Minyak Atsiri Buatan Desa Sejahtera Astra di Kendal Jajaki Pasar Ekspor"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Minyak Atsiri Buatan Desa Sejahtera Astra di Kendal Jajaki Pasar Ekspor

KENDAL: Astra melalui pengembangan Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, saat ini mampu mendorong masyarakat di sana untuk menghasilkan produk unggulan berupa minyak atsiri yang akan dijual ke pasar ekspor.

Sejak membina Desa Sejahtera Astra di Kendal pada Juli 2019 hingga saat ini, Astra secara perlahan dapat memotivasi masyarakat di sana untuk menanam serai wangi, mengumpulkan daun cengkih sekaligus mengolah bahan baku dari minyak atsiri tersebut. Motivasi tersebut dilakukan melalui serangkaian pendampingan dan pelatihan masyarakat di sana.

Minyak atsiri merupakan minyak olahan yang dihasilkan dari berbagai bagian dari tumbuhan seperti akar, kulit, batang, daun, bunga dan biji. Minyak atsiri dihasilkan dari sekitar 160 hingga 200 aneka ragam aromatik yang sebagian ada di Indonesia.

Deputy Head of Environment and Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti (kanan) didampingi oleh CEO CV Nares Essential Oils Khafidz Nasrullah (kiri) bersalaman dengan masyarakat penerima program pelatihan pengolahan daun cengkih dan tanaman serai wangi (tengah) di Desa Ngargosari, Sukerejo, Kabupaten Kendal Jawa Tengah (4/12).

 

Dari sebelumnya hanya sekitar 200 warga dari 10 desa di Kendal yang dapat mengusahakan bahan baku minyak atsiri tersebut, kini sudah ada sekitar 3.000 warga yang menanam serai wangi dan menjadi pengumpul daun cengkih. Akibatnya, produksi minyak atsiri yang hanya sekitar 10 ton per bulan menjadi 20 ton per bulan.

“Upaya Astra untuk mengembangkan Desa Sejahtera Astra diharapkan dapat mendorong tingkat kesejahteraan warga di sana, sehingga langkah ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas.

Untuk mendorong potensi unggulan Desa Sejahtera Astra di Kendal tersebut, Astra pada Rabu (4/12) menyerahkan 10 mesin destilasi minyak atsiri serta area gudang untuk proses produksi, sekaligus melakukan pendampingan pelatihan warga Desa Sejahtera Astra di Kendal bersama dengan CV Nares Essential Oils agar dapat mengolah daun cengkih dan tanaman serai wangi.

Acara dihadiri oleh 150 pegiat dari 10 DSA Kendal, Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal Bahartani Lamakampali, Kepala Bidang Pengembangan dan Optimalisasi Sarana Pendukung Ekonomi Kawasan Kemenko Perekonomian RI Agus Wahyudi, Bupati Kendal Mirna Annisa, Deputy Head of Environment and Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti.

Seiring dengan penyerahan 10 mesin destilasi minyak atsiri, Astra dan CV Nares Essential Oils menyepakati kerjasama penjualan produk unggulan Desa Sejahtera Astra di Kendal yang berpotensi untuk penjualan pasar ekspor.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF