LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mau Hemat BBM Saat Mudik dengan Mobil Pribadi Ikuti 4 Trik Ini

Selain khawatir dengan masalah keselamatan, banyak yang lebih memilih mudik menggunakan jasa travel atau angkutan umum karena mahalnya biaya mudik. Biaya ini termasuk cadangan services sebelum perjalanan mudik, biaya bensin, dan biaya tidak terduga lainnya.

Nah buat Anda yang ingin mudik dengan mobil pribadi, tenang saja. Berikut merupakan trik menghemat BBM selama perjalanan.

1. Dilarang Ngebut

Ingat, Anda sedang mudik, bukan sedang balapan. Makanya, selama perjalanan usahakan kecepatan mobil tidak lebih dari 80 kpj (berkisar antara 40-80 kpj). Pasalnya, semakin cepat putaran mesin, semakin banyak juga bahan bakar yang terbuang hingga akhirnya mobil pun akan boros bensin.

Selain itu, melakukan perjalanan mudik dengan santai akan mengurangi risiko kecelakaan, dan membuat suasana mudik jadi lebih menyenangkan.

2. Maksimalkan Penggunaan AC

Untuk mengeluarkan udara dingin, biasanya mesin mobil akan bekerja lebih keras dan itu butuh bahan bakar sebagai penunjangnya. Untuk itu, demi menghemat bensin, usahakan penggunaan AC dikurangi.

Misalnya, Anda bisa menggunakan AC saat berada di jalanan yang macet atau padat merayap, sementara saat berada di jalanan yang lancar, AC bisa dimatikan dan memilih untuk membuka jendela. Tapi ingat, jangan menyalakan AC dalam kondisi jendela terbuka.

3. Bawa Barang Yang Dibutuhkan Saja

Sebaiknya bawa barang yang dibutuhkan saja. Pasalnya, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar pula beban mobil Anda. Selain bisa membuat bensin lebih boros, membawa beban berlebih dalam mobil pun bisa berbahaya bagi keselamatan.

Sebelum berangkat, pastikan barang yang dibawa benar-benar Anda butuhkan. Jika diperhitungkan terlalu banyak, gunakan saja jasa travel untuk mengirimkannya.

4. Jangan Terlalu Banyak Berhenti

Per dua jam sekali, Anda disarankan untuk berhenti. Selain untuk melakukan peregangan, cara ini pun dilakukan unutk menurunkan suhu mesin.

Tapi ingat, jangan berhenti terlalu banyak. Pasalnya, terlalu sering menghidupkan dan mematikan mobil bisa membuat bensin lebih cepat habis. Hal ini berlaku saat Anda berkendara di jalanan yang macet. Untuk itu, pastikan Anda menguasai rute alternatif dan berhentilah saat dibutuhkan sekitar 2 jam sekali.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF