Libur Pemilu Saat Musim Hujan, Perhatikan 7 Komponen Penting Mobil Ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Libur Pemilu Saat Musim Hujan, Perhatikan 7 Komponen Penting Mobil Ini


Auto2000.co.id – Sebagian dari pengguna Toyota memanfaatkan momen libur pemilu 2019 untuk mudik ke kampung halaman atau berlibur bersama keluarga tercinta. Di saat bersamaan, hujan masih sering melanda, bahkan dengan intensitas tinggi. Ini jelas akan menyulitkan perjalanan Anda bila tidak diantisipasi sebelumnya. Langkah antisipasi terkait kondisi teknis kendaraan. Kegiatan ini wajib dilakukan lantaran saat hujan turun, situasi dan kondisi jalan berubah 180 derajat. Dari kering menjadi licin yang berpotensi celaka bila tidak hati-hati. Termasuk daya pandang menurun lantaran hujan deras atau kaca mobil berkabut.
​​​​​​​
BACA JUGA : Waspadalah! Lakukan 7 Tips Ini Supaya Ban Mobil Anda Tidak Menjadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

So, bagian apa saja dari mobil Anda yang mesti diperiksa sebelum libur pemilu 2019?
​​​​​​​
1. Ban

Kami tidak akan pernah lelah untuk mengingatkan Anda agar mengecek kondisi ban yang tupoksinya sangat berat padahal punya daya bidang kontak yang sangat terbatas mirip dengan telapak kaki manusia.

Prioritas utama inspeksi adalah tekanan angin ban. Tidak ada salahnya Anda menyimpan alat pengisi angin ban portabel kalau mau aman. Atau minta tolong tukang tambal ban atau layanan pemeriksaan tekanan angin ban di pom bensin.

Tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan memastikan telapak ban mendapatkan grip yang optimal ke aspal jalan. Grip yang pas membuat ban dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Bagian kedua yang mesti dicek adalah telapak ban. Bicara sepatu, posisi telapak ban seperti telapak sepatu. Telapak sepatu yang sudah mulai kurang ketebalannya akan membuat Anda mudah terpeleset saat berjalan di permukaan yang licin.

BACA JUGA : Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ini Sumbernya

Oleh karenanya, periksa ketebalan telapak ban via Tire Wear Indicator (TWI) yang biasa terdapat di alur telapak ban. Segera ganti ban saat permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI untuk memastikan mobil tidak mudah terpeleset di jalan licin.

Sembari itu, bersihkan telapak ban dari kerikil yang kerap menempel agar tidak mengganggu kinerja ban. Apalagi kalau kerikil tersebut sampai menutup alur telapak ban yang punya kewajiban untuk membuang air yang tergenang saat dilintasi oleh ban.
2. Wiper

Saat tidak dipakai, karet wiper selalu mendapatkan paparan panas sinar matahari dan debu setiap hari sehingga menjadi getas. Ia tidak dapat menunaikan kewajibannya untuk membersihkan permukaan kaca mobil dengan baik.

Karet wiper yang getas juga punya potensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu. Di titik tertentu, kerusakannya sudah tidak bisa diperbaiki dan Anda harus mengganti kaca mobil.
​​​​​​​
Jangan lupa untuk memeriksa wiper belakang dan mengisi tabung air pembersih kaca. Anda bisa tambahkan cairan pembersih kaca yang membuat air lebih mudah mengalir turun.

BACA JUGA : Penting! Ini Alasan Anda Harus Rutin Melakukan Servis Berkala Mobil Kesayangan

3. Kaki-kaki

Kaki-kaki mobil terdiri atas dua bagian, sistem suspensi dan sistem kemudi. Sistem suspensi terdiri atas shock absorber, per, serta karet-karet peredam lainnya.

Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya itu sendiri yang rusak, membuat mobil susah dikendalikan. Kondisi ini akan terasa semakin buruk saat melewati jalan licin akibat hujan.
​​​​​​​
Sementara sistem kemudi terkait kemampuan mobil mengikuti kemauan Anda mengatur laju mobil dari balik kemudi. Sistem kemudi yang bermasalah membuat Anda sulit untuk mengendalikan arah mobil saat jalan licin.

Lakukan ritual spooring dan balancing untuk mengembalikan kebugaran ban dan kaki-kaki mobil. Saat kedua ritual tersebut dilakukan, bisa terlihat bila ada masalah di kaki-kaki mobil Anda.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

4. Lampu mobil

Saat hujan deras, lampu mobil punya manfaat yakni membantu Anda untuk melihat kondisi di depan dengan baik. Apalagi bila mobil punya foglamp.

Pun dengan lampu belakang. Fatal akibatnya bila lampu rem mobil Toyota Anda mati di tengah hujan deras yang membatasi pandangan pengemudi lain di belakang Anda.

5. Pendingin ruang

Ketika hujan mendera, Anda pasti akan menutup kaca mobil supaya air hujan tidak masuk. Untuk menjaga kabin tetap nyaman, sistem pendingin alias AC menjadi andalan satu-satunya.
​​​​​​​
AC juga bermanfaat untuk menjaga supaya kaca mobil tidak berembun. Kalau sampai ini terjadi, Anda akan kesulitan untuk memantau kondisi di luar.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

6. Sistem kelistrikan

Saat turun hujan tugas sistem kelistrikan jadi berat. Seperti harus menyalakan AC, wiper, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu periksa sistem kelistrikan untuk memastikan kondisinya baik dan layak fungsi.

7. Rem
​​​​​​
Rem bekerja ekstra berat saat musim hujan terkait kondisi jalan yang licin. Oleh sebab itu, pastikan kampas rem dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem pengereman. Jangan lupa isi tabung minyak rem.

Nah, apakah Anda merasa repot dengan segala urusan teknis di atas? Jika ya, jangan khawatir. Tim teknisi bengkel resmi Auto2000 siap melakukannya untuk Anda saat servis berkala.

Anda bisa melakukan booking service via aplikasi Auto2000 Mobile. atau kalau tidak mau bertandang ke cabang Auto2000, bisa memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service yang siap melakukan servis berkala di tempat yang Anda mau.

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF