LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Lakukan Langkah Ini Untuk Atasi Overheating Pada Mobil Yang Sedang Berjalan

Jika sistem pendinginan pada mobil anda tidak bekerja dengan benar, panas akan merusakkan mesin anda. Jika anda merasa mobil terlalu panas, lakukan langkah-langkah ini untuk mencegah kerusakan sampai anda bisa memperbaiki sistem pendinginannya.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi overheating pada mobil dengan kondisi anda tetap harus menjalankan mobil?

1.    Matikan AC. Jika mobil anda ber AC, matikan. AC akan membebani mesin, dan anda perlu menghindarinya sekarang.

2.    Nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin.  Pasang heater dan fan hingga maksimum, Buka jendela dan arahkan hawa panas keluar agar tidak terlalu panas di dalam mobil.

3.    Awasi selalu petunjuk temperator, menepi dan matikan mesin jika perlu. Ingat bahwa jika anda overheat terlalu tinggi, mesin akan rusak.

4.    Matikan mesin, namun segera putar kunci kembali ke “on” agar kipas radiator tetap berputar untuk mendinginkan air radiator. Hanya lakukan hal ini jika anda berhenti pada lampu merah dan berhenti lebih dari 1 menit. Lihat kedepan apakah kendaraan mulai berjalan, dan nyalakan mesin saat itu.

5.    Berjalan dengan stabil. Lebih baik berjalan dengan stabil dan kecepatan rendah daripada berjalan cepat lalu berhenti, cepat, berhenti dst. Akselerasi cepat dan pengereman akan membebani mesin.

6.    Coba trik ini untuk menarik lebih banyak angin ke radiator. Jika kipas radiator anda dijalankan oleh belt dan anda terjebak kemacetan, letakkan persneling pada posisi P atau N, dan gas mobil sampai 2000 RPM. Tahan beberapa menit, ini akan mempercepat putaran mesin dan kipas. Ini akan menarik lebih banyak angin untuk mendinginkan radiator. Jika mobil anda menggunakan kipas elekterik, cara ini tidak berguna.

7.    Tunggu hingga kemacetan berkurang. Menepi jika anda merasa mobil anda tidak bisa bertahan dalam kemacetan. Matikan mesin dan tunggu sampai lalu lintas lancar. Begitu lalu lintas lancar, mengemudilah lebih cepat agar lebih banyak angin masuk ke ruang mesin.

Ingat, cara ini hanya digunakan saat kondisi darurat, jika memungkinkan segera hubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk mendapat bantuan penanganan segera.

Bila anda berada di seputaran Tabanan silahkan hubungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan – Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000, tim service kami siap membantu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia