Ngeri, Ini Risiko Asal Pasang Aksesori Kelistrikan Bukan di Auto2000"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ngeri, Ini Risiko Asal Pasang Aksesori Kelistrikan Bukan di Auto2000


Auto2000.co.id – Perangkat aksesoris aftermarket untuk menunjang penampilan mobil makin mudah ditemui. Pemilik mobil tak perlu repot menyambangi toko aksesori karena sudah bisa dipesan secara online.
​​​​​​​
Meski sifatnya sebagai penunjang, namun sebaiknya pemilik mobil lebih teliti dan bijak saat akan mengaplikasikan. Apalagi untuk aksesori yang berkaitan dengan sistem kelistrikan seperti klakson, alarm, lampu LED, sampai perangkat audio.

Bukan berarti semua aksesori yang dipasarkan aman untuk dipasang, apalagi mengingat statusnya sebagai produk aftermarket. Tentu saja tidak ada jaminan pasti seperti aksesori resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, penggunaan aksesori yang bersangkutan dengan instalasi kelistrikan sangat rawan saat diterapkan, apalagi bila proses pemasangan asal-asalan.

BACA JUGA : Ini Daftar Promo Servis Berkala Bengkel Auto2000 Yang Kasih Oli TMO Gratis

“Untuk aksesori kelistrikan, bila pemasangannya tidak sesuai prosedur bisa fatal,” jelas Suparna.

“Kelihatan memang sepele, seperti pasang projector HID, ganti audio, foglamp, speaker, sampai klakson, tapi kalau semua itu dikerjakan tidak benar, dampaknya justru bisa merugikan konsumen,” lanjut Suparna.

Menurut Suparna, banyak kasus pemasangan kelistrikan yang dilakukan di luar bengkel resmi Auto2000 tidak sesuai standar. Seperti menyambung kabel asal-asalan tanpa ada soket, lalu proses pengambilan daya yang tidak sesuai.

Kondisi tersebut tanpa disadari akan membuat mobil nantinya bermasalah. Mulai dari aki yang mudah tekor, kerusakan pada sistem elektrikal lain pada mobil, hingga paling fatal menyebabkan hubungan arus pendek yang bisa memicu kebakaran.

BACA JUGA : Millenial, Layanan Ini Bikin Bodi Mobil Mulus Lagi Dalam Waktu 8 Jam

Suparna menegaskan sebenarnya ubahan aksesori kelistrikan menjadi salah satu yang tidak dianjurkan oleh Auto2000. Selain karena memiliki risiko tinggi, kondisi lain bila jadi masalah seperti kebakaran hingga mengugurkan garansi mobil.

Bila sudah seperti itu, alhasil, konsumen pula yang akan dirugikan. Suparna menganjurkan agar konsumen pengguna Toyota untuk tidak asal mengaplikasi aksesori kelistrikan aftermarket.

“Karena Auto2000 kepanjangan tangan dari Toyota, kami pun tidak menganjurkan konsumen menambah aksesori yang dibeli di luar dari aksesori resmi,” tegas Suparna.

“Masalah utamanya bukan hanya pada proses pemasangan, tapi jaminan kualitas aksesori tersebut. Meski sudah dipasang sesuai standar, tapi bila material aksesorinya buruk, otomatis hasilnya tetap akan merugikan,” tutupnya.

Share this article
Tanya Tasia