kuliner khas temanggung.webp

10 Rekomendasi Kuliner Khas Temanggung Paling Favorit

Diterbitkan26 Apr 2024

Temanggung, kota yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, juga menyimpan kekayaan kuliner yang tak kalah menggoda. Bagi para pecinta kuliner, menjelajahi Temanggung bagaikan menemukan surga tersembunyi. Dari hidangan tradisional yang kaya rasa hingga jajanan kekinian yang memanjakan lidah, Temanggung menawarkan petualangan kuliner yang tak terlupakan.


Di artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mencicipi beberapa kuliner khas Temanggung yang wajib dicoba. Dari gurihnya Ndas Borok yang unik hingga manisnya Ketan Jali yang menyegarkan, bersiaplah untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Temukan sensasi rasa yang berbeda dan rasakan kekayaan budaya Temanggung melalui hidangan lezat yang ditawarkan.


Mengeksplorasi Wisata Kuliner Khas Temanggung 

Temanggung menawarkan ragam kuliner yang memikat para penikmat makanan dari berbagai kalangan. Berikut adalah 10 rekomendasi kuliner khas Temanggung yang patut AutoFamily coba:


1. Ndas Borok

Terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan kelapa parut, Ndas Borok memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang khas. Sensasi gurih ini semakin sempurna dengan taburan gula merah di atasnya, menghasilkan perpaduan manis dan gurih yang menggoda selera. Ndas Borok biasanya disajikan hangat, menjadikannya camilan yang mengenyangkan dan cocok dinikmati di segala suasana.


Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi cita rasa autentik Temanggung, Ndas Borok adalah hidangan yang wajib dicoba. Rasakan sensasi perpaduan manis dan gurih yang unik dan rasakan kekayaan kuliner Temanggung yang tak terlupakan.


2. Sego Gono

Sego Gono, atau yang dikenal juga sebagai nasi gono, adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang merupakan perpaduan unik antara nasi dengan berbagai bahan lokal. Nasi gono ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan daun lembayung, kacang panjang, parutan kelapa, dan ikan teri. Hidangan ini tidak hanya memiliki nilai gizi yang tinggi, tetapi juga merupakan simbol kebersamaan dan kekayaan budaya masyarakat Temanggung.


Tradisi menyajikan sego gono sering terkait dengan momen-momen istimewa seperti pesta panen atau sebagai hantaran untuk sanak saudara yang berada di ladang. Namun, saat ini, kehadiran sego gono mungkin lebih sering terlihat pada acara kerja bakti di kampung.


Meskipun demikian, rasanya yang gurih berkat campuran parutan kelapa dan rempah-rempah memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Sego gono biasanya disajikan dengan tambahan keripik peyek, tempe bacem, dan kerupuk. Kombinasi cita rasa gurih dan renyah dari tambahan tersebut memberikan kesempurnaan pada hidangan ini.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 

3. Jadah

Jadah adalah salah satu kuliner khas Temanggung yang terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan sedikit garam, jadah memiliki cita rasa yang unik, yaitu asin gurih dengan tekstur kenyal dan legit yang menggoda selera.


Proses pembuatan jadah cukup sederhana namun menghasilkan hasil yang lezat. Beras ketan yang telah direndam semalaman kemudian dicampur dengan kelapa parut dan garam hingga matang. Setelah matang, ketan tersebut kemudian ditumbuk hingga halus dalam wadah yang kuat.


Jadah dapat disantap langsung dengan tambahan serundeng, tempe, atau tahu bacem untuk memberikan variasi rasa yang lebih kaya. Selain itu, jadah juga dapat digoreng atau dibakar sesuai selera masing-masing. Jadah yang digoreng atau dibakar akan lebih nikmat saat disantap selagi masih hangat, menambah sensasi kenikmatan saat menikmati kudapan tradisional ini.


Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Temanggung yang Menarik


4. Entho Cotot

Rasa manis yang khas dari entho cotot ini diperoleh dengan cara mengolah singkong yang sudah diukus hingga empuk, kemudian dibentuk bulat dan diolah dengan gula pasir atau gula aren.


Meskipun proses pembuatannya cukup sederhana, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Singkong harus direbus hingga matang, lalu ditumbuk hingga halus. Adonan singkong yang halus kemudian dibentuk dan diolah dengan gula pasir sebelum digoreng dengan minyak panas.


Hidangan ini sangat cocok disajikan hangat, dan rasanya yang manis memang sangat menggoda untuk dinikmati sebagai cemilan sehari-hari. Entho cotot juga sering menjadi pilihan yang tepat untuk acara-acara gotong royong atau pesta panen, menambah kehangatan dan keceriaan di tengah kesibukan. 


5. Lentho

Lentho, makanan yang dapat dinikmati sebagai camilan atau lauk pelengkap nasi, adalah salah satu kuliner khas Temanggung yang patut dicoba. Terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan kacang tolo atau kacang kedelai mentah yang ditumbuk halus, kemudian dibumbui dan digoreng.


