LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Langkah Jitu Rawat Power Window Toyota Anda


Power Window memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengendara dan penumpang untuk membuka dan menutup jendela mobil dan hampir semua mobil baru saat ini sudah menggunakan fitur ini. Mengingat cara kerjanya tak sudah menggunakan komponen motor penggerak, otomatis perlu didukung dengan perawatan agar tidak macet saat digunakan.
Langkah jitu sederhana yang perlu dilakukan dalam merawat dan menjaga agar fungsi power window selalu optimal antara lain:

# Periksa Power Window mobil setiap 6 bulan sekali. Bila jalanan yang sering Anda lalui sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering, karena debu dapat merusak power window mobil Anda.

# Gunakan silicon spray untuk membersihkan karet kaca mobil, selain itu perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

# Periksa kondisi karet list pada kaca. Apabila kondisinya sudah mengeras, atau tak lagi elastis baiknya jangan ditunda untuk mengganti karet tersebut. Dikhawatirkan karena karet yang mengeras bisa menghambat kerja keluar masuk kaca yang membuat motor listrik menjadi berat. Pengerasan karet biasanya terjadi karena mobil kerap dijemur langsung di bawah terik matahari.

# Bersihkan rel power window yang kotor. Debu berpotensi masuk ke ruang mekanis power window yang bila sampai terjadi pengendapan kotoran, otomatis bisa berdampak pada kerja motor listriknya. Disarankan untuk rutin mencuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh. Ketika mencuci mobil jangan lupa menggunakan shampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga.

# Pergunakan power window seperlunya saja. Ingat, jangan menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Sebaiknya Anda juga tidak perlu sering menarik kaca kebawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau setelah melalui daerah berdebu.
Mudah bukan, segera dipraktekkan ya. Semoga bermanfaat.

​​​​​​​(Mitha Purnama Dewi)

Share this article
Tanya Tasia