oleholehkhaskarawang.webp

12 Oleh-Oleh Khas Karawang, Lengkap dari Makanan, Minuman, Hingga Kerajinan Tangan

Diterbitkan28 Mei 2024

Selain menjadi salah satu pusat industri terbesar di Indonesia, Karawang menyimpan berbagai kekayaan kuliner dan kerajinan tangan yang dapat AutoFamily bawa pulang sebagai oleh-oleh. Dari kue-kue tradisional, camilan, hingga kerajinan tangan, oleh-oleh khas Karawang ini menyuguhkan berbagai pilihan yang siap memanjakan lidah dan membawa pulang kenangan indah.


Setiap oleh-oleh memiliki cita rasa dan keunikannya sendiri, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Karawang yang kental. Agar Anda tidak bingung akan membeli apa saat di pusat oleh-oleh Karawang, mari simak sejumlah oleh-oleh khas Karawang yang wajib Anda beli untuk keluarga dan kerabat di rumah.


Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Karawang yang Wajib Dibeli

Saat berkunjung ke Karawang, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Karawang untuk keluarga dan kerabat. Sebagai solusi, mari simak sejumlah rekomendasi oleh-oleh khas Karawang yang wajib Anda coba.


Baca Juga: 15 Tempat Wisata Karawang yang Lagi Hits Tahun 2024


1. Bolu Kijing

Bolu Kijing merupakan kue tradisional yang sangat populer di Karawang. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula kelapa. Rasanya yang manis legit dan teksturnya yang lembut di mulut akan membuat Anda ingin terus memakannya. 


Bentuknya yang unik menyerupai kijing atau kerang menjadi daya tarik tersendiri. Bolu kijing sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan dinikmati sebagai camilan. Bolu Kijing biasanya dijual dalam kemasan yang menarik dan praktis sehingga mudah dibawa pulang.


2. Dodong Hideung Ketan

Dodong hideung ketan merupakan rekomendasi oleh-oleh khas Karawang berikutnya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah secara khusus. Dodol hideung ketan memiliki tekstur yang kenyal dan aroma yang khas sehingga membuatnya begitu menggugah selera.


Dodol hideung ketan menyuguhkan paduan cita rasa yang sempurna antara manis dan gurih di setiap gigitannya. Keunikan rasa dan teksturnya menjadikannya pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh atau sebagai hidangan penutup di berbagai acara.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


3. Gandasturi

Gandasturi adalah kue tradisional yang terbuat dari kacang hijau. Kacang hijau ini dihaluskan dan dibentuk bulat pipih, lalu digoreng bersama dengan tepung terigu hingga renyah. Kue ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang unik, serta memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

 

Gandasturi sering kali menjadi camilan favorit di sore hari, terutama saat dinikmati bersama teh atau kopi. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, kue gandasturi juga sering disajikan dalam acara-acara adat dan perayaan tertentu. 


Baca Juga: Kumpulan Rest Area Karawang dan Fasilitasnya


4. Kerupuk Gendar

Kerupuk gendar adalah salah satu oleh-oleh khas Karawang yang patut dicoba dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Camilan ini terbuat dari campuran tepung kanji dan irisan bawang putih sehingga memberikan rasa yang khas dan menggoda selera.


Rasa kerupuk gendar sangatlah gurih dengan tambahan cita rasa bawang putih. Ini menjadikan kerupuk gendar cocok sebagai pendamping makan siang atau malam. Kelezatan dan kerenyahan kerupuk gendar membuatnya menjadi pilihan favorit bagi wisatawan maupun penduduk setempat. Apabila ingin membawa pulang kerupuk gendar sebagai oleh-oleh, Anda disarankan membeli varian mentah sehingga lebih tahan lama dibawa perjalanan jauh.


5. Gonjing

Rekomendasi oleh-oleh khas Karawang selanjutnya adalah gonjing. Meskipun memiliki kemiripan dengan beberapa jajanan tradisional lainnya, seperti bandros, kue pancong, atau pukis, tetapi gonjing memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik dan istimewa.


Kue gonjing memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dengan cita rasa yang manis gurih. Hal ini disebabkan adanya parutan kelapa asli dan santan sebagai bahan utamanya. Untuk mendapatkan Gonjing, Anda tidak perlu repot mencarinya karena kue ini banyak tersedia di pasar tradisional atau dapat dibeli dari pedagang keliling.


6. Sirup Olahan Buah Kawista

Selain makanan khas, Karawang juga terkenal dengan olahan minumannya yang menggugah selera, yaitu sirup hasil olahan buah kawista. Buah kawista sendiri memiliki rasa sedikit asam, kemudian diolah menjadi sirup dengan tambahan madu, menciptakan kombinasi rasa yang unik dan menyegarkan.


