LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mengenal Fitur Anti-Merosot Hill Start Assist yang Ada di Mobil Toyota

Auto2000.co.id

Kebanyakan mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Mulai untuk menunjang sisi kenyamanan, hiburan, sampai terkait masalah keselamatan berkendara.
Nah, untuk masalah keselamatan berkendara, salah satu fitur canggih yang sudah banyak diaplikasi pada mobil bertransmisi otomatis adalah Hill Start Assist (HSA). Biasanya sudah menjadi perangkat standar untuk mobil modern.
Lantas apa fungsinya fitur ini ?
Karena meski sudah cukup lama hadir, ternyata masih banyak pemilik mobil yang tidak mengerti kegunaan HSA, bahkan banyak yang tidak sadar bila mobilnya sudah mengusung teknologi ini.
BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras
Menjawab pertanyaan teresebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan bahwa HSA memiliki kegunaan untuk menahan mobil agar tidak bergerak mundur saat sedang berkendara, khususnya ketika berada di medan menanjak.
“Sebenarnya HSA ini merupakan fitur tambahan keselamatan yang sifatnya aktif ketika mobil sedang dalam posisi menanjak,” terangnya.
“Adanya fitur ini akan memberikan momentum mobil tidak bergerak turun atau merosot ketika pengendara melepas rem tangan atau pedal rem untuk memulai menginjak gas untuk berakselerasi,” ucap Indah.
Biasanya, saat menghadapi kemacetan di jalan menanjak kebanyak orang akan sedikit direpotkan untuk berakselerasi dan bisa berbahaya kalau responsnya salah.
BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Ini Beda Toyota New Avanza dan New Veloz 2019
Pasalnya, saat rem tangan atau pedal rem dilepas dan pengemudi tidak sigap untuk langsung tancap gas, maka mobil otomatis akan langsung merosot.
Meski bisa menahan mobil agar tidak meluncur turun, namun Indah menegaskan bahwa hal tersebut tidak berlangsung lama, hanya beberapa detik saja.
Jeda waktu beberapa detik tersebut sudah diatur oleh sistem komputer untuk memberikan momen pengendara saat kaki melepas pedal rem dan beralih ke pedal gas.
BACA JUGA : Auto2000 Menyediakan Kemudahan Pembelian dan Program Spesial New Avanza, New Veloz, dan Toyota Lainnya
“Sifatnya menahan sesaat saja, agar pengendara tidak panik dan terburu-buru menekan pedal gas,” terang Indah.
“Selain mencegah mobil untuk merosot, mobil yang sudah dilengkapi HSA juga akan mulus melakukan akselerasi awal saat di tanjakan, jadi sangat membantu agar roda tidak slip ketika melakukan akselerasi awal,” ucapnya.
Menurut Indah, untuk jajaran produk Toyota HSA bukanlah fitur baru. Hampir semua mobil Toyota sudah dilengkapi dengan HSA, bahkan bukan untuk jenis SUV saja, tapi juga MPV.
Mulai dari Kijang Innova, Fortuner, Sienta, sampai generasi baru dari Toyota Rush. Sambangi dealer resmi Auto2000 terdekat untuk memastikannya.

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF