Lebih Awet Mana, Lampu LED atau Halogen Konvensional?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Lebih Awet Mana, Lampu LED atau Halogen Konvensional?

Auto2000.co.id – Selain wajah yang lebih segar, salah satu kelebihan yang ditawarkan Toyota pada Avanza dan Veloz baru adalah sistem penerangan yang kini mengadopsi lampu light emitting diode atau LED.

Dengan pancaran cahaya putih yang terang dan rendah daya, otomatis membuat visibilitas saat berkendara malam hari makin maksimal.

Namun ada anggapan bila penggunaan lampu LED cenderung kurang awet dibandingkan lampu konvensional. Benarkah demikian?

Kondisi tersebut berdampak pada pengeluaran untuk perawatan Avanza dan Veloz baru menjadi besar, apalagi harga dari lampu LED sendiri bisa dibilang tidak murah.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Menanggapi pendapat tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha, mengatakan sebenarnya secara durasi pemakaian tidak ada patokan pasti. Bahkan kecenderungan antara kedua jenis lampu tadi hampir sama.

“Secara lifetime kemungkinan antara LED dan lampu biasa itu hampir sama karena memang tidak ada ukurannya,” jelasnya.

“Tapi dari segi kelebihan, lampu LED memiliki pemakaian daya listrik yang lebih rendah sehingga tidak seboros lampu biasa,” ucap Sapta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

Sapta menjelaskan, antara lampu konvensional dan LED sebenarnya sama-sama memiliki lifetime yang tidak bisa diukur secara pasti. Tapi keduanya juga memiliki plus dan minus yang bisa dijadikan pertimbangan.

Untuk lampu konvensional dengan cahaya kuning, penerangan saat normal pancarannya tidak akan seterang LED. Tapi bisa diandalkan ketika berkendara dalam kondisi cuaca hujan lebat dan berkabut.

Sebaliknya, LED mampu memberikan cahaya yang optimal sehingga saat malam hari pengendara bisa mendapat pencahayaan yang lebih maksimal.

BACA JUGA : Ini 5 Alasan Motivator Terkenal Merry Riana Beli Toyota Alphard di Auto2000

Namun dalam kondisi hujan, cahaya yang dihasilkan kurang mampu menembus dan kadang justru menyilaukan. Apalagi untuk lampu LED aftermarket atau bukan bawaan pabrikan.

“Sama-sama punya kelebihan dan kekurangan, untuk LED bila tidak sesuai standar pabrikan biasanya menjadi tidak fokus saat melewati cuaca kabut. Untuk di Veloz sendiri hal ini bisa ditangani dengan foglamp berwarna kuning,” jelas Sapta.

“Dari segi biaya, LED memang lebih besar karena tidak bisa dibeli satuan harus dalam rangkaian, tapi kalau bicara dalam konteks rusak itu jarang sekali terjadi,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF