Cancel

Lakukan Langkah Ini Untuk Atasi Overheating Pada Mobil Yang Sedang Berjalan

Jika sistem pendinginan pada mobil anda tidak bekerja dengan benar, panas akan merusakkan mesin anda. Jika anda merasa mobil terlalu panas, lakukan langkah-langkah ini untuk mencegah kerusakan sampai anda bisa memperbaiki sistem pendinginannya.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi overheating pada mobil dengan kondisi anda tetap harus menjalankan mobil?

1.    Matikan AC. Jika mobil anda ber AC, matikan. AC akan membebani mesin, dan anda perlu menghindarinya sekarang.

2.    Nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin.  Pasang heater dan fan hingga maksimum, Buka jendela dan arahkan hawa panas keluar agar tidak terlalu panas di dalam mobil.

3.    Awasi selalu petunjuk temperator, menepi dan matikan mesin jika perlu. Ingat bahwa jika anda overheat terlalu tinggi, mesin akan rusak.

4.    Matikan mesin, namun segera putar kunci kembali ke “on” agar kipas radiator tetap berputar untuk mendinginkan air radiator. Hanya lakukan hal ini jika anda berhenti pada lampu merah dan berhenti lebih dari 1 menit. Lihat kedepan apakah kendaraan mulai berjalan, dan nyalakan mesin saat itu.

5.    Berjalan dengan stabil. Lebih baik berjalan dengan stabil dan kecepatan rendah daripada berjalan cepat lalu berhenti, cepat, berhenti dst. Akselerasi cepat dan pengereman akan membebani mesin.

6.    Coba trik ini untuk menarik lebih banyak angin ke radiator. Jika kipas radiator anda dijalankan oleh belt dan anda terjebak kemacetan, letakkan persneling pada posisi P atau N, dan gas mobil sampai 2000 RPM. Tahan beberapa menit, ini akan mempercepat putaran mesin dan kipas. Ini akan menarik lebih banyak angin untuk mendinginkan radiator. Jika mobil anda menggunakan kipas elekterik, cara ini tidak berguna.

7.    Tunggu hingga kemacetan berkurang. Menepi jika anda merasa mobil anda tidak bisa bertahan dalam kemacetan. Matikan mesin dan tunggu sampai lalu lintas lancar. Begitu lalu lintas lancar, mengemudilah lebih cepat agar lebih banyak angin masuk ke ruang mesin.

Ingat, cara ini hanya digunakan saat kondisi darurat, jika memungkinkan segera hubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk mendapat bantuan penanganan segera.

Bila anda berada di seputaran Tabanan silahkan hubungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000, tim service kami siap membantu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF