Mengenal Lebih Dekat Teknologi 2 Mesin Toyota All New Camry Hybrid"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mengenal Lebih Dekat Teknologi 2 Mesin Toyota All New Camry Hybrid


Auto2000.co.id – Toyota resmi menghadirkan generasi baru All New Camry awal Januari 2019 lalu. Sedan berparas anggun dan juga sporty ini, bermain di segmen premium.
Datang dengan sejumlah pembaruan signifikan, termasuk untuk varian hibrida yang menjadi top of the line di keluarga Camry.
​​​​​​​
Meski bukan pertama kali menghadirkan mobil bermesin hibrida, namun nyatanya masih ada kosumen yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan mobil bermesin ramah lingkungan ini. Termasuk konsep hybrid, cara kerja, atau bagaimana beroperasinya.

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha, menjelaskan, bila pada dasarnya mobil hibrida bekerja menggunakan dua sumber tenaga. Pertama mesin konvensional, dan kedua tenaga dari motor listrik.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

“Memang secara pemahaman, konsumen banyak yang masih binggung dengan cara kerja mobil hybrid, padahal bagi Toyota teknologi ini bukan hal baru,” jelasnya.

“Garis besarnya mobil hybrid atau hibrida ini menggunakan dua power source atau sumber tenaga. Keduanya berkolaborasi secara bergantian untuk menyuplai tenaga,” ucap Sapta.

Proses kerja dari kedua sumber tenaga tadi, menurut Sapta, berlangsung menyesuaikan dari kondisi dan situasi perjalanan.

Jadi, ketika kondisi jalan pelan atau saat melakukan akselerasi awal, All New Camry Hybrid, akan mengandalkan motor listrik yang bekerja memberikan tenaga untuk menggerakan laju mobil.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Kondisi serupa juga terjadi di saat jalan macet, dimana ketika kondisi stop and go berlangsung, motor listrik akan jadi tumpuan.

Namun ketika pedal gas diinjak lebih dalam dan pengendara membutuhkan respons yang lebih agresif, mesin konvensional yang akan menyuplai tanaga menggantikan motor listrik sebelumnya.

Dengan penggunaan dua sumber tenaga itu, membuat mobil hibrida memiliki kelebihan dalam hal efisiensi bahan bakar serta tenaga yang lebih agresif.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Bicara soal teknologi pada Toyota Camry Hybrid generasi ke delapan, rupanya sudah cukup tinggi dibandingkan model sebelumnya. Kali ini Toyota meyuguhkan mesin A25A-FSX dengan teknologi hibrida generasi keempat.

“Camry hybrid baru menggunakan mesin dengan kapasitas 2.500 cc empat silinder. Mesin tersebut tipenya A25A-FSX, dan menjadi salah satu mesin dengan teknologi yang membuat konsumsi bahan bakar terefisien di dunia,” ucapnya.

Tidak hanya itu, teknologi pada Camry terbaru juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan model sebelumnya. Sapta menjelaskan, ada empat hal utama dalam sisi teknologi yang diungguli Camry baru.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Pertama dari tingkat kesenyapannya yang jauh lebih hening, lalu tingkat emisi yang lebih rendah, akselerasi awal yang lebih smooth, dan yang terakhir sudah tentu konsumsi bahan bakar lebih irit.

Dari sisi spesifikasi, mesin Camry terbaru mampu mengantarkan tenaga sebesar 178 ps pada 5.700 rpm. Sementara torsinya tinggi bagi seukuran sedan, yakni 22,5 kgm pada 3.500 sampai 5.200 rpm.

“Sebenarnya ada banyak yang menunjang Camry baru ini menjadi lebih baik selain dari mesin,” jelasnya lagi.

“Paling utama itu penggantian transmisinya yang sudah menggunakan tipe baru, transmisi ini mampu memberikan sisi responsif yang lebih baik bagi Camry,” tutup Sapta.
Share this article
Tanya Tasia