Nyaman dan Aman, Begini Cara Benar Pakai Mobil Transmisi Matik"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Nyaman dan Aman, Begini Cara Benar Pakai Mobil Transmisi Matik


Auto2000.co.id – Menggunakan mobil dengan transmisi otomatis alais matik memang memudahkan,  apalagi setiap hari beraktivitas menggunakan mobil dan selalu melewati jalan yang macet.
​​​​​​​
Secara pengoperasian pun cukup mudah,  pengemudi hanya mengatur momen menginjak pedal gas dan rem saja sesuai dengan kondisi jalan.

Tapi, jangan terlena dengan suasana itu. Perlu diingat ada pantangan yang harus dihindari oleh para pengguna mobil matik. Sebab, jika tidak akan mempengaruhi kinerja atau daya tahan mobil matik itu sendiri.

Seperti dijelaskan oleh Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, ketika berhenti di lampu merah atau di jalan yang macet sebaiknya tuas perseneling dipindahkan dari posisi D ke N, dan jangan lupa untuk menginjak pedal rem.

BACA JUGA : Ini Yang Auto2000 Lakukan Untuk Bantu Korban Tsunami Anyer dan Lampung

“Kalau memposisikan tuas perseneling tetap dalam posisi D, maka artinya transmisi akan terus bekerja. Fluida di dalam transmisi akan terus bekerja. Kalau dipindahkan ke posisi N, tidak seperti itu,” ujar Sapta di Jakarta.

Faktor lain, apabila tetap memposisikan tuas perseneling pada posisi D ketika di lampu merah, maka bisa berakibat kendaraan berjalan apabila tidak waspada, sehingga bisa mengenai kendaraan yang ada di depannya.

“Dengan memposisikan tuas perseneling pada posisi N serta direm, maka membuat kita sebagai pengemudi juga tetap waspada, dan tentunya demi keamanan dan keselamatan bersama,” tutur Sapta.

Selain itu, apabila melintas di jalan yang menurun, sebaiknya gunakan momen engine brake dengan menurunkan tuas transmisi ke 3, 2, atau L tergantung kecepatan dan sudut turunan.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah 6 Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

Hal tersebut untuk menjaga keawetan transmisi dan membantu sistem pengereman bekerja dengan maksimal. Penggunaan engine brake akan membuat mobil tidak akan melaju kencang.

“Kalau bisa gunakan posisi L atau 2 pada saat kendaraan melewati jalan menurun, Untuk tipe yang tidak ada L atau 2, maka bisa diubah ke manual kemudian turunkan ke gigi tiga atau 2,” kata Sapta lagi.

Cara seperti ini, kata Sapta bisa diterapkan ketika pengguna mobil Toyota melakukan aktivitas atau pergi berlibur akhir tahun bersama keluarga ke suatu tempat.
Share this article
Tanya Tasia