Selain enak untuk dinikmati, sirup buah kawista juga memiliki manfaat kesehatan, seperti menangkal radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, dan menjaga kesehatan pencernaan. Untuk mendapatkan sirup kawista ini, Anda dapat menemukannya dalam kemasan botol praktis di berbagai pusat oleh-oleh khas Karawang. 


7. Kue Semprong

Kue semprong adalah kue kering tradisional yang memiliki bentuk seperti tabung atau gulungan. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras, telur, dan gula yang dipanggang hingga kering dan renyah.

 

Rasa manis kue semprong yang ringan dan teksturnya yang renyah membuat kue ini sangat digemari sebagai camilan ataupun hidangan saat hari raya. Kue Semprong sering kali dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh karena tahan lama untuk perjalanan jauh dan mudah dibawa.


TEMUKAN DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT MELALUI AUTO2000 DIGIROOM! 


8. Telur Asin Batik

Telur asin batik merupakan telur asin khas Karawang yang dibalut dengan gambar batik di bagian kulitnya. Proses pembuatannya sama dengan telur asin biasa, tetapi dengan tambahan teknik pemberian motif batik menggunakan pewarna alami. 


Selain tampilannya yang unik dan menarik, telur asin batik ini juga memiliki rasa yang gurih dan lezat. Telur asin ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena keunikannya dan ketahanannya yang cukup lama.


9. Rengginang Ketan

Rengginang ketan adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dibumbui, dijemur, lalu digoreng hingga kering. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang khas sehingga tak heran jika banyak dijadikan sebagai oleh-oleh.


Rengginang ketan biasanya disajikan sebagai camilan atau pelengkap hidangan utama. Makanan ini sering dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena dapat bertahan lama. Rengginang ketan biasanya dijual dalam kemasan plastik dan mudah dijumpai di pusat oleh-oleh khas Karawang.


10. Batik Khas Karawang

Selain makanan dan minuman, Anda juga bisa membawa pulang batik khas Karawang. Batik khas Karawang merupakan salah satu produk budaya yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Karawang. Menariknya, pemerintah setempat terus mengembangkan batik khas Karawang ini agar dikenal luas melalui program pelatihan perajin batik. 


Baca Juga: Plat T Daerah Mana? Temukan Informasinya Di Sini


Adapun beberapa motif batik khas Karawang, seperti motif citarum, panen raya, pare sagedeng, dan cigentis. Batik ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti kain, pakaian, hingga aksesoris. Membawa pulang batik khas Karawang dapat menjadi pilihan tepat untuk kenang-kenangan yang indah.


11. Berbagai Hasil Kerajinan 

Karawang dikenal dengan hasil kerajinan tangan yang beragam dan berkualitas tinggi. Kerajinan ini diproduksi oleh banyak UMKM setempat dan menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan dasarnya. 


Adapun beberapa jenis kerajinan khas Karawang yang dapat Anda temukan, seperti kerajinan anyaman bambu, kerajinan berbahan dasar kayu, kerajinan tas dan jaket, hingga kerajinan bordir. Anda dapat menemukan hasil kerajinan yang beragam ini di berbagai tempat, seperti pasar tradisional hingga toko suvenir.

12. Aneka Keripik Renyah

Rekomendasi oleh-oleh terakhir adalah aneka keripik renyah, seperti keripik pisang dan keripik ubi. Camilan ini dibuat dengan mengiris tipis pisang atau ubi, kemudian digoreng hingga kering sehingga menghasilkan rasa manis alami dengan tekstur renyah.


Keripik pisang dan keripik ubi sangat digemari karena rasanya yang manis gurih yang lezat dan praktis untuk dinikmati kapan saja. Oleh karena itu, tak heran jika keripik ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit karena mudah dibawa dan tahan lama.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih oleh-oleh khas Karawang. Mulai dari kue tradisional seperti bolu kijing dan dodong hideung ketan, sirup olahan buah kawista, hingga kerajinan tangan batik khas Karawang, sejumlah oleh-oleh ini dapat menjadi oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan atau buah tangan bagi keluarga dan teman. 


Apabila Anda ingin mengajak seluruh keluarga untuk mencicipi oleh-oleh khas Karawang di daerahnya langsung, pastikan untuk menggunakan jenis mobil untuk keluarga besar. Kendaraan ini dirancang khusus dengan kapasitas tempat duduk dan ruang bagasi yang memadai untuk semua anggota keluarga, serta barang bawaan.


Anda tak perlu bingung mencari kendaraan yang cukup membawa seluruh keluarga besar karena Toyota memiliki semua yang Anda butuhkan. Mulai dari SUV dengan interior yang akomodatif, MPV yang dapat menampung hingga 11 orang, dan minibus yang memiliki kapasitas hingga 15 penumpang, sejumlah mobil Toyota ini dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan fleksibilitas bagi perjalanan keluarga Anda.


Jadi, apa pun kebutuhan kendaraan Anda, langsung kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi detail mengenai kendaraan keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi. 

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.