Nomor 9 Wajib, Pastikan 9 Perlengkapan Darurat Ini Ada di Mobil Anda"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Nomor 9 Wajib, Pastikan 9 Perlengkapan Darurat Ini Ada di Mobil Anda

Auto2000.co.id – Meski sudah memastikan mobil dalam kondisi prima, namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat mengemudikan mobil.

Ini mengingat situasi dan kondisi yang terjadi saat Anda beraktivitas setiap hari sangat dinamis, mulai dari jarak tempuh hingga waktu perjalanan.

Pun di jalan, Anda akan menemui berbagai bentuk halangan, seperti jalan macet, jalan rusak, dan bentuk halangan lain yang bisa membuat mobil rusak atau bermasalah seperti pecah ban.

Perkakas standar bawaan mobil itu wajib ada. Walau begitu, tambahan lain yang juga cukup penting dibawa seperti halnya water coolant, oli mesin, dan minyak rem juga bisa Anda bawa.

BACA JUGA : Ini 5 Alasan Motivator Terkenal Merry Riana Beli Toyota Alphard di Auto2000

Di luar ban cadangan, setidaknya ada tujuh komponen atau barang yang wajib tersedia di dalam mobil. Komponen ini berguna untuk menghadapi situasi yang sifatnya darurat dalam perjalanan.

1. Dongkrak

Komponen ini hukumnya wajib ada sebagai pelengkap ban cadangan. Harusnya setiap mobil pasti sudah dilengkapi dongkrak, kunci pas untuk membuka baut ban, sampai segitiga peringatan.

2. Buku manual

Terlihat sepele karena meski ada di dalam mobil, bisa dipasatikan jarang atau bahkan sama sekali Anda belum pernah membacanya. Umumnya di simpan di laci dasbor.

Buku manual penting tetap ada di dalam mobil untuk mencari info mengenai adanya gejala tak lazim di mobil, atau informasi seputar kendaran lainnya.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

3.  Kabel jumper

Perangkat yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh saat sedang melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya komponen ini dibawa karena fungsinya sangat berguna ketika Anda mengalami mogok karena aki tekor.

4. Pengukur tekanan ban

Untuk memastikan kondisi ban memiliki tekanan udara yang sesuai, jangan lupakan untuk selalu membawa pengukur tekanan angin ban.

5. Senter

Berguna untuk penerangan saat mobil dalam kondisi darurat di malam hari. Meski terkadang bisa diakali dengan lampu dari ponsel, tapi tentunya akan lebih maksimal menggunakan penerangan dari senter.

6. Cairan kimia

Ada baiknya Anda menyediakan oli mesin cadangan, minyak rem, dan air radiator. Meski belum tentu digunakan, namun ketiganya cukup penting untuk dibawa dalam menempuh perjalanan jauh.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

7. Kotak P3K

Ini juga tidak bisa diremehkan, karena sesuai fungsinya peralatan medis sederhana ini sangat berguna untuk pertolongan pertama.

8. Perkakas teknis

Sebenarnya mobil zaman now sudah memiliki kunci-kunci untuk melakukan perbaikan ringan. Namun kunci yang disediakan sangat terbatas jumlahnya dan tidak bisa untuk pekerjaan berat. Tak ada salahnya Anda membeli perkakas yang lebih lengkap.

9.  Aplikasi Auto2000 Mobile

Di luar perangkat di atas, Anda sebagai pelanggan Auto2000 bisa memasukkan aplikasi Auto2000 Mobile ke dalam perangkat yang harus dibawa saat berkendara.

Dari menu Emergency di aplikasi ini, Anda bisa menghubungi tim Emergency Road Assistance (ERA) yang siap siaga 24 jam membantu Anda yang dalam kesulitan.

Melalui aplikasi ini Anda juga bisa booking service layanan servis berkala, baik di bengkel resmi Auto2000 atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia