengadopsi matik jenis CVT,” ungkap Deni.

Khusus pengguna mobil Toyota, apabila mengalami masalah pada transmisi matik bisa langsung datang ke bengkel resmi Auto2000 terdekat. Sebab, seluruh teknisi sudah diberikan pelatihan mengenai segala hal yang sifatnya teknis.

“Jadi kalau ada yang bermasalah pada matik atau CVT langsung saja dibawa ke bengkel resmi Auto2000, karena akan langsung ditangani dan dijamin konsumen merasa puas dengan pelayanan yang telah kami berikan,” ujar Deni.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia