lagu-flashdisk-tidak-bisa-diputar-di-mobil.jpg

Kenapa Lagu di Flashdisk Tidak Bisa Diputar di Mobil?

Diterbitkan13 Des 2022

Lagu menjadi salah satu bentuk hiburan ketika AutoFamily hendak mengusir rasa jenuh selama berkendara. Anda bisa mendengarkan lagu dengan menghubungkan flashdisk ke head unit mobil. Format MP3/MP4 merupakan format yang sering digunakan dan paling umum pada sebagian besar head unit mobil. Saat terjadi kendala, kenapa lagu di flashdisk tidak bisa diputar di mobil? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

Kenapa Lagu di Flashdisk Tidak Bisa Diputar di Mobil?

Lagu yang tidak bisa diputar di mobil bisa jadi karena flashdisk atau head unit mobil mengalami kendala. Masalah flashdisk yang tidak terbaca merupakan hal yang paling umum terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, ada masalah kompatibilitas hingga format flashdisk yang tidak sesuai.

Supaya lagu dari flashdisk bisa diputar dan menemani perjalanan selama berkendara, Anda perlu mencari tahu cara mengatasi masalah ini. Pastikan flashdisk AutoFamily tidak bermasalah, begitu pun dengan head unit mobil dalam keadaan optimal. Jika keduanya terkendala, Anda perlu membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat untuk perbaikan.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Cara Mengatasi Masalah Ini

Kenapa lagu di flashdisk tidak bisa diputar di mobil? Kendalanya bisa terjadi pada flashdisk maupun head unit mobil. Masalah ini bisa juga diatasi secara mandiri dengan cara-cara yang akan diuraikan berikut ini. Namun, untuk mengetahui penyebabnya secara lebih jelas, kunjungi bengkel Auto2000 untuk diperbaiki.

1. Format Ulang USB Flashdisk

Saat ini, format yang paling sering digunakan pada USB flashdisk adalah format NTFS (New Technology File System). Namun, pada sebagian besar head unit mobil masih mendukung format Fat32. Saat flashdisk tidak terbaca, Anda perlu mengubah format flashdisk ke format Fat32. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Jika flashdisk Anda sudah terisi dengan lagu-lagu, pindahkan terlebih dahulu lagu tersebut ke komputer atau laptop. Proses ini akan menghapus semua isi file yang ada pada flashdisk Anda.

  • Selanjutnya hubungkan flashdisk ke komputer.

  • Buka File Explorer, kemudian klik kanan pada flashdisk Anda dan pilih format.

  • Pada tab system pilih format Fat32.

  • Lalu klik format dan tekan tombol start. Proses format akan segera dimulai.

Baca juga:Mengenal Fungsi Crossover Audio dan Jenisnya

2. Kurangi Isi File Flashdisk

Flashdisk dengan isi file yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab lagu tidak bisa diputar di mobil. Sebagai patokan, jika flashdisk AutoFamily berukuran 16 GB, jangan diisi sampai 10 GB untuk memberikan ruang kosong pada flashdisk Anda.

Hal ini dilakukan dengan tujuan menghindari kesalahan pembacaan file oleh head unit mobil. Selain itu, flashdisk bisa terbaca dengan lebih cepat. Alhasil, AutoFamily bisa mendengarkan lagu favorit selama perjalanan berlangsung.

3. Perhatikan Bit Rate pada File MP3

Solusi lain yang bisa dilakukan jika cara-cara di atas belum berhasil yaitu mengubah bit rate dari file MP3 Anda. Sebagian head unit mobil bisa jadi mengalami kesulitan dalam membaca file MP3 dengan bit rate di atas 128 kbps. Jadi, pastikan bit rate file MP3 Anda di bawah 128 kbps. Untuk mengecek bit rate flashdisk Anda bisa dilakukan melalui cara berikut ini.

  • Sambungkan flashdisk ke komputer Anda, lalu buka file MP3.

  • Klik kanan pada file MP3 yang tidak bisa diputar, kemudian pilih Properties.

  • Klik tab Details, di sana Anda akan menemukan informasi bit rate dari file MP3 Anda.

Jika bit rate file Anda lebih dari 128 kbps, maka bisa dipastikan hal ini yang menjadi penyebab file MP3 tidak bisa diputar pada head unit mobil Anda. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan dengan cara mengunduh ulang file MP3 dengan bit tidak lebih dari 128 kbps.

Baca juga:Menikmati Cara Memutar Video dari HP ke TV Mobil

4. Gunakan Flashdisk Baru

Apabila masalah lagu yang tidak bisa diputar di mobil disebabkan oleh flashdisk yang mengalami kendala dan masih tidak terbaca meski sudah diformat, Anda bisa menggantinya dengan flashdisk baru. Pastikan juga flashdisk baru tersebut sesuai dengan format dari head unit mobil Anda, sehingga bisa terbaca dengan baik.

Permasalahan kenapa lagu di flashdisk tidak bisa diputar di mobil merupakan yang paling umum terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk memperbaikinya.

Meski bisa diperbaiki secara mandiri, persoalan yang terjadi pada mobil sebaiknya diserahkan pada teknisi andal dan berpengalaman. Proses perbaikan yang dilakukan di bengkel Auto2000 lebih cepat dan tepat.

Untuk jadwal perawatan mobil yang lebih mudah, Anda bisa booking online jadwal melalui Auto2000 Digiroom. Manfaatkan juga layanan home service yang disediakan Auto2000. Jadi, permasalahan lagu tidak bisa diputar di mobil bisa diselesaikan dengan aman dan cepat di bengkel Auto2000.

Selain perawatan mobil berkala, Auto2000 menyediakan informasi lengkap mengenai spesifikasi mobil terbaru. Jika Anda hendak mencari tahu eksterior Toyota Innova Zenix, kunjungi saja Auto2000 sekarang juga.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.