LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Menguak Rahasia Agar Bahan Bakar Mobil Anda Tetap Irit

 

Permasalahan bahan bakar yang boros memang kerap menghantui pengendara kendaraan bermotor seperti mobil. Terkadang, para pengendara beranggapan bahwa tidak ada masalah apa-apa pada mobilnya. Namun, faktanya bahan bakar yang mereka gunakan boros serta bisa menguras lebih banyak biaya. Nah, bahan bakar yang boros bisa dipengarungi oleh banyak faktor. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Menjaga putaran mesin untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih irit

Anda harus memperhatikan torsi mesin. Umumnya, torsi paling efisien berada pada rentang putaran 2.000-3.000 rotasi per menit (rpm). Lebih baik jaga putaran mesin pada angka tersebut, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bila putaran mesin terlalu tinggi, suplai bensin ke ruang bakar akan makin banyak. Kemudian, jika terlalu rendah, Anda butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan. Hal ini jelas akan memerlukan bahan bakar lebih banyak.

Jangan mengemudi secara agresif saat berada di jalan

Usahakan melaju secara konstan pada kecepatan 60-70 kilometer per jam. Menjaga laju kecepatan dengan konstan bisa membuat suplai bahan bakar juga konstan. Artinya, akselerasi sebuah mobil bisa memainkan peran dalam irit atau borosnya bahan bakar. Selain itu, hindari untuk melakukan akselerasi secara mendadak karena akan membuat suplai bahan bakar menjadi lebih tinggi.

Hindari pengereman mendadak

Ada baiknya hindari untuk mengerem secara berlebihan, karena hal tersebut akan memaksa Anda menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula dan memakan lebih banyak bahan bakar.

Tekanan angin ban harus sesuai spesifikasi

Perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan Anda. Hindari tekanan angin yang terlalu rendah karena dengan kondisi ini Anda memerlukan lebih banyak tenaga saat menekan gas. Namun, jangan pula memompa ban secara berlebihan karena hal ini akan mengacaukan kendali mobil Anda.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Performa mesin sebuah kendaraan bergantung pada bahan bakar yang digunakan. Dengan kata lain, bahan bakar yang dipakai harus lah sesuai dengan spesifikasi masing-masing mobil. Langkah ini bertujuan untuk membuat performa mobil tetap maksimal. Apabila penggunaan bahan bakarnya tidak sesuai, maka akan sangat mudah terjadi gejala ngelitik atau engine knocking pada mesin kendaraan Anda. Akibatnya, performa atau kinerja mesin menjadi kurang maksimal dan menjadikan bahan bakar tidak efisien.

Semoga bermanfaat

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF