kuliner khas malang.webp

8 Wisata Kuliner Khas Malang, Wajib Dicoba!

Diterbitkan23 Apr 2024

Jika AutoFamily memiliki rencana berkunjung ke Malang, maka tidak boleh melewatkan pengalaman menjelajahi ragam kuliner khas Malang yang memikat. Kota ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memesona, tetapi juga kelezatan hidangan-hidangan autentik yang menjadikan perjalanan Anda semakin berkesan.


Dari sarapan hingga makan malam, Malang menyuguhkan berbagai sajian yang menggugah selera dan mengundang AutoFamily untuk merasakan kekayaan kuliner serta budaya yang diwarisi turun temurun. Auto2000 akan memandu Anda melalui 8 destinasi wisata kuliner khas Malang yang wajib dicoba. Jadi, bagi AutoFamily yang ingin mencari tahu apa saja makanan khas yang ada di Malang, simak langsung di bawah ini penjelasannya!


8 Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Malang 

Berikut adalah rekomendasi wisata kuliner khas Malang yang tidak boleh AutoFamily lewatkan saat berkunjung ke kota ini:


1. Bakso Malang

Bakso Malang adalah salah satu kuliner khas yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Malang. Hidangan ini terdiri dari bakso, atau bola daging, yang biasanya terbuat dari daging sapi cincang dan tepung tapioka, yang kemudian direbus dan disajikan dalam kuah kaldu yang gurih. Bakso Malang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kuah yang lebih berlemak, serta teksturnya yang kenyal dan lembut. 

Tak hanya itu, bakso Malang juga disajikan dengan tambahan mi kuning, mi bihun, pangsit, potongan daging sapi, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Kuah kaldu yang disajikan pun memiliki rasa yang kaya dan gurih, karena biasanya dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih dan merica


DAPATKAN PENAWARAN DAN PROMO MOBIL TOYOTA TERBARU SECARA ONLINE DARI AUTO2000! 

2. Rawon Setan

Rawon Setan merupakan salah satu kuliner khas Malang yang memikat dengan rasa pedas yang menggugah selera. Hidangan ini merupakan sebuah sup tradisional Jawa Timur yang menggunakan bumbu dan keluak sebagai bahan utamanya. Perbedaan rawon setan adalah tingkat kepedasan yang cukup tinggi sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para pecinta makanan pedas. 


Daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini biasanya empuk dan bumbunya telah meresap dengan sempurna ke dalam daging sehingga menghasilkan cita rasa yang kaya dan nikmat. Rawon biasanya disajikan dengan nasi putih, telur asin, irisan daun bawang, taoge, dan kerupuk sebagai pelengkap.


3. Sate Klopo

Sate klopo adalah salah satu hidangan yang menjadi ikon kuliner khas Malang yang tidak boleh dilewatkan. Sate klopo terbuat dari potongan daging sapi yang ditusuk dengan tusuk bambu dan kemudian dibalut dengan kelapa parut sebelum dipanggang. Proses pemanggangan dengan kelapa parut memberikan aroma yang khas dan rasa gurih yang unik pada daging sapi.


Selain itu, kelapa parut juga membantu mempertahankan kelembapan daging saat proses pemanggangan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa, serta ditambahi dengan irisan bawang merah dan cabe rawit untuk menambah cita rasa pedas dan segar. 


4. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur yang juga sangat populer di Kota Malang. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam sayuran rebus seperti kacang panjang, kecambah, taoge, daun singkong, dan daun kemangi yang segar.


Nasi pecel begitu istimewa adalah bumbu kacangnya yang khas, terbuat dari campuran kacang tanah yang dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu rempah lainnya seperti bawang putih, cabai, kencur, gula merah, dan terasi. Bumbu kacang ini kemudian dituangkan di atas nasi dan sayuran, memberikan cita rasa yang kaya, gurih, dan sedikit pedas. Hidangan ini sering disajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap, sehingga menambah tekstur yang renyah dan nikmat.


