LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ngegas Pakai Agya dari Surabaya ke Madura

Surabaya/Madura – Toyota melakukan perubahan drastis pada pilihan mobil LCGC miliknya Agya, dengan memberikan pilihan mesin baru VVT-i berkapasitas 1.000cc dan dual VVT-i dengan kapasitas 1.200cc.

Nah kali ini detikOto langsung ‘Nge-gas’ kedua pilihan mesin terbarunya itu. Hasilnya bisa dipastikan, cihuy! Bahkan detikOto bisa jamin, perubahan mesin ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan Agya generasi sebelumnya.

Kali ini detikOto langsung berkesempatan untuk menguji kedua mesin yang ditawarkan New Agya, yakni mesin 1.000 cc VVT-I di hari pertama dan 1.200 cc pada hari kedua di daerah Surabaya-Madura.

Siapa yang menyangka New Agya memberikan performa terbaik bahkan bisa dipastikan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Mesin 1.000 cc bertransmisi manual memberikan tenaga yang luar biasa, detikOto bisa mencapai 150 km/jam.

Lebih hebatnya meski 1.000 cc, gerungan suara mesin bahkan getaran bodi tidak terdengar dan tidak terasa sama sekali. Kenyamanan lebih sudah pasti dirasakan detikOto.

Saat beralih menggunakan mesin 1.200 cc L otomatis, kenyamanan juga dirasakan, meski masih ada jeda sedikit saat menginjak pedal gas. Tenaga dan performa juga dirasakan detikOto. Namun sayangnya saat menggunakan model ini, detikOto tidak bisa mengekplor lebih jauh. Karena memang waktu pengujian di hari kedua terbilang sempit.

Perubahan performa dan efisiensi bahan bakar pada New Agya, memang diberikan Toyota atas masukan dari konsumen setia Toyota.

“Dalam waktu 6 bulan ada early birth survey, ini buat masukan dari pelanggan dan dealer cabang. Kekuarangan dan bagaimana ke depannya untuk masukan buat improvement ke depannya. Hampir semua engine toyota ada VVT-I, yang 3 silinder fuel lebih irit, namun getarannya tidak akan terlalu berasa. Karena Engine-nya materialnya juga diubah, bagaimana bisa meredam getar mesin.,” ujar Manager Techical Service Division TAM, Didi Ahadi.

Didi melanjutkan New Agya memang dibuat lebih untuk stabilitas. Selain itu perubahan 1.000cc lama. Masih pakai kabel gas, sekarang sudah pake elektronik (drive by wire).

“Hal ini membuat mobil ini semakin smooth saat mengganti transmisi, sebelumnya kan bisa loncat, ini kita improve biar nggak agresif,” tambahnya.

detikOto pun memberikan kesimpulan dalam beberapa poin.

1. Kelebihan

– Sangat nyaman
– Desain oke
– fitur kemanan terbaik
– Berperforma tinggi
– Kedap suara
– Tidak bergetar

2. Kekurangan

– Stir kemudi sangat kecil.
– Untuk 1.200 cc, tidak ada sandaran kaki pada model matik

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia