musim hujan awal tahun 2024.webp

8 Tips Mempersiapkan Mobil untuk Menghadapi Musim Hujan Awal Tahun 2024

Diterbitkan13 Feb 2024

Menghadapi musim hujan awal tahun 2024, mempersiapkan perjalanan menggunakan mobil jadi langkah penting yang perlu AutoFamily lakukan. Salah satu tips yang dapat diimplementasikan yaitu memeriksa kondisi karet wiper dan menggantinya jika sudah aus, sehingga mampu membersihkan kaca dengan baik saat hujan deras. 


Tidak hanya itu, pastikan juga sistem kelistrikan seperti lampu dan klakson berfungsi dengan baik, serta periksa tekanan ban secara berkala untuk mencegah terjadinya aquaplaning di jalan yang basah. 


Yuk simak secara lebih lengkap, persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan di bawah ini. 


8 Tips Mempersiapkan Mobil untuk Menghadapi Musim Hujan

Menghadapi musim hujan membutuhkan persiapan khusus agar mobil tetap aman dan siap menghadapi kondisi jalan yang licin dan cuaca yang tidak menentu. Berikut beberapa tips mempersiapkan mobil untuk menghadapi musim hujan yang dapat Anda implementasikan. 


1. Periksa Kondisi Karet Wiper dan Ganti Jika Perlu

Karet wiper yang aus atau rusak dapat mengurangi efektivitas membersihkan kaca saat hujan. Pastikan untuk memeriksa kondisi karet wiper secara berkala dan menggantinya jika sudah terlihat retak atau aus. 


Mengganti karet wiper yang rusak akan membantu memastikan visibilitas yang baik saat mengemudi di bawah hujan deras, sehingga meningkatkan keselamatan Anda dan pengendara lain di jalan. Proses penggantian karet wiper dapat Anda lakukan di dealer dan bengkel Toyota Auto2000 terdekat.


2. Periksa Sistem Kelistrikan Mobil

Saat menghadapi musim hujan, sistem kelistrikan mobil seperti lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan klakson menjadi sangat penting. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik dan tidak ada yang mati atau redup. Lampu yang berfungsi dengan baik akan membantu Anda melihat dan dilihat oleh pengendara lain di jalan, sehingga meningkatkan keselamatan saat kondisi jalan basah.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

3. Periksa Tekanan dan Kondisi Ban

Tekanan dan kondisi ban sangat penting untuk keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan. Pastikan untuk memeriksa tekanan angin pada ban secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 


Ban yang kurang angin atau aus dapat mengurangi traksi dan meningkatkan risiko tergelincir atau aquaplaning saat mengemudi di jalan yang basah. Selain itu, periksa juga kondisi fisik ban untuk memastikan tidak ada retak, benjolan, atau aus yang berlebihan yang dapat mengurangi kinerja ban di bawah kondisi basah.


Baca juga: 7 Persiapan Penting Jelang Musim Hujan


4. Periksa Sistem Rem

Sistem rem yang baik sangat penting untuk menghadapi kondisi jalan basah selama musim hujan. Pastikan untuk memeriksa keausan pada kampas rem dan ketebalan pada cakram atau tromol rem. 


Rem yang aus dapat memperpanjang jarak pengereman dan mengurangi daya cengkeram, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan terutama saat berada di jalan yang licin karena hujan. Lakukan perawatan rutin dan ganti komponen yang sudah aus di bengkel Auto2000 agar sistem rem tetap berfungsi optimal.


5. Lakukan Perlindungan Terhadap Kabel dan Sistem Elektronik

Musim hujan seringkali disertai dengan genangan air di jalan, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem elektronik mobil jika tidak dilindungi dengan baik. Pastikan untuk mengecek kabel-kabel yang terpapar di bawah mobil dan pastikan tidak terendam air. Selain itu, lapisan anti-karat dan pelindung kabel dapat membantu mencegah korosi dan gangguan pada sistem elektronik mobil Anda saat musim hujan.


Baca juga: Sedang Belajar Mengemudi Mobil Saat Hujan? Simak Tipsnya di Sini!


6. Periksa Sistem Drainase

Pastikan untuk memeriksa sistem drainase mobil, termasuk saluran air di bawah kap mesin dan di sekitar sunroof (jika ada). Sistem drainase yang tersumbat dapat menyebabkan air menggenang di dalam mobil, menyebabkan kerusakan pada interior dan meningkatkan risiko korosi pada bagian bawah mobil. Bersihkan saluran air secara teratur dan pastikan bebas dari kotoran atau tumpukan daun.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


7. Periksa Sistem Pendingin Mesin

Musim hujan seringkali disertai dengan suhu udara yang lebih rendah. Pastikan sistem pendingin mesin mobil berfungsi dengan baik, terutama jika Anda berencana melakukan perjalanan jarak jauh. 


Pastikan cairan pendingin mesin (coolant) sudah mencukupi dan tidak terdapat kebocoran pada selang atau komponen lainnya. Sistem pendingin mesin yang baik akan membantu mencegah mesin mobil dari overheating, terutama saat kondisi lalu lintas padat atau berada di dalam kemacetan.


8. Persiapkan Perlengkapan Darurat

Selalu siapkan perlengkapan darurat di dalam mobil, terutama saat menghadapi musim hujan. Perlengkapan darurat ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, payung, jas hujan, senter, kain lap, dan kotak peralatan dasar. 


Selain itu, pastikan juga untuk membawa peralatan tambahan seperti kunci roda cadangan, ban serep, dan alat untuk mengganti ban jika diperlukan. Memiliki perlengkapan darurat yang lengkap akan membantu Anda mengatasi situasi darurat dengan lebih baik saat mengemudi di bawah hujan.


Selain tips mempersiapkan mobil untuk musim hujan awal tahun 2024 yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya AutoFamily melakukan servis mobil sebelum digunakan. Pastikan seluruh komponen penting mobil dalam keadaan optimal untuk mencegah terjadinya kendala yang mungkin terjadi selama berkendara. 


Baca juga: Ketahui Kecepatan Mobil Yang Dianjurkan di Jalan

Anda bisa membawa mobil ke layanan bengkel Toyota Auto2000 terdekat dari rumah. Bisa juga dengan booking servis Toyota terlebih dahulu agar proses perawatan mobil bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.


Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang juga dan tingkatkan pengalaman berkendara Anda dengan servis mobil secara rutin.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.