Untuk memberikan cita rasa gurih yang khas, beberapa pembuat lentho juga menambahkan parutan kelapa ke dalam adonan. Bentuknya yang menyerupai perkedel atau kroket membuat lentho menjadi makanan yang mudah diidentifikasi dan menarik untuk dinikmati. Selain di Temanggung sendiri, Anda juga bisa menemukan lentho di wilayah sekitarnya, seperti Kabupaten Semarang dan Magelang

6. Ketan Jali

Ketan jali, hidangan khas Temanggung ini menawarkan perpaduan rasa manis dan menyegarkan yang tak terlupakan. Terbuat dari beras jali, ketan jali menghadirkan alternatif camilan sehat dan lezat yang kaya manfaat.


Ketan jali diolah dengan cara merebus beras jali dengan santan dan gula merah hingga matang dan teksturnya menjadi kenyal. Rasanya yang manis legit dipadukan dengan aroma harum gula merah, menghasilkan sensasi rasa yang menggoda. Ketan jali biasanya disajikan hangat, cocok dinikmati sebagai camilan di pagi atau sore hari.


Baca juga: Berapa Tarif Tol Semarang-Surabaya 2024?


7. Manisan Carica

Manisan Carica, camilan khas Temanggung ini terbuat dari buah carica (pepaya gunung) yang diolah menjadi manisan dengan rasa manis legit dan tekstur yang unik. Manisan ini tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.


Carica, buah asli Temanggung ini terkenal dengan kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Buah ini diolah menjadi manisan dengan cara dikupas, dipotong-potong, dan direbus dengan gula merah hingga meresap. Proses ini menghasilkan manisan carica dengan rasa manis legit dan tekstur yang renyah di luar dan sedikit lembek di dalam.


8. Nasi Goreng Tembakau

Bagi pecinta kuliner yang mencari sensasi rasa unik dan menantang, nasi goreng tembakau dari Temanggung adalah hidangan yang wajib dicoba. Perpaduan nasi goreng gurih dengan rempah-rempah dan aroma khas tembakau menghadirkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.


Nasi goreng tembakau terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan bumbu rempah khas Temanggung, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi. Uniknya, hidangan ini ditaburi dengan bubuk tembakau yang telah dihaluskan, memberikan aroma dan rasa yang khas.


9. Empis-empis Tahu Tempe

Empis-empis tahu tempe adalah sayur khas Temanggung yang memadukan tahu dan tempe dalam kuah santan gurih berbumbu. Hidangan ini menawarkan perpaduan tekstur yang menarik serta cita rasa yang kaya, menjadikannya menu favorit pecinta kuliner nusantara.

Empis-empis tahu tempe dibuat dengan bahan utama tahu dan tempe yang dipotong kecil-kecil. 


Tahu dan tempe ini kemudian dimasak bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan rempah lainnya. Santan kental yang dituangkan ke dalam masakan menambah kekayaan rasa dan menciptakan kuah yang gurih.


SEGERA JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!

10. Pisang Aroma

Temanggung tak hanya kaya akan kuliner gurih dan pedas, tetapi juga memiliki menu manis yang menggoda selera. Pisang aroma adalah pisang khas Temanggung yang terkenal dengan aromanya yang harum dan rasanya yang manis legit. Buah pisang ini tak hanya dapat dinikmati langsung, tetapi juga diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang tak kalah lezat.


Pisang aroma memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pisang pada umumnya.  Kulitnya berwarna kuning kehijauan dengan bintik-bintik coklat.  Daging buahnya berwarna kuning pucat dengan tekstur yang lembut dan berserat. Keunikan pisang aroma terletak pada aromanya yang harum, seperti kombinasi nangka dan pandan. Rasa manisnya yang legit pun membuat Pisang Aroma  menjadi buah favorit masyarakat Temanggung.


Baca juga: 15 Oleh Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibeli!


Dari kuliner khas Temanggung yang telah dijelaskan di atas, terlihat jelas keberagaman dan kekayaan kuliner tradisional yang dimiliki oleh daerah ini. Setiap hidangan mengusung cita rasa dan teknik penyajian yang unik, mencerminkan warisan budaya yang kaya dan beragam. Panduan di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi saat liburan ke Temanggung.


Jika AutoFamily tertarik untuk menjelajahi keindahan kuliner Temanggung atau destinasi lainnya dengan kenyamanan dan keamanan, maka temukan rekomendasi mobil Toyota yang cocok untuk perjalanan jauh. Toyota menawarkan berbagai model mobil yang sesuai dengan berbagai kebutuhan perjalanan Anda. 


Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai model Toyota yang tersedia, serta layanan dan penawaran menarik yang dapat membuat pengalaman berkendara Anda lebih menyenangkan dan terjamin. Jadwalkan test drive di Auto2000 Digiroom sekarang!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Gambar hanya ilustrasi

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.