LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Liburan Aman, Luangkan Waktu Cek Kondisi Aki dan Lampu Mobil


Auto2000.co.id – Liburan akhir tahun tinggal sesaat lagi, khusus yang akan melakukan perjalanan jarak jauh bersama keluarga menggunakan mobil pribadi, wajib memastikan kondisi mobil benar-benar prima.

Dalam melakukan pengecekan, tidak harus fokus pada sektor mesin, namun ada bagian lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Contohnya masalah kelistrikan yang erat kaitannya dengan aki dan perangkat keselamatan lainnya dalam berkendara.

Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, menjelaskan kebanyakan pemilik mobil melakukan persiapan hanya terpusat pada masalah mesin.

Padahal sistem kelistrikan juga sangat penting untuk dicek, apalagi untuk mobil modern yang hampir semuanya menggunakan perangkat elektronik.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah 6 Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

“Untuk mobil modern saat ini kelistrikan juga sangat penting diperhatikan, pertama sudah tentu melihat kondisi aki. Mulai dari volume cairan aki, sampai bagaimana kondisi kebersihannya,” terang Suparna.

“Ini penting jangan sampai aki dalam kondisi lemah lalu mengganggu kenyamanan, seperti mobil yang susah untuk distarter dan lainnya,” tegasnya.
Selain aki, untuk faktor kelistrikan yang berkaitan dengan masalah keselamatan juga tak kalah urgensinya untuk dicek.

Salah satu yang kerap dilewati pemilik mobil adalah kondisi pencahayaan yang sangat berperan untuk membantu visibilitas serta alat komunikasi dengan sesama pengguna jalan.

BACA JUGA : Praktis, Pemilik Mobil Toyota Bisa Pakai Aplikasi Auto2000 Mobile

Pastikan kedua lampu besar berfungsi dengan baik, mulai dari lampu jauh maupun pendek. Apalagi bila Anda akan berjalan di waktu malam.

Terkait masalah lampu sebagai alat komunikasi, Suparna mengingatkan pemilik mobil juga untuk mengecek turn signal atau lampu sein, dan yang tak kalah penting adalah lampu rem alias stop lamp.

“Sering kali pemilik mobil hanya melihat lampu depan tanpa menyadari apakah stop lamp-nya masih berfungsi atau tidak,” urai Suparna.

BACA JUGA : Rem Mobil Bisa Masuk Angin, Begini Cara Mengobati Ala Teknisi Auto2000

“Ingat, stop lamp menjadi salah satu alat komunikasi mobil yang menandakan menginjak rem untuk berhenti, bila stop lamp di mobil Anda mati, otomatis bisa membuat pengendara di belakang susah melakukan antisipasi,” terangnya.

Suparna menjelaskan ini bisa menjadi salah satu tips melakukan pengecekan kendaraan yang dilakukan sendiri sebelum melakukan perjalanan jauh.

Dengan demikian, bila ternyata didapati ada lampu yang tak berfungsi, atau kondisi aki sudah butuh perawatan, pemilik mobil bisa langsung mengujungi bengkel resmi Auto2000 terdekat.

​​​​​​​Atau bagi pemilik Toyota bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service dari Auto2000 untuk melakukan perbaikan dan perawatan di rumah cukup bermodalkan klik di layar ponsel via aplikasi Auto2000 Mobile.

Share this article
Tanya Tasia