5. Tahu Campur

Tahu Campur adalah hidangan khas Malang yang menggoda selera dengan kombinasi tahu goreng yang gurih dan kuah kental yang kaya akan rasa. Hidangan ini terdiri dari potongan-potongan tahu goreng yang disajikan dalam sebuah mangkuk, kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran kaldu ayam, petis, kecap manis, dan bumbu rempah lainnya. 


Selain tahu, dalam hidangan ini juga terdapat tambahan mi kuning, taoge, irisan daging sapi, dan kadang-kadang juga irisan telur rebus. Beberapa tempat juga menambahkan potongan jamur sebagai pelengkap. Tahu Campur memiliki cita rasa yang lezat dan menyatu, dengan paduan kuah yang gurih dan tahu yang renyah, serta tekstur mi yang kenyal. 


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DENGAN MUDAH HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

6. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan salah satu kuliner khas Malang yang terkenal dengan kombinasi rasa yang unik dan menggugah selera. Hidangan ini memiliki bahan utama berupa cingur, atau bagian mulut sapi yang telah diolah dengan bumbu rempah yang kaya, memberikan cita rasa yang nikmat dan gurih. 


Rujak cingur disajikan dalam bentuk salad dengan berbagai macam sayuran segar seperti irisan tahu, tempe, taoge, dan kacang panjang yang memberikan variasi tekstur dan rasa. Ditambah dengan kerupuk sebagai pelengkap, hidangan ini kemudian disiram dengan saus petis yang kental dan khas, yang menambahkan cita rasa yang beragam.


7. Mendol

Mendol adalah salah satu hidangan khas Malang yang tak boleh dilewatkan, terutama bagi pecinta tempe. Hidangan ini merupakan perkedel yang terbuat dari tempe, bahan utama yang menjadi kebanggaan kota ini. Malang dikenal sebagai salah satu kota penghasil tempe terbaik di Indonesia sehingga kualitas tempe yang digunakan dalam pembuatan Mendol tentu tak diragukan lagi.


Mendol memiliki tekstur yang kesat dan padat, memberikan sensasi gurih dan lezat ketika digigit. Hidangan ini sering dijadikan sebagai pelengkap makanan utama dan biasanya dapat ditemukan di warung makan di Kota Malang, terutama di warung nasi pecel lele atau rawon


8. Nasi Mawut

Nasi Goreng Mawut, kuliner khas Malang yang terakhir ini adalah sajian nasi goreng yang kaya akan rasa dan tekstur. Dalam hidangan ini, nasi goreng dicampur dengan mi atau bihun goreng, memberikan kombinasi yang menggugah selera. Topping tambahan seperti suwiran ayam, sosis, atau bakso menambahkan kelezatan dan variasi dalam hidangan ini. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan topping sayuran segar yang memberikan rasa segar dan seimbang. 


Dari rekomendasi kuliner khas Malang di atas, dapat disimpulkan bahwa kota ini adalah surga bagi para pecinta kuliner. Setiap hidangan menawarkan cita rasa yang khas dan unik, merefleksikan keberagaman budaya kuliner yang dimiliki oleh Malang. Dengan demikian, menjelajahi kuliner khas Malang menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan bagi Anda yang berkunjung ke kota ini.

Siapkan diri AutoFamily untuk menjelajahi perjalanan jauh dengan mobil yang tangguh dan andal. Temukan pengalaman berkendara yang tak terlupakan dengan mobil Toyota yang kuat untuk perjalanan jauh di Auto2000 Digiroom. Melalui teknologi dan desain yang inovatif, mobil Toyota menawarkan performa yang andal serta kenyamanan yang tak tertandingi dalam setiap perjalanan. 


Jelajahi berbagai model mobil Toyota yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda di Auto2000 Digiroom. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom dan temukan mobil Toyota impian Anda untuk menemani setiap petualangan!


AutoFamily juga dapat menggunakan promo PILIH AUTO2000 untuk mendapat kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar hanya sebagai ilustrasi